6 Tips Jalan-Jalan Ke Koh Samui Yang Paling Berguna

Koh Samui merupakan tempat yang cocok untuk dijadikan destinasi wisata bagi kamu yang sedang mencari ketenangan. Tempat ini tidak seperti tempat wisata lain yang terkenal di Thailand karena pernah termasuk pulau yang terisolasi. Letaknya berada di sebelah timur Thailand, berbentuk pulau seluas 228 km persegi. Ketika berkunjung ke Koh Samui, kamu akan merasa seperti sedang berada di tempat yang eksklusif untukmu. Cocok menjadi tempat honeymoon terbaik di Thailand.

Koh Samui terkenal dengan pantainya yang dipenuhi pasir berwarna putih. Ditambah terumbu karang yang indah dan suasana khas pantai dengan pohon kelapa di sekitarnya. Walaupun termasuk tempat wisata di Thailand yang jumlah pengunjungnya lebih sedikit dibandingkan tempat lain, Koh Samui sudah memiliki fasilitas yang lengkap seperti villa, resort, hotel, maupun bungalow. Tidak hanya itu, aksesnya juga sudah semakin memadai dari tahun ke tahun untuk kamu yang berniat jalan-jalan ke Koh Samui.

Kalau kamu tertarik berlibur ke Koh Samui, ayo ikuti tips di bawah ini.

  • Persiapkan Mata Uang Thailand Bath (THB)

Persiapkan Mata Uang Thailand Bath (THB)Persiapkan pendanaan hidup selama di Koh Samui menggunakan mata uang Thailand Bath (THB). Bukan apa-apa, liburanmu selama di sana akan terasa lebih praktis jika sudah mempersiapkan ini. Karena transaksi yang dilakukan di sana menggunakan Thailand Bath. Baik dari transportasi, akomodasi, hingga konsumsi untuk menikmati jajanan khas Thailand.

Sebaiknya kamu menukarkan uang Rupiahmu di Indonesia ya. Terkadang kamu akan menemukan perbedaan kurs yang signifikan jika menukarkan uang langsung di Thailand. Apalagi jika kamu melakukannya di bandara. Persiapkan uang cash yang cukup dan jangan mengandalkan kartu kredit. Tidak semua tempat menerima pembayaran dengan kartu kredit.

  • Transportasi Menuju Koh Samui

Transportasi dari Indonesia menuju Koh Samui cukup rumit. Sama seperti ketika kita akan berwisata ke beberapa daerah di Indonesia. Dari bandara Thailand, sebaiknya mampir dahulu ke pusat kotanya. Di sini, barulah kita bisa memesan tiket transportasi lanjutan ke Koh Samui menggunakan kapal Ferry.

Sebenarnya kamu juga bisa membeli tiket kapal Ferry di bandara. Tapi jika kamu ingin mendapatkan harga yang lebih murah, lebih baik kamu membelinya di pusat kota. Nantinya akan sama juga seperti di Indonesia, di mana kamu akan menemukan beberapa jenis operator Ferry menuju Koh Samui. Untuk kamu yang ingin mendapatkan harga miring dengan fasilitas yang tradisional, kamu bisa menggunakan operator Songserm. Tapi mungkin akan terasa kurang nyaman.

Jika yang dicari adalah kenyamanan dan memungkinkan kamu untuk menikmati pemandangan laut. Kamu memiliki dua pilihan operator ferry yang kapalnya besar yaitu Seatran dan Raja. Tapi ada satu pilihan terakhir untuk menuju ke Koh Samui. Operator kapal ferry bernama Lomprayah unggul dalam kecepatannya karena menggunakan speed boat. Kamu bisa memilihnya sesuai dengan kebutuhan.

  • Waktu Terbaik Berlibur ke Koh Samui

Koh Samui berada di Asia Tenggara, yang mana kondisi cuacanya sering mengalami perubahan. Oleh karena itu, penting sekali jika kamu mencari waktu yang paling tepat untuk berlibur ke sana. Sebaiknya jalan-jalan ke Koh Samui dilakukan di sekitar bulan Desember sampai Februari. Di bulan-bulan ini, hawa udaranya akan terasa sejuk. Hujan jarang turun dan mataharinya tidak menyengat.

Cuaca akan sangat terik dan panas di sekitar bulan Maret hingga Juni. Kalau kamu memang mengincar cuaca seperti ini, untuk berjemur misalnya, bulan-bulan ini cocok untukmu. Tetapi yang pasti hindari saja bulan September sampai November. Waktu liburanmu akan terganggu dengan curah hujan yang tinggi. Badai akan lebih beresiko muncul, bersamaan dengan ombak laut yang tinggi.

  • Mengelilingi Koh Samui dengan Sepeda Motor

Mengelilingi Koh Samui dengan Sepeda MotorCara paling hemat untuk jalan-jalan ke Koh Samui adalah dengan menyewa sepeda motor. Motornya pun serupa dengan motor-motor di Indonesia yaitu motor matic. Cara ini sangat bermanfaat untuk kamu yang bisa mengendarai kendaraan bermotor.

Apalagi rombongan liburanmu berjumlah genap, biaya transportasi dapat semakin diperhemat. Tapi, di sini kamu harus memperhitungkan keperluan bensin dengan baik karena tempat pengisian bensinnya cukup terbatas. Memang, terkadang kita takut mengendarai motor di tempat yang bukan wilayah kita karena tidak mengenali medannya.

Khusus untuk Koh Samui kamu tidak perlu khawatir, karena jalanan di sini terbilang mudah untuk dilalui serta dilengkapi dengan papan petunjuk jalan yang berbahasa Inggris. Asalkan, jangan lupa menggunakan helm sepanjang perjalanan untuk keselamatan ya. Saat menyewa motor, nantinya kamu akan diberi pilihan untuk menyimpan paspor sebagai jaminan atau membayar uang jaminan sebesar yang diminta oleh penyewa.

  • Perlengkapan Iklim Tropis

Perlengkapan Iklim TropisBagi kita yang tinggal di negara tropis, sudah paham dong ya. Cuaca di tempat yang beriklim tropis sebenarnya sejuk. Tetapi tidak menutup kemungkinan kamu akan merasakan sengatan matahari atau air hujan turun tanpa terduga.

Oleh karena itu, sebaiknya kamu mengecek ramalan cuaca terlebih dahulu. Jika ramalan menunjukan suhu tinggi, kamu bisa mengakalinya dengan baju tipis dan krim tabir surya untuk melindungi kulit.

Pelengkapan lain yang sebaiknya kamu bawa misalnya tumblr agar tidak terkena dehidrasi dan topi. Atau bisa juga kamu mebawa payung unik, yang sekaligus bisa kamu gunakan sebagai property foto bersama dengan pernak-pernik khas Thailand. Payung juga bisa melindungi tubuhmu saat hujan tiba-tiba turun di Koh Samui. Mengecek kondisi cuaca setiap kali liburan merupakan hal yang wajib kamu lakukan.

  • Itinerary yang Lengkap

Itinerary yang LengkapSetiap kali berlibur, itinerary memegang peran penting. Bukan berarti tanpa menggunakan itinerary, kita tidak bisa berlibur ya. Sebenarnya berlibur ke tempat baru tanpa itinerary bisa dilakukan, hanya saja jika budget dan waktu berlibur terbatas, mungkin kamu akan merasa kurang puas menghabiskan waktumu.

Optimalkan agenda liburanmu dengan menentukan destinasi wisata yang wajib dikunjungi di sana, seperti tempat bersejarah di Thailand.

Caranya tidak sulit, kamu hanya perlu melakukan riset mengenai lokasi wisata serta biayanya, baik biaya masuk hingga biaya transportasi dan konsumsi. Yang perlu kamu ingat, kamu perlu memperhatikan waktu perjalanan dari satu tempat ke tempat lain.

Misalnya, kamu harus memperhitungkan waktu perjalanan saat menggunakan kapal ferry untuk mencapai Koh Samui. Jika ada rencana untuk mengunjungi Suratthani sebelum berpindah jalan-jalan ke Koh Samui, minimal kamu harus meluangkan waktu 4 hari di sana.


Banyak hal yang bisa dilakukan saat kamu jalan-jalan ke Koh Samui. Kamu bisa melakukan wisata kuliner karena Thailand termasuk negara yang kaya akan variasi makanan dan minumannya. Saat berada di pantai, kamu bisa melakukan olahraga dan aktifitas wisata yang menarik. Jika ingin bersantai, kamu bisa duduk-duduk atau merasakan fasilitas resort dengan berjemur di pantai. Selain itu, kamu bisa mengunjungi tempat wisata di Koh Samui ini:

  1. Anthong National Marine Park
  2. Koh Tao
  3. Big Buddha / Wat Phra
  4. Wat Plai Laem
  5. Air Terjung Namuang
  6. Secret Buddha Garden
  7. Wat Khunaram

Kalau kamu mengulik internet lebih serius, kamu akan menemukan destinasi wisata lain yang bisa kamu kunjungi saat jalan-jalan ke Koh Samui. Beberapa tips di atas alowisata sarankan untuk dilakukan agar kamu dapat menghabiskan waktu liburan dengan tenang dan penuh persiapan. Semoga liburanmu menyenangkan ya!

, , ,
Post Date: Thursday 09th, August 2018 / 04:58 Oleh :
Kategori : Thailand