Tips Liburan Ke Phuket Dan 11 Hal Yang Wajib Anda Tahu Tentang Thailand

Liburan ke luar negeri tanpa persiapan bisa saja dilakukan, tapi percaya deh, segala sesuatu yang dipersiapkan terlebih dahulu jauh lebih baik daripada tidak sama sekali. kenapa? Karena luar negeri jelas memiliki aturan yang berbeda dengan Indonesia, setiap negara memberlakukan aturan sendiri-sendiri yang terbaik untuk negaranya.

Negara tetangga kita yang terdekat seperti Singapura saja misalnya, memberlakukan peraturan ketat untuk wisatawan yang mengunjungi tempat wisata di Singapura. Mereka tidak ingin tempat wisatanya kotor atau menjadi tidak nyaman. Karena itulah jangan heran jika di beberapa tempat tertentu mereka tidak mengijinkan wisatawan yang masuk ke kawasan tertentu membawa makanan dari luar.

Peraturan juga ditetapkan di Thailand, misalnya saja anda pergi liburan ke Phuket, anda harus beberapa informasi penting mengenai Phuket supaya anda tidak melanggar peraturan di sana atau mendapatkan kekecewaan karena tidak tahu lingkungan Phuket yang sebenarnya.

Berikut tips liburan ke Phuket.

1. Bukan Surga Belanja

best-tours-phuket

Phuket adalah tempat honeymooon terbaik di Thailand yang tidak ramah untuk para pecinta belanja. Sudah umum diketahui bahwa Phuket bukan surga belanja. Memang banyak barang diperdagangkan di Phuket, ditawarkan dengan harga murah padahal masing-masing barang tersebut terlihat barang branded. So, jangan tergiur dengan penampilannya, anda harus berhati-hati sebagai pembeli. Sebab ada banyak barang yang ternyata palsu alias KW yang kesekian.

Pastikan anda melihat barang yang anda beli dengan jeli, barang branded tidak akan dijual dengan harga yang sangat jauh dari pasaran. Anda bisa membandingkannya terlebih dahulu melalui toko resminya atau toko online terpercaya. Bila barang yang ingin anda beli termasuk barang impor, cobalah situs jual beli internasional seperti amazon untuk mengecek harganya. Apakah ada perbedaan besar? So, anda patut curiga. Jangan sampai anda ingin membeli barang branded, mewah, tapi ternyata yang anda bawa pulang malah barang KW kesekian yang membuat anda malu di depan teman-teman nantinya.

2. Surga Layanan

Tropical hut and wooden bridge at holiday resort

Nah, kalau disebut bukan sebagai surga belanja seperti tempat wisata di Tokyo yang menyediakan distrik khusus pusat perbelanjaan, di Phuket anda bisa menghabiskan uang untuk mendapatkan layanan. Di Phuket ada ratusan tempat spa, massage tradisional sampai yang berunsur modern. Anda tidak hanya bisa mendapatkan hotel mewah dengan fasilitas lengkap tapi juga fasiltias pendukung seperti pijat.

Thailand sangat terkenal dengan spa dan massage tradisional. Banyak wisatawan yang datang ke Thailand hanya untuk mendapatkan pijat khas Thailand. Kalau anda merasa tubuh anda pegal-pegal, bisa juga memilih layanan di Phuket untuk mendapatkan pijatan relaksasi untuk tubuh anda.


Tersedia berbagai macam jenis spa, baik itu spa dengan ramuan tradisional maupun dengan ramuan kimia yang populer di Thailand. Pilih saja salah satunya supaya anda bisa kembali dari liburan dengan perasaan yang lebih santai. Selain layanan spa.

3. Tersedia berbagai macam layanan kuliner internasional

Phuket weekend market, Thailand

Anda tidak perlu bingung untuk mencicipi kuliner ketika sedang berlibur di Phuket, ada banyak sekali layanan kuliner di Phuket, baik makanan yang khas Thailand maupun internasional. Kalau anda tidak cocok dengan makanan khas Thailand, anda bisa mencicipi masakan internasional, misalanya saja makanan khas Kamboja?

Dikarenakan terkenal sebagai tempat wisata yang dapat menyediakan berbagai macam layanan kuliner internasional, jangan heran kalau ada restoran tertentu yang juga menyediakan masakan khas Indonesia, Jepang, dan Korea. Anda tinggal pilih kuliner yang sesuai dengan selera anda.

Akan tetapi, tetap saja, kami rekomendasikan pada anda makanan khas Thailand terlebih dahulu yang harus dicicipi supaya anda memiliki pengalaman pernah mencicipi masakan Thailand ketika kembali ke Indonesia. Masakah khas Thailand antara lain seperti tom yam, padh thay, Green Curry, Thai Pancake, dan masih banyak lagi yang lain.

4. Jangan ke Phuket saat Musim hujan

nai-harn-beach-hotel

Terkait dengan waktu kunjungan, kami peringatkan jangan datang ke Phuket saat musim hujan. waktu terbaik untuk berkunjung ke tempat wisata di Phuket ialah saat bulan Desember sampai Maret. Cuaca di bulan-bulan tersebut masih nyaman, tidak lembab tapi dengan angina sepoi-sepoi. Suhu sekitar 75F sampai 89F atau antara 24 derajat celcius sampai 32 derajat celcius.

Waktu terpanas di Phuket yakni pada bulan April sampai Mei, disarankan pula agar anda tidak datang di rentang bulan tersebut supaya anda tidak kepanasan. Jika anda datang di musim hujan, bukan wisata menyenangkan yang akan anda rasakan melainkan anda akan menghabiskan waktu anda hanya di penginapan. Phuket akan mengalami cuaca yang sangat berbeda di musim hujan. Sebab bukan hanya hujan biasa, kadangkala ada angina kencang di laut yang memaksa semua orang untuk tinggal di rumah.

5. Pilih penyelenggara Tour yang baik dan terpercaya

resort-spa-Phuket-Thailand

Bila anda akan liburan ke Phuket dengan mengandalkan agen tour and travel kami sarankan agar anda memilih agen penyelenggara tour yang baik dan terpercaya. Anda bisa melihat jejaknya dari website mereka, statemen traveler yang pernah bekerjasama dengan agen tersebut, dan tentu saja jejak konsumen yang pernah menjadi mitranya.

Penyelenggara tour anda travel yang sudah berpengalaman sudah pasti akan memberikan layanan terbaik untuk anda. mereka akan terbuka sejak awal mengenai biaya, pelayanan, dan fasilitas yang akan anda dapat, termasuk transportasi yang akan anda tumpangi ketika berangkat ke Phuket.

So, upayakan untuk mempelajari terlebih dahulu agen yang akan anda jadikan penyelenggara tour anda. sudahkah mereka memiliki pengalaman dengant tempat wisata di Phuket? Jika tidak, anda sebaiknya pindah ke agen yang lain.

6. Cari tiket pesawat promo

private-customized-tour-phuket

Jika anda mau pergi liburan ke Phuket dengan cara backpackeran atau memanagemen semua perjalanan wisata anda dengan cara anda sendiri. Kami berikan sedikit tips supaya rencana perjalanan anda lancar sejak persiapan sampai selesai.

Pertama dari tiket pesawat untuk berangkat ke Phuket. Dapatkan tiket pesawat promo, ini akan membantu anda menghemat pengeluaran. Kalau tidak memikirkan besaran biaya yang akan anda keluarkan, anda bebas memilih kapan waktu berangkat dengan biaya yang sudah pasti dua kali lipat.

Kedua, soal akomodasi, sama seperti tiket pesawat, sebaiknya anda sudah pesan sejak jauh-jauh hari melalui situs booking online supaya anda tidak kebingungan ketika sudah sampai ke Phuket. Ketiga transportasi selama di Phuket, ada beberapa alat transportasi yang dapat anda andalkan untuk jalan-jalan di Phuket. Misalnya saja anda bisa memilih alat transportasi lokal seperti tuk-tuk atau bus lokal.

Tips liburan ke Phuket

Selain saran-saran di atas, ada beberapa tips lain yang sebaiknya anda perhatikan ketika sudah berada di Phuket. Berikut tips liburan ke Phuket yang tak banyak orang jalankan.


  • Berbelanja terlalu dini karena melihat banyak barang ditawarkan murah, jadi buat anda yang sudah sampai di Phuket. Fokuskan dulu perjalanan anda untuk melihat-lihat tempat wisata, jangan mudah tergiur dengan barang-barang yang ditawarkan, apalagi kalau barang tersebut merupakan barang branded yang ditawarkan dengan harga setengah kali lipat lebih murah. Anda harus berhati-hati seperti saran nomor satu di atas, tidak semua barang branded tersebut adalah asli.
  • Banyak pernak-pernik cantik di Phuket, tapi tidak semua pernak-pernik itu aman untuk dibawa pulang. Disarankan agar jangan terlalu banyak membeli barang, anda harus ingat bea cukai yang harus anda keluarkan ketika membawa pulang banyak barang dari luar negeri.
  • Hindari mempersiapkan perjalanan ke Phuket secara mendadak apalagi tidak memperhatiakn cuaca. Anda bisa rugi waktu, tenaga, dan biaya karena ternyata anda datang di musim yang salah.
  • Untuk apa saja, persiapkan sejak jauh-jauh hari, jadi tidak hanya tiket dan akomodasi, tapi juga informasi mengenai tempat liburan yang anda kunjungi. Jangan sampai akomodasi yang anda inginkan sudah tidak menyediakan fasilitas yang anda inginkan karena anda tidak tahu perkembangan terakhir dari akomodasi pilihan anda. dengan kata lain, anda harus selalu update informasi mengenai tempat wisata yang ingin anda tuju.
  • Ajaklah seorang tour guide atau pemandu dari agen wisata yang terpercaya. Di Thailand, tidak semua orang bisa berbahasa Inggris, jadi untuk memudahkan anda untuk bertransaksi selama di Phuket, sewalah jasa pemandu yang bisa berbahsa Thailand. Kecuali anda sudah bisa berbahasa Thailand, biaya untuk pemandu bisa dialokasikan untuk keperluan lain.

Demikian tips liburan ke Phuket untuk anda. semoga bermanfaat.

, , ,
Post Date: Thursday 12th, July 2018 / 03:18 Oleh :
Kategori : Thailand