12 Tempat Wisata Di Sandakan Malaysia Favorit Para Wisatawan

Sandakan merupakan sebuah kota yang masuk kedalam wilayah Sabah, Malaysia dan terletak di pesisir timur laut pulau Kalimantan atau Borneo. Kota terbesar kedua di Sabah ini dahulu dikenal dengan nama Elpoura dan juga pernah menjadi Ibukota dari Borneo Utara Britania.

Beragam jenis wisata seperti wisata alam , wisata bahari, wisata budaya dan juga wisata sejarah bisa dilakukan ketika mengunjungi kota Sandakan. Berikut ini adalah beberapa rekomendasi tempat wisata di Sandakan yang bisa dikunjungi ketika sedang berlibur Ke Malaysia khususnya wilayah Sabah.

1. Pusat Rehabilitasi Orangutan Sepilok

Pusat Rehabilitasi Orangutan Sepilok

Sesuai dengan namanya, tempat wisata alam Malaysia, khususnya kota Sandakan ini merupakan pusat penangkaran dan rehabilitasi Orangutan yang sudah ada sejak tahun 1964. Di pusat rehabilitasi ini, bayi orangutan yang ditinggalkan induknya akan dilatih untuk bertahan hidup di alam liar untuk kemudian kembali dilepaskan ketika mereka siap.

Di kawasan cagar alam seluas 43 km persegi setidaknya dihuni oleh sekitar 60 hingga 80 orangutan yang hidup bebas di sini. Selain orangutan, di cagar alam ini juga bisa dijumpai sekitar 200 jenis burung dan hewan yang juga dirawat dan dipelihara di cagar alam ini seperti beruang madu, siamang dan gajah sumatera.

Dari kota Sandakan setidaknya ada 5 bus yang bisa membawa pengunjung ke cagar alam ini dengan waktu tempuh sekitar 45 menit. Pusat Rehabilitasi Orangutan sepilok ini dbuka untuk pengunjung setiap harinya mulai dari pukul 8.45 pagi hingga pukul 16.00 sore waktu setempat.

Bagi wisatawan asing yang ingin mengunjungi pusat rehabilitasi orangutan di Sipilok ini dikenakan biaya tiket masuk sebesar 30 ringgit per orang. Jika membawa kamera ke tempat pemberian makan orangutan di cagar alam tersebut dikenakan biaya tambahan sebesar 10 ringgit.

2. Sam Sing Kung Temple

Sam Sing Kung Temple

Sam Sing Kung Temple merupakan sebuah kuil yang terletak di Sandakan, Malaysia yang dibangun tahun  1887 dan menjadi kuil tertua ketiga di Sandakan. Kuil ini juga sering disebut kuil 3 orang suci, dimana orang suci karena di kuil ini terdapat 3 patung orang suci dimana umat dari China datang untuk meminta berkat dan juga ramalan.

Ketiga orang suci tersebut adalah Kwan Woon Cheung yang merupakan sesorang leluhur keluarga Kwan dan juga sebagai Budha Kebenaran. Selain itu ada Budha Tin Ho yang dipuja para nelayan serta Kaisar Min Cheong yang dipuja para siswa yang ingin mengikuti ujian.

Kuil ini pada awalnya dibangun untuk para imigran Cina dari Guangdong yang telah tiba di Sandakans sebagai tempat ibadah mereka. Kuil ini sendiri didirikan oleh Komunitas Cina dari berbagai daerah seperti Kanton, Teochew, Hakka dan juga dari Hainan.


Di Kuil tersebut juga terdapat 1.000 koleksi puisi ramalan Tao dan juga Lonceng perunggu yang dipersembahkan oleh Fung Ming Shan, Kapitan Cina pertama dari Sandakan. Kapitan Fung Ming Shan ditunjuk oleh pemerintah Inggris untuk mengawasi komunitas cinta di Sandakan pada tahun 1887.

Kuil Sam Sing Kung ini beralamat di Singapore Road Pusat Sandakan Sabah dan tempat ini dibuka untuk pengunjung setiap hari. Jam buka kuil ini untuk para pengunjung adalah mulai dari pukul 8 pagi hingga pukul 8 malam waktu setempat

Kuil Sam Sing Kung ini juga masih dimanfaatkan oleh masyarakat Cina yang ada di Sandakan untuk melakukan aktivitas keagamaan mereka.

3. Taman Nasional Kepulauan Penyu

Taman Nasional Kepulauan Penyu

Sekitar 40 km dari kota Sandakan terdapat sebuah pulau yang secara khusu menjadi tempat penangkaran dan habitat para penyu yang dinamakan Taman Pulau Penyu. Sesuai namanya di Taman Nasional Kepulauan Penyu  yang mempunyai luas 17,4 km² ini terdapat berbagai macam penyu yang bertelur di pantai.

Para penyu itu biasanya naik ke pantai di malam hari untuk bertelur,terlebih pada bulan Oktober ketika penyu-penyu tersebut datang dengan jumlah banyak. Pengunjung hanya dapat melihat penyu-penyu yang ada di pantai tersebut dari kejauhan supaya penyu-penyu tersebut tidak terganggu saat proses bertelur.

Taman Nasional kepulauan Penyu di wilayah Sandakan  ini terdiri dari 3 gugusan pulau, yaitu Pulau Selingaan, Bakkungan Kechil, dan Gulisaan. Sebenarnya di kepulauan penyu ini terdapat 10 pulau, namun yang menjadi taman nasional di kepulauan penyu ini hanya 3 pulau tersebut.

Selain  bisa melihat penyu, di Taman Nasional Pulau penyu pengunjung juga bisa melakukan aktivitas lainnya seperti snorkeling maupun berjemur di pantai. Pengunjung tempat wisata ini juga tak perlu khawatir juka ingin menginap karena sudah banyak tersedia tempat penginapan di tempat ini.

Untuk menuju ke Taman Nasional Kepulauan Penyu ini pengunjung bisa menggunakan kapal dari kota Sandakan yang memakan waktu sekitar 1 Jam.  Untuk memasuki Taman Nasional Kepulauan penyu ini para pengunjung dikenakan tiket masuknya sebesar 30 sampai 60 ringgit per orangnya.

4. Labuan Square

Labuan Square

Labuan square merupakan salah satu tempat wisata di Sandakan, tepatnya di Jalan merdeka di pulau Labuan dan menjadi ikon pulau tersebut. Labuan Sqare juga bisa dibilang sebagai alun-alun dari pulau labuan karena disitulah tempat banyak orang berkumpul dan diselenggarakannya beberapa acara, termasuk acara kenegaraan.

Beberapa event atau acara kenegaraan yang biasanya diselenggarakan di tempat ini antara lain Malaysia Day dan Independence day of Labuan. Pemandangan indah tempat ini yang dilatarbelakangi oleh taman, damput dan air mancur juga menjadi salah satu objek foto favorit para pengunjung.

Di Labuan Square terdapat Taman Labuan yang dibangun sebagai salah satu penghormatan terhadap penobatan Ratu Elizabeth dengan menanam 4 Pohon. Keempat pohon tersebut bisa terlihat jelas menjulang tinggi di area lapangan Labuan Square yang terletak di sebelah Taman Labuan.

Untuk menuju ke tempat wisata Labuan Square ini pengunjung bisa menggunakan beberapa moda transportasi umum seperti menggunakan bus atau taxi. Bagi yang ingin bermalam di Labuan square juga terdapat banyak penginapan yang ditawarkan dengan harga yang terjangkau.


Bagi yang ingin berwisata belanja, Labuan Square juga bisa menjadi  salah satu tempat belanja murah di Malaysia terfavorit karena beberapa barang ditawarkan dengan harga yang lebih murah dengan kualitas yang baik. Hal ini dikarenakan Pulau Labuan termasuk salah satu pulau yang bebas pajak sehingga beberapa barang seperti perhiasan dan alkohol harganya bisa lebih murah.

Di tempat belanja ini jangan lupa juga membeli oleh-oleh khas Malaysia  seperti pakaian, gantungan kunci maupun makanan ringan khas Malaysia.

Demikianlah beberapa tempat wisata di Malaysia, khusussnya di Sandakan yang bisa dikunjungi saat berlibur bersama teman, keluarga, maupun sendiri.  Masih ada beberapa tempat wisata lainnya yang bisa dikunjungi di kota Sandakan ini seperti :

  • Goa Gomantong
  • Sukau
  • Kuil Budha Puu Jih Shih
  • Taman Peringatan Sandakan
  • Sandakan Crocodile Farm
  • Gereja Santo Mikael dan seluruh Malaikat
  • Sandakan Heritage Museum
  • Masjid Jamek Sandakan

Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa menjadi menambah pengetahuan tentang tempat wisata di Sandakan, Malaysia. Terimakasih juga sudah membaca.

, , ,
Post Date: Tuesday 15th, January 2019 / 07:13 Oleh :
Kategori : Malaysia