5 Tips Jalan Jalan Murah Ke Korea Selatan Yang Wajib Di Ketahui Wisatawan

Korea Selatan adalah salah satu destinasi wisata yang sangat diminati akhir-akhir ini. Sepertinya karena efek pecinta drama Korea Selatan semakin merajalela di Indonesia. Atau penyuka lagu Kpop yang jumlahnya semakin meningkat. Wajar saja kalau akhirnya banyak yang ingin berlibur ke sana. Ada yang ingin mengunjungi langsung tempat-tempat aesthetic yang dipasarkan lewat film dan musiknya. Ada yang ingin merasakan nuansa hangatnya Korea Selatan. Atau berwisata kuliner, mencicipi makanan dengan rasa yang berbeda dari makanan Indonesia.

Kalau menilai dari penampilan kotanya yang maju, jalan jalan murah ke Korea Selatan mungkin terdengar cukup sulit. Apalagi sambil mencari tempat belanja baju murah di Korea. Tapi jangan salah, ada tips & trik untuk kamu yang ingin berwisata ke sana dengan budget minim. Minimal kamu mengikuti 5 tips utama di bawah ini untuk mempersiapkan liburan yang menyenangkan!

  1. Semakin ramai semakin murah

Semakin ramai semakin murahIni teori liburan di mana pun sebenarnya. Semakin ramai teman liburanmu, semakin murah biaya yang dikeluarkan. Tempat wisata di Korea Selatan biasanya akan memberikan harga spesial untuk pengunjung yang berkelompok. Beberapa jasa tour & travel juga akan memberikan harga yang berbeda untuk paket liburannya atau sekedar harga tiket pesawat. Belum lagi kamu bisa mengakali biaya akomodasi.

Kamu bisa menyewa satu rumah atau apartemen, kemudian membagi dengan rata biasa sewanya. Kadang-kadang menyewa tempat tinggal seperti itu, lebih murah dibandingkan menyewa kamar hotel loh. Tapi tidak masalah kalau memang tidak memungkinkan membawa rombongan untuk liburan ke Korea Selatan kali ini. Kamu masih bisa jalan jalan murah ke Korea Selatan dengan mengikuti tips lainnya.

  1. Kejar tiket pesawat dan rute termurah

Kejar tiket pesawat dan rute termurahMencari tiket pesawat murah memang kunci nomor satu. Pertama kamu harus giat mencari tiket promo. Ini bisa kamu dapatkan dari promo-promo maskapai penerbangan atau promo yang ditawarkan oleh jasa tour & travel. Cari tahu dulu berapa harga normalnya, supaya kamu bisa membandingkan harga promonya sudah cukup murah atau belum. Kalau kamu kurang teliti, kadang-kadang harga promo yang ditawarkan tidak terlalu jauh dari harga normal.

Cara kedua agar bisa jalan jalan murah ke Korea Selatan adalah mengincar tiket tengah malam. Entah apa alasannya, tapi maskapai penerbangan memberikan harga tiket lebih murah bagi orang yang mengulik di malam hari. Walaupn tidak setiap malam terjadi ya, jangan terlalu berharap hehe. Kamu juga bisa mengakali harga tiket lebih murah dengan membeli minimal 19 minggu sebelum keberangkatan. Atau mencari rute penerbangan yang murah.

Ada 7 bandara internasional di Korea Selatan. Kamu bisa memilih penerbangan langsung dari Jakarta ke Korea Selatan. Tapi harga tiket pesawat yang lebih murah sering kali bisa kamu dapatkan jika memilih rute penerbangan transit di negara lain terlebih dahulu. Contohnya kamu terbang dari Jakarta, transit di Kuala Lumpur, baru tiba di negara tujuan. Tapi kamu perlu menjaga pengeluaran tidak terdugamu saat transit. Jangan membeli terlalu banyak makanan atau jajanan yang tidak perlu. Oh ya masih ada satu cara lain untuk mendapatkan harga murah. Yaitu dengan menaiki pesawat kepulangan di kota yang berbeda dari keberangkatan.


  1. Penginapan murah atau gratis

Penginapan murah atau gratisYang berencana jalan jalan murah ke Korea Selatan, hindari hotel. Carilah penginapann yang murah seperti hostel atau guesthouse. Menginap hostel atau guesthouse mirip dengan harga hotel budget di Indonesia. Jauh lebih murah dari harga menginap di hotel. Atau menyewa homestay yang disebut minbak. Informasi tambahan untuk kamu, guesthouse murah ada di sekitar Hongdae. Area ini dekat dengan Sinchon dan Ewha yang enak untuk bersantai.

Kalau kamu mau lebih ‘Korea’, kamu harus banget coba yang satu ini. Menginap murah sambil merasakan spa ala Korea Selatan di Jjimjilbang. Jjimjilbang memang selalu buka 24 jam loh. Orang Korea sering menginap disana ketika sedang tidak mau pulang ke rumah atau hanya sekedar ingin bersantai sambil spa. Kamu juga bisa sesekali mencoba menginap di sini.

Akan lebih aman kalau kamu tidak membawa barang yang terlalu besar, karena loker yang disediakan di sini sangat kecil. Beruntung kalau kamu bisa menitipkannya di resepsionis atau di stasiun kereta terdekat. Selain itu, bagi yang sudah sering menonton drama Korea pasti sudah tau. Kalau kamu akan tidur di lantai dan tidur bersebelahan dengan orang-orang yang tidak kamu kenal. Penginapan alternatif ini hanya untuk kamu yang siap dengan kondisi uniknya.

Tahu tidak, di Korea Selatan, kamu bisa mendapatkan penginapan gratis. Caranya mudah, kamu hanya perlu terhubung dengan para backpacker melalui website Coachsurfing. Jika kamu sudah aktif atau menemukan teman dunia maya yang sangat cocok denganmu, kamu bisa ditawarinya tempat tinggal gratis selama berlibur di sana. Sambil menyelam minum air, kamu bisa menginap gratis sekaligus mengenal bahasa dan kebudayaan Korea Selatan dari langsung dari teman barumu.

  1. Transportasi dalam negeri tidak menguras kantong

Transportasi dalam negeri tidak menguras kantongJalan jalan murah ke Korea Selatan didukung oleh pemerintahnya sendiri. Di sana tersedia bus gratis untuk keperluan wisata yaitu Seoul City Tour Bus. Jadwal keberangkatannya bisa kamu akses via internet. Tentukan tempat yang akan dikunjungi dengan bus ini, lalu segeralah mendaftarkan diri.

Jika harus mengeluarkan biaya untuk mengunjungi tempat wisata lain, kamu perlu membeli kartu T-Money atau kartu khusus turis, Seoul City Plus Pass. Kartu ini dapat digunakan untuk membayar subway (kereta bawah tanah), bus, taksi, dan barang di beberapa convenient store. Untuk Seoul City Pluss Pass, kamu bahkan dapat mendapatkan diskon untuk masuk ke tempat wisata. Kartu ini juga bisa kamu gunakan untuk mengelilingi tempat belanja di Korea Selatan.

Ada salah satu trik untuk kamu yang berlibur bersama beberapa rekanmu. Perhitungkan jarak dari satu tempat wisata yang kamu tuju ke tempat lainnya. Jika hanya berjarak dua sampai tiga stasiun kereta, lebih baik kamu memilih taksi daripada subway. Dalam kasus ini, biaya taksi di Korea Selatan terhitung murah dibandingkan subway, apalagi jika kamu membaginya bersama rekan-rekanmu. Selain itu, kamu juga bisa mempersingkat waktu perjalanan. Menggunakan subway dapat memakan waktu cukup banyak jika kamu kebingungan saat membaca petunjuk arah di sana.

  1. Makan-makan irit

Makan-makan iritLagi liburan kok irit? Jangan salah, bersikap irit tidak berarti membuat hari liburmu membosankan. Soal makan memang harus dijaga. Bukan apa-apa, untuk kamu yang hobi makan pengeluaran untuk ini mungkin bisa jadi pengeluaran terbesar. Apalagi jika kamu tergiur juga untuk mencicipi minuman khas Korea.

Kamu bisa mengakalinya dengan makan di convenient store seperti orang lokal. Nikmati mie-nya orang korea, kimbap, banana milk, dan makanan lainnya yang sulit kamu temukan di Indonesia. Tidak perlu setiap waktu, sesekali juga sudah sangat membantumu meminimalisir pengeluaran. Lumayan untuk mengalokasikan budget lebih agar bisa mengunjungi tempat paling romantis di Korea Selatan. Korea kan terkenal dengan romantismenya.


Tapi ketika sedang jalan jalan murah ke Korea Selatan, kamu juga tidak bisa melewatkan kesempatan untuk mencicipi cemilannya. Coba datang ke daerah Hongdae dan Dongmyo untuk mendapatkan streetfood dengan harga yang murah. Jangan mengikuti turis pada umumnya yang memilih daerah Myeondong, harga streetfood di sini cukup mahal. Kalau masih belum cukup dengan cemilan, cobalah membeli makanan tradisional Korea Selatan atau set menu sup dan bibimbap yang terbilang murah.

Gimana, kamu keberatan dengan 5 tips di atas? Kalau begitu siapkan budget lebih untuk menikmati Korea Selatan dengan caramu. Atau kamu merasa tips di atas masih kurang? Buat yang ini kamu harus lebih rajin mengulik lagi soal Korea Selatan. Jangan lupa juga persiapkan budget untuk membeli oleh-oleh khas Korea Selatan ya.

, , ,
Post Date: Tuesday 24th, July 2018 / 02:10 Oleh :
Kategori : Korea Selatan