7 Tips Jalan Jalan Ke Miri Untuk Pemula

Setelah kami telah selesai membahas tentang tempat wisata favorit di Malaysia, maka selanjutnya kami akan memberikan beberapa tips jalan kalan ke Miri yang harus anda perhatikan jika anda ingin liburan anda berlangsung aman dan nyaman.

Miri merupakan salah satu kota terbaik yang ada di Malaysia dimana di sana ada beberapa lokasi yang menawarkan wisata alam Malaysia yang setiap saat selalu ramai dikunjungi para wisatawan dari berbagai penjuru dunia, khususnya wisatawan yang berasal dari Benua Asia.

Meskipun memang Miri tidak seterkenal seperti tempat wisata di Kuala Lumpur, akan tetapi tidak menjadikan kota tersebut menjadi kota yang tidak banyak diminati. Sebaliknya, wisatawan lebih memilih berkunjung ke Miri dibandingkan ke kota lain karena Miri memiliki suasana yang lebih tenang sehingga sangat sesuai bagi anda yang ingin menenangkan diri.

Akan tetapi, sebelum anda pergi ke sana, kami sarankan agar anda mempelajari beberapa tips yang berkaitan dengan jalan jalan ke Miri yang bisa anda pelajari karena akan berguna membantu anda di dalam mengatasi atau mencegah segala hal yang bisa berpotensi menyebabkan liburan anda menjadi terganggu.

1. Menyiapkan daftar tempat wisata

Menyiapkan daftar tempat wisata

Seperti halnya tips liburan ke Malaysia, tips pertama yang harus anda perhatikan adalah membuat sebuah daftar tempat wisata apa saja yang ingin anda kunjungi ketika anda ingin berlibur ke Miri.

Seperti yang telah kami jelaskan di awal bahwasanya Miri merupakan salah satu kota terbaik yang ada di Malaysia yang menjadi salah satu tujuan wisata, baik wisatawan domestik maupun mancanegara.

Untuk membuat liburan anda tidak keteteran dan agar anda tidak bingung ketika sudah sampai di sana, maka kami sarankan agar anda membuat dan menentukan daftar tempat wisata mana saja yang ingin anda kunjungi selama berada di kota tersebut.

Dengan begitu, ketika anda sudah sampai di Miri, anda hanya tinggal menuju tempat wisata sesuai dengan daftar yang sudah anda buat sebelumnya.

2. Menyiapkan visa

Menyiapkan visa

Tips kedua yang harus anda perhatikan adalah menyiapkan visa keberangkatan anda agar nanti anda bisa sampai ke Miri atau dalam hal ini anda harus mengurus visa untuk berkunjung ke Malaysia.

Tentu saja visa merupakan persyaratan yang sangat penting anda siapkan karena jika tidak, maka anda tidak bisa berangkat menuju Miri.

Adapun cara yang harus anda lakukan jika ingin mengurusi visa adalah dengan datang ke kantor imigrasi atau kantor yang memang memiliki kewenangan untuk mengurus visa. 

Waktu yang diperlukan ketika mengurus visa bermacam-macam, tergantung kapan anda mengurus visa tersebut. Jika misalnya anda mengurus visa bertepatan dengan waktu libur panjang atau libur sekolah, maka biasanya waktu yang dibutuhkan cenderung lebih lama dibandingkan dengan hari-hari biasa.


Selain itu, kami menyarankan agar sebelum anda datang untuk mengurus visa, anda harus menyiapkan berbagai macam dokumen yang memang wajib anda siapkan. Informasi yang berkaitan dengan dokumen tersebut bisa anda dapatkan melalui internet.

3. Menentukan tempat untuk menginap

Menentukan tempat untuk menginap

Tips selanjutnya yang juga harus anda perhatikan ketika anda berlibur ke Miri adalah dengan memperhatikan tempat penginapan anda selama anda berlibur di sana. 

Perlu anda ketahui bahwasanya Miri menjadi salah satu kota yang menyediakan berbagai tempat penginapan dengan berbagai tarif yang bisa anda tentukan sesuai dengan budget anda.

Untuk anda yang datang ke Miri dengan budget yang besar tentu tidak akan mengalami kesulitan menentukan dimana nanti anda ingin menyewa penginapan selama berada di sini. Namun bagi anda yang datang dengan biaya pas-pasan, anda harus benar-benar menentukan dimana nanti anda akan beristirahat.

Dan untuk mengetahui informasi tersebut, maka kami sarankan agar anda mendownload aplikasi travel yang sudah tersedia, baik di PlayStore maupun juga AppStore. Dengan mendownload aplikasi tersebut, maka anda bisa dengan mudah mengetahui hotel mana saja yang ingin anda tempati dan sesuai dengan budget anda, lengkap dengan fasilitas dan harga yang harus anda keluarkan.

4. Menentukan transportasi selama berada di sana

Menentukan transportasi selama berada di sana

Setelah anda menentukan dimana hotel atau tempat penginapan yang akan anda sewa, maka selanjutnya anda harus memikirkan sarana transportasi apa yang akan anda manfaatkan atau gunakan untuk sampai di tempat wisata tujuan anda.

Beberapa tempat wisata yang berada di Miri memang tidak semuanya bisa dijangkau dengan alat transportasi umum, dimana anda perlu berjalan kaki dengan jarak tertentu, meskipun memang tidak sedikit malah yang bisa anda jangkau dengan memanfaatkan alat transportasi umum.

Maka dari itu, sebelum anda memutuskan untuk mengunjungi tempat wisata di Miri, maka anda harus menentukan sarana transportasi apa yang akan anda gunakan.

Bagi anda yang memiliki budget minim, anda bisa berkunjung ke tempat tujuan anda dengan memanfaatkan kereta api karena biaya yang harus anda keluarkan cenderung lebih murah.

5. Membawa oleh-oleh

Membawa oleh-oleh

Oleh-oleh atau cinderamata menjadi salah satu tips jalan jalan ke Miri yang harus anda perhatikan. Ada banyak oleh-oleh khas Malaysia yang bisa anda dapatkan ketika berada di Miri, mulai dari pernak-pernik sampai dengan oleh-oleh berupa kaos yang bertuliskan nama dari negara tersebut.

Selain itu, ada banyak tempat yang menjual berbagai macam oleh-oleh tersebut yang mana beberapa diantaranya menyediakan harga grosir. Artinya, anda bisa mendapatkan dengan harga yang lebih murah jika anda membelinya dalam jumlah yang cukup banyak.

Hal yang tidak boleh anda lupakan adalah anda harus membeli oleh-oleh untuk keluarga atau saudara anda yang sesuai dengan budget anda. Jangan memaksakan untuk membeli oleh-oleh untuk semua orang jika ternyata anda memiliki budget yang tidak terlalu banyak.

6. Menentukan tempat makan

Menentukan tempat makan

Selain memiliki banyak objek wisata menarik, Miri merupakan sebuah kota yang memiliki banyak tempat makan, mulai dari tempat makan bernuansa klasik sampai dengan yang modern.

Makanan yang dijual di sana pun juga bermacam-macam, mulai dari makanan tradisional khas Malaysia atau masyarakat Melayu sampai dengan makanan modern yang banyak dijual di restoran-restoran pada umumnya.

Dengan begitu, anda memiliki banyak alternatif untuk menentukan apakah anda ingin mencicipi hidangan makanan tradisional atau modern atau bahkan anda ingin mencicipi semuanya.


7. Menyiapkan uang ringgit

Menyiapkan uang ringgit

Tips jalan jalan ke Miri yan terakhir adalah anda harus menyiapkan mata uang Malaysia, yakni ringgit selama anda berada di Miri. Memang, tidak sedikit tempat makan atau tempat belanja yang menyediakan mata uang rupiah maupun juga dollar sehingga anda tidak perlu menukarkan uang anda.

Akan tetapi, tidak sedikit juga beberapa tempat tersebut yang hanya melayani jika anda menggunakan uang ringgit. Bagi anda yang sudah terlanjur membawa uang dollar atau rupiah, anda tidak perlu khawatir karena anda hanya harus pergi ke bank yang ada di Miri dan mulailah untuk menukarkan uang anda.

Namun, bagi anda yang belum berangkat ke Miri, kami sarankan agar anda mengganti atau menukarkan uang anda di Indonesia karena biayanya cenderung lebih murah dibandingkan ketika anda menggantinya di Malaysia.

, ,




Post Date: Tuesday 15th, January 2019 / 07:16 Oleh :
Kategori : Malaysia