7 Tips Jalan-Jalan ke Gwangju Korea Yang Wajib Diketahui

Jalan-jalan ke Gwangju – Gwangju merupakan salah satu kota di korea selatan yang terkenal karena salah satu sejarah kelamnya. Ya, tepatnya pada tanggal 18 hingga 27 Mei 1980, dimana puluhan orang meninggal dunia akibat perjuangan menuntut demokrasi di Korea Selatan.

Dibalik itu semua, Gwangju merupakan kota metropolitan yang berkembang pesat dimana ada banyak klub malam, tempat belanja dan restoran yang bisa singgahi di kota ini. Kota ini juga terkenal akan kulinernya yang  cukup mendunia seperti Kimchi dan lainya.

Gwangju

Gwanju merupakan kota yang bisa anda masukkan ke dalam list desitnasi ketika anda mengunjungi tempat wisata di korea selatan. Ya, kota ini banyak memiliki wisata yang tak kalah menariknya dengan kota-kota di korea selatan lainya.

Jika anda ingin berkunjung ke Gwanju, ada beberapa tips yang perlu anda ketahui agar liburan anda berjalan lancar dan sesuai dengan harapan. Nah, berikut adalah tips jalan-jalan ke Gwanju yang harus anda ketahui.

1. Cara menuju ke Gwangju

Salah satu hal terbaik ketika mengelilingi tempat wisata di Korea adalah mudahnya menjelajahi seluruh wilayahnya. Ya, Transportasi di korea selatan memang tergolong cukup tertata rapi. Ada beberapa transportasi dan rute yang bisa anda gunakan untuk menuju Gwangju diantaranya yaitu:

  • Cara tercepat menuju Gwangju adalah dengan menggunakan pesawat, dimana anda bisa  berangkat dari Bandara Internasional Incheon atau dari bandara gimhae di Busan.
  • Anda juga bisa menggunakkan kereta untuk menuju gwangju dari kota Seoul yaitu dengan menggunakan Korail atau KTX. Perjalanan biasanya hanya memakan waktu kurang dari 2 jam perjalanan. Dan dengan biaya berkisar antara 46.800 hingga 47.500 won.
  • Jika anda ingin menuju gwangju, anda harus menuju stasiun Yongsan dulu, dari stasiun Yongsan anda bisa mengambil rute menuju stasiun Gwangju – Songjeong yang terletak ditengah – tengah kota Ganwgju.
  • Juga Korail atau KTX dirasa mahal, anda bisa menggunakan kereta Mugunghwa atau Saemaeul dengan harga antara 22.000 won hingga 33.200 won, dengan perjalanan sekitar 4 jam.
  • Jika anda menggunakan bus dari U-square di Seoul dengan tarif sekitar 19.000 untuk bus standar dan 28.800 won  untuk bis limusin. Jika anda naik bus biasanya memakan waktu sekitar 4 jam an, dan bisa lebih lama tergantung waktu dan musim.

2. Tempat Menginap di Gwangju

Tempat penginapan di Gwangju terbagi menjadi beberapa kelas, dimana tergantung budget yang anda bawa. Jika anda menginginkan penginapan yang sangat terjangkau, anda bisa mencari penginapan untuk backpaker, seperti Pedro House yang terletak di Ssangcon dong. Untuk sekali menginap bisa sekitar 10.000 hingga 50.000 won.

Pedro-House

Selain Pedro House, ada welbeing Health Spa yang berada di Hak dong, dan Namdo Hostel yang juga berada di ssangchon dong. Dan juga ada motel yang juga cukup strategis yaitu di windmill motel yang berada di pusat kota Gwangju.

Jika Anda mencari ketenangan, Shinyang Park Hotel bisa anda jadikan pilihan. Hotel ini terletak di kaki gunung Meudeung yang sejuk dan tenang.  Dan Ramada Hotel yang berada di Sangmu, dimana merupakan hotel yang juga sangat populer di Gwangju. Biaya menginap sekitar 100.000 won per malamnya.


3. Transportasi

Gwang-ju-bus

Untuk mengelilingi tempat wisata di Gwanju, ada berbagai alat transportasi yang bisa anda gunakan. Salah satunya adalah menggunakan Bus. Bus di Gwangju bisa diklasifikasikan berdasarkan  warna.

Dimana warna merah merupakan bus ekspres, warna kuning merupakan bus standar, warna hijau untuk bus desa, dan bus warna ungu untuk bus pinggiran kota. Ongkosnya mulai 1.200 Won untuk orang dewasa. Dan anda bisa mendapatkan diskon hingga 100 Won jika Anda menggunakan kartu Mybi atau Han-Pay.

Jika anda tidak perlu repot-repot menuju halte dan berpindah-pindah bus, anda bisa menggunakan taksi. Dengan harga rata-rata sekitar 2.800 won untuk 1 km pertama dan akan dikenakan 100 won untuk kilometer selanjutnya.

4. Gwangju One Day Trip Bus

Dalam meningkatkan wisatanya pemerintah kota Gwangju juga menyediakan bus untuk berkeliling kota ini. Ya, bus-bus tersebut khusus menuju tempat-tempat wisata populer di Gwangju seperti Museum Nasional Gwangju, Folk Museum Gwangju, Art Street dan Gunung Mudeung.

Bus ini hanya beroperasi setiap hari jumat, sabtu dan minggu. Tur dengan menggunakan bus tersebut dimulaid dari pukul 09.00 pagi hingga pukul 18.00. dimana anda bisa langsung menuju stasiun Gwangju untuk bisa menikmati tur bus ini.

Untuk bisa menikmati fasilitas bus wisata ini, anda diharuskan membayar 1000 won untuk setiap penumpangnya. Dan perlu dicatat bahwa tiket tersebut hanya untuk membayar busnya saja. Jadi anda masih diharuskan membayar ditempat-tempat wisata yang nenabg diharuskan untuk membeli tiket.

5. Wisata Yang Wajib Dikunjungi

Gwangju-as

Gwangju memiliki berbagai wisata yang bisa anda kunjungi, terutama untuk wisata sejarah yang cukup populer. Selain itu Gwanju juga memiliki bentang alam yang berbukit. Berikut adalah beberapa tempat wisata di Gwangju yang populer yang bisa dikunjungi.

  • 5.18 Memorial Park– Kota Gwangju terkenal karena pemberontakan yang terjadi pada tahun 1980.  Dimana anda bisa menuju ke taman peringatan 5,18 yang berada di pusat Sangmu.  Disini anda bisa mengetahui sejarah dibalik tragedi 18 Mei tersebut . Selain itu, disini juga terdapat pagoda yang bisa anda naiki untuk menikmati pemandangan kota Gwagju dari tempat yang lebih tinggi.
  • Art Street – Merupakan sebuah jalan yang berada di pusat kota Gwangju, dimana disepanjang jalan anda akan disambut dengan dekorasi jalan yang meriah. Serta di jendela setiap toko terdapat berbagai karya yang bisa anda nikamti secara gratis.
  • Pasar Yangdong – Pasar yang paling populer di Gwangju yang terletak ditepain sungai, dimana ada banyak pedagang yang menawarkan daganganya seperti makanan, pakaian, furnitur dan berbagai souvenir yang bisa anda jadikan oleh-oleh khas korea selatan untuk sanak saudara anda dirumah.
  • Monumen pemberontakan Siswa – Monumen ini memiliki ukuran yang cukup besar yang terletak diatas bukit yang tenang. Monumen ini dibuat untuk memperingati pemberontakan siswa terhadap imperalisme jepang pada awal tahun 1900 an. Di taman ini terdapat museum dengan sentuhan teknologi modern yang bisa anda jelajahi.
  • Medungsan national park – tempat wisata yang paling populer di Gwangju, dimana terletak di gunung medeungsan yang memilliki ketinggian 1886 mdpl. Disini anda bisa melakukan hiking untuk menuju ke atas puncaknya. di sekitar taman juga terdapt kuil –kuil seperti Yaksam, Wonhyosa, dan jeungsimsa.
  • Gwangju Folk Museum – Museum ini berisi informasi mengenai asal usul dan keseharian masyarakat Gwangju, mulai dari makanan, pakaian, rumah, kerajinan tangan, hingga mata pencaharian mereka. Serta dilengkapi dengan teknologi yang memungkinkan anda untuk mempelajari lebih jelas mengenai informasi di museum ini.
  • Pungam Reservoir – merupakan sebuah taman yang pada awalnya dirancang untuk bendungan pertanian di Gwangju. Disini anda terdapat paviliun- paviliun  yang bisa anda singgahi untuk beristirahat sejenak.
  • Gwangju National Museum – merupakan museum yang berisi berbagai macam peniggalan disekitar Jeolla. Peninggalan tersebut berupa berbagai artefak, karya seni dari dinasti baeje, Goryeo, silla, dan Joseon.
  • 1913 Songjeong station Market – Merupakan salah satu pasar tradisional di Gwangju dimana sudah ada sejak tahun 1913. Disini anda bisa menikmati suasana pasar klasik korea yang dirubah menjadi sedikit modern. Anda juga bisa menikmati berbagai makanan khas Korea Selatan khususnya diwilayah Gwanju.
  • Stadion Gwangju – Nah, bagi anda para pecinta sepak bola, stadion yang satu ini sayang untuk dilewatkan. Ya, stadion ini juga merupakan salah satu stadion yang digunakan sebagai tempat penyelenggaraan piala dunia pada tahun 2002.

6. Festival Kimchi

Kimchi-festival

Kimchi merupakan salah satu makanan yang cukup populer di Indonesia. Ya, makanan dari Korea Selatan ini terbuat dari berbagai sayuran yang difermentasikan, sehingga makanan lebih awet dan bisa disimpan dalam waktu yang lama.

Pemerintah kota Gwangju secara rutin mengadakan festival Kimchi setiap tahunya. Dimana biasanya diadakan sebelum musim dingin tiba dan bisa anda jadikan list tujuan ketika mengunjungi tempat wisata musim dingin di Korea Selatan. Disini anda juga bisa belajar membuat kimchi yang disebut dengan kimjang. Serta menikmati hidangan ini langsung di tempat asalnya.

7. Makanan

Salah satu hidangan lokal yang cukup populer di Gwangju adalah Tteokgalbi. Tteokgalbi merupakan  patty iga yang dipanggang dengan daging babi cincang dan daging sapi. Makanan ini begitu populer sehingga ada banyak restoran yang menjual tteokgalbi disepanjang jalan di Gwangju.

Selain itu ada kimchi, dimana salah satu pembuatan Kimchi terpopuler di Korea Selatan berada di kota Gwangju, tepatnya di Gwangju Kimchi Town.

Diatas merupakan tips jalan-jalan di Gwangju yang bisa anda jadikan referensi untuk liburan anda. Dan Selamat belibur.

, , ,
Post Date: Tuesday 19th, March 2019 / 15:53 Oleh :
Kategori : Korea Selatan