Tips Jalan-jalan Ke Bangkok Tanpa Tour Yang Wajib Diketahui

Tips Jalan-jalan Ke Bangkok Tanpa TourJalan-jalan Ke Bangkok Tanpa Tour – Bangkok memang masih menjadi salah satu destinasi wisata utama bagi wisatawan Indonesia saat keluar negeri. Ya, selain menawarkan keindahan budayanya, tempat wisata di Bangkok juga cukup murah.

Untuk anda yang baru pertama kalinya ingin liburan kesana, disarankan untuk menggunakan paket tour yang sudah disediakan oleh beberapa agen travel di Indonesia. Tapi, jika anda memakai jasa tour, tentunya anda tidak akan leluasa untuk bepergian. Karena kunjungan anda akan terpaku pada jadwal dari agen travel yang memberikan tour anda.

Nah, untuk anda yang ingin berlibur ke Bangkok tanpa tour ada banyak hal yang harus di perhatikan, seperti transportasi, penginapan, dan juga beberapa hal terkait budaya di Thailand. Oke, untuk itu kita simak aja yuk tips jalan-jalan ke Bangkok tanpa menggunakan jasa tour.

Persiapan

Sebelum anda berangkat sangat penting untuk mempersiapkan apa saja yang yang dubutuhkan saat liburan disana. dan berikut adalah beberapa hal yang perlu dipersiapkan agar liburan anda lancar, sesuai rencana dan tentu saja menyenangkan.

  1. List Tempat Wisata, Tentukan tujuan wisata anda terlebih dahulu, cari beberapa tempat wisata di Bangkok yang ada di internet. Dan list beberapa tempat yang ingin anda kunjungi, karena ini nanti berkaitan dengan transportasi yang ingin anda naiki, dan jangan sampai bingung ketika sampai disana.
  2. Paspor, Merupakan Hal yang paling penting dan paling dibutuhkan saat pergi keluar negeri. Jika anda belum pernah membuat paspor segera buat di dinas terkait yang mengurus pembuatan paspor. Juga untuk anda yang sudah punya paspor, jangan lupa cek tanggal kadaluwarsa paspor anda. Jangan sampai terjadi hal-hal yang tidak diinginkan sehingga mengganggu perjalanan anda. Untuk wisatawan Indonesia, Thailand sudah menerapkan bebas visa, dikarenakan Thailand masih kawasan Negara ASEAN. Jadi anda tinggal persiapkan paspor saja.
  3. Tiket Pesawat dan Hotel, Sebelum pergi, cek jadwal dan tiket pesawat menuju Bangkok dan booking juga hotel  yang bisa anda pesan melalui aplikasi di Smartphone anda. Di Bangkok sendiri terdapat 2 bandara internasional yang beroperasi, yaitu Bandara Svarnabhumi dan International Airport dan Bandara Don Meuang International Airport. Jadi jika anda ingin liburan hemat, pilih tiket pesawat dengan tujuan terdekat dengan hotel dan tempat wisata yang anda tuju. Bahkan ada beberapa maskapai penerbangan yang sudah menyiapkan paket untuk tiket pesawat dan hotelnya sekaligus. Kami sarankan untuk turun di Bandara Svarnabhumi karena letaknya yang berada di tengah kota.
  4. Mata Uang Bath Thailand, Penting untuk dilakukan, karena uang adalah alat utama yang hampir digunakan dalam segala aspek ketika liburan disana. Jadi, tukar rupiah anda dengan Bath. Biasanya kiasaran 300-400 rupiah untuk 1 Bathnya.

  5. Barang bawaan, Iklim dan budaya di Thailand tidak begitu jauh dari Indonesia jadi anda tidak perlu repot-repot membawa peralatan yang banyak. Bawa saja pakaian ganti dan beberapa peralatan yang biasa anda gunakan saat berlibur keluar kota di Indonesia.

Jika semua nya sudah dirasa siap, anda bisa langsung berangkat dan menikmati liburan spektakuler di Bangkok.

Tips Pertama Kali sampai di Bangkok

thailandAnggap saja anda sudah sampai di Thailand dan anda sudah turun dari pesawat. Oke, sedikit tips untuk menyapa orang Thailand yaitu dengan mengucap Sawadikap untuk laki-laki dan swadikha untuk perempuan. Dan jangan bingung jika anda disana banyak orang Thailand menyapa anda. Next, berikut adalah beberapa tips saat anda jalan-jalan di Bangkok.

  1. Mengantrilah di tempat menunggu resmi dari bandara untuk menuju hotel yang sudah anda pesan, Oya, kebanyakan sopir taksi tidak terlalu lancar berbahasa inggris, jadi kalau bisa anda tunjukkan nama dan alamat hotel yang sudah anda pesan di smartphone anda. Di Airport anda akan dikenakan subcharge sebesar 50 bath, dan untuk biaya taksi sudah sesuai di argometer yang tercantum di taksi. Dan jika masuk tol pun nantinya akan dibebankan ke anda. Jadi jangan kaget jika nanti biayanya beda dengan yang tercantum di argometer. 
  2. Jika anda memutuskan untuk naik bus, anda bisa mencari tahu dulu mengenai nomor bus yang akan menuju ke hotel anda. Karena biasanya bus-bus di Thailand menggunakan bahasa Thai. Jadi jangan sampai salah naik bus. Jika anda tidak mau terlalu ribet, disarankan untuk naik taksi saja.
  3. Beli sim card smartphone untuk komunikasi, meskipun nanti di hotel sudah disediakan wifi; namun simcard juga perlu untuk dibeli, untuk menanggulangi hal-hal yang tidak diinginkan jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan disana. Misal seperti tersesat ataupun anda terpisah dari teman liburan anda.

Oke, sekarang, anda sudah sampai di hotel tempat menginap anda. Dan buka lagi schedule dan tempat wisata yang sudah anda list jauh hari sebelum liburan ke sini. Dan mungkin anda bisa mencari tahu lebih detail mengenai tempat wisata disana dengan menggunakan wifi hotel. Dan ini adalah beberapa tips budaya dan agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diingin.

Etika Saat Berlibur di Bangkok

Etika saat berkunjung ke suatu tempat sangatlah penting. Jadi anda bisa mempelajari beberapa hal agar liburan anda aman dan nyaman. Berikut beberapa tips saat berlibur ke Bangkok.

  1. Patuhi peraturan saat mengunjungi kuil, Kebanyakan wisata di Bangkok adalah kuil yang masih digunakan sebagai tempat peribadatan. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika mengunjungi kuil. Pastikan anda tidak bersandar pada patung Budha dan jangan menghadap ke Patung Budha dengan kaki terangkat. Gunakan pakaian yang sopan dan tertutup. Serta jika anda menggunakan topi untuk sementara bisa di lepas dahulu.
  2. Jangan menyentuh kepala, Usahakan jangan menyentuh kepala orang Thailand. Karena kepala adalah bagaian tubuh tersuci bagi orang Thailand.
  3. Jangan sentuh orang yang berpakaian Budha, Jika anda seorang wanita, jangan menyentuh orang yang memakai pakaian Budha di tempat transportasi umum, biasanya sudah disediakan tempat khusus untuk Budha.
  4. Transportasi, Untuk mencapai tempat-tempat wisata di Bangkok, anda bisa naik tuk-tuk , bus maupun MRT. Dan seperti yang dituliskan diatas bahwa kebanyakan orang Thailand tidak terlalu lancar berbahasa inggris dan transportasinya juga menggunakan bahasa Thailand; sebaiknya anda tanyakan ke staff hotel atau suruh staff hotel untuk menuliskan alamat tempat tujuan anda dalam bahasa Thailand.
  5. Jangan Merokok sembarangan, terutama di tempat umum dan tempat ber AC. Pemerintah Bangkok memberlakukan denda sebesar 2000 bath bagi anda yang merokok di tempat umum seperti bandara, stasiun kereta, mal dan tempat-tempat yang terdapat banner dilarang merokok.
  6. Hati-hati Lady boy, Buat cowok-cowok yang masih membujang, jangan sampai tertipu dengan kecantikan wanita-wanita Thailand yang ternyata bukan wanita. Dan jangan sembarangan menggoda wanita-wanita disana.
  7. Tanya sebelum makan, Thailand terkenal dengan surga makananya yang beragam, tak lengkap rasanya jika tidak mencoba beberapa makanan khas Thailand. Jika anda ingin makan, lebih baik tanyakan harganya terlebih dahulu, agar tidak kena boom saat membayar. Atau anda bisa lihat di pricelist yang sudah diberikan.
  8. Buanglah sampah pada tempatnya, kalau ini tidak perlu dijelaskan lagi, Jaga kebersihan lingkungan ya, Ingat kita di rumah orang.
  9. Cara salam orang Thailand, salam orang Thailand biasanya dengan mengatupkan tangan di depan dada dan agak sedikit membungkuk. 

  10. Tawar Menawar, Jika anda pergi dengan menaiki Tuk-tuk ataupun berbelanja di pasar tradisional Thailand, sebaiknya lakukanlah tawar menawar seperti yang dilakukan di pasar tradisional di Indonesia. Untuk menghindari boom harga.

Tempat Wajib yang bisa anda kunjungi di Bangkok:

bangkok1Bangkok terkenal dengan wisata kuil, kuliner dan belanja nya. Jadi kami berikan list untuk tempat-tempat terbaik yang bisa anda kunjungi.

  • Wisata KuilGrand PalaceWat Phaw Kraew, Wat Arun, Wat Pho, Chao Phraya (berdekatan), Wat Sutat, Wat Benchamabophit, Royal Palace, Wat Traimit, Wat Saket
  • Wisata Belanja Murah dan Kuliner Murah di Bangkok – Pratunam Market, Chatuchak Market, Platinum Fashion Mall, MBK Mall, Khao San Road, Victory Monument, Asiatique riverfront
  • Wisata Lain, Giant Swing, Museum Nasional Bangkok, Taman Raja Rama IX, Madame Tussauds Museum, Museum Siam, Taman Benjakiti, Jim Thompson Museum, Vinmanmek Mansion, Ananta Smakhom, Sea Life Bangkok

Oke, itu dia tips Jalan-jalan Ke Bangkok Tanpa Tour. Intinya jika anda bingung, anda bisa tanyakan ke orang-orang di sekitar anda. Happy Travelling ya.

, , ,
Post Date: Friday 23rd, March 2018 / 09:26 Oleh :
Kategori : Thailand