3 Tips Penting Ketika Jalan-Jalan ke Korea Selatan

Jalan-Jalan ke Korea Selatan—Liburan akhir tahun di Korea adalah salah satu hal yang didambakan oleh banyak wisatawan, terlebih Korea Selatan kini menjadi salah satu pusat hiburan dunia. Ada banyak hal menarik yang bisa Anda temukan di negara para idol ini. Baik dari aspek tempat wisata, budaya, hingga tempat hiburan populernya. Selain itu, Korea juga merupakan negara yang sudah maju dengan berbagai fasilitas publik yang memudahkan wisatawan.

Salah satu hal yang tidak boleh Anda lupa ketika berlibur ke Korea adalah membeli souvenir khas Korea Selatan. Akan tetapi, merencanakan liburan Anda agar berjalan dengan mulus jauh lebih penting dari hal tersebut.

Karena menjadi destinasi wisata dunia, Korea Selatan adalah negara yang hiruk-pikuk. Anda harus pandai mengatur rencana liburan dengan memerhatikan banyak hal. Berikut adalah beberapa tips jalan-jalan ke Korea Selatan yang bisa Anda pertimbangkan sebagai masukan.

  1. Sebelum Keberangkatan

Sebelum KeberangkatanHal terpenting yang harus Anda lakukan untuk membuat kegiatan wisata Anda berjalan sempurna adalah melakukan perencanaan yang matang. Perencanaan haruslah dibuat sebelum Anda melakukan perjalanan.

Jangan pernah berniat wisata ke luar negeri tanpa rencana yang sudah dipikirkan sebelumnya. Sebab, kendati Korea Selatan sebagai salah satu tempat wisata paling bagus di dunia, tidak berarti kehidupan di negara tersebut aman untuk Anda.

Hal-hal yang harus Anda pikirkan dengan matang sebelum keberangkatan adalah; itinerary mencakup berapa lama Anda akan jalan-jalan ke Korea Selatan, berapa budget yang Anda punya, serta alokasinya untuk transportasi, akomodasi, biaya masuk ke tempat hiburan, serta sebagian untuk hal-hal yang tidak terduga.

Lamanya waktu yang Anda habiskan untuk berlibur tentu harus disesuaikan dengan jadwal dan budget yang Anda punya. Namun jika Anda cukup lapang, cobalah untuk berwisata selama 6 hingga 8 hari.

Anda bisa mengeksplorasi berbagai kota terkenal di Korea Selatan seperti Seoul, Busan, Buyeo, Jeonju, hingga Gwangju dan Jeju Island. Namun jika Anda cukup sibuk, empat hingga lima hari cukup untuk mengeksplorasi salah satu kota di Korea Selatan.

Ketika Anda sudah memutuskan durasi jalan-jalan ke Korea Selatan, ricilah tempat-tempat wisata yang ingin Anda kunjungi. Anda bisa memilih-milih tempat yang sesuai dengan minat Anda.

Misalnya, jika Anda menyukai kehidupan masyarakat Korea yang populer, cobalah untuk tinggal lebih lama di Seoul. Jika Anda meminati budayanya, kenapa tidak mengunjungi Gamcheon Culture Village di Busan atau Bukchon Hanok Village di Seoul.

Jika Anda merasa cukup dengan mengunjungi tempat wisata populer, ikutlah dalam sebuah tur perjalanan. Umumnya, jika Anda terdaftar dalam sebuah tur wisata maka Anda memiliki akses yang lebih mudah untuk memasuki area wisata mainstream dengan pengunjung yang membludak. Dengan mengikuti tur, Anda memiliki teman sesama wisatawan serta pemandu multilingual yang bisa menjelaskan banyak hal.

Sementara itu, jangan lupa untuk menentukan penginapan yang paling sesuai dengan budget serta transportasi yang akan Anda gunakan ketika berangkat, selama di Korea, dan saat pulang ke tanah air.

Salah satu tips tempat menginap yang mudah untuk perjalanan yang singkat adalah dengan tinggal di Sauna. Tidak hanya bisa menginap, di Sauna terdapat banyak fasilitas menarik seperti tempat mandi uap, ruang bermain, ruang membaca, hingga food court.

  1. Selama Berada di Korea Selatan

Selama Berada di Korea SelatanKendati memiliki rencana jalan-jalan ke Korea Selatan yang matang, kadang teori tidak selalu sesuai dengan apa yang terjadi di lapangan.

Oleh karena itu selain memegang teguh itinerary yang telah Anda buat sebelumnya, Anda harus bisa menyesuaikan diri dengan kondisi yang tersaji di Korea Selatan. Dengan demikian, liburan musim dingin di Korea dan pada musim-musim lainnya bisa tetap berjalan dengan lancar.

Bahasa adalah tantangan utama yang akan Anda hadapi setibanya di Seoul. Kendati sudah menjadi destinasi wisata dunia, tidak semua orang di Korea Selatan bisa menggunakan bahasa Inggris dan internasional lainnya.

Oleh karena itu, unduhlah aplikasi terjemahan yang bisa Anda temukan dengan mudah di dalam gawai dan pelajari beberapa ungkapan sederhana agar tetap bisa berwisata dengan nyaman.

Cermati pula sistem uang yang berlaku di Korea Selatan agar Anda tetap bisa jalan-jalan murah ke Korea. 1 won Korea setara dengan 13 rupiah. Dengan kurs tersebut, Anda bisa memperhitungkan nilai-nilai uang lainnya seperti harga tiket masuk tempat wisata, harga makanan, hingga harga-harga yang dibutuhkan lainnya.

Jika Anda hanya memiliki uang rupiah, segera tukarkan menjadi won di money charger terdekat. Biasanya, Anda akan menemukan salah satunya di bandara.

Untuk kepentingan komunikasi, Anda bisa menggunakan wifi umum yang tersedia di banyak titik. Sementara agar bisa menaiki alat transportasi dengan mudah, belilah kartu T-Money Korea. Umumnya, Ada berbagai jenis t-money yang bisa Anda gunakan agar lebih efektif dalam menumpangi beberapa jenis alat transportasi asal yang tersedia di sana.

Hal yang tidak kalah penting lainnya adalah makanan. Ada banyak makanan murah dan berkualitas yang bisa Anda beli di convenient store terdekat.

Jika Anda mengalokasikan budget lebih banyak, carilah cafe atau restoran yang tengah populer di Korea. Tempat tersebut biasanya termasuk ke dalam tempat wisata di Korea Selatan untuk Kpopers.

Anda bisa merasakan suasana masyarakat mudah Korea ketika nongkrong. Jangan khawatir mengenai panggilan alam, Korea memiliki banyak toilet umum yang nyaman dan bersih.

  1. Hal yang Patut dan Tidak Patut untuk Dilakukan

Hal yang Patut dan Tidak Patut untuk DilakukanKorea Selatan selayaknya Indonesia ditinggali oleh masyarakat lokal yang menganut sistem kepercayaan serta budaya tersendiri.

Ketika Anda jalan-jalan ke Korea Selatan untuk mengunjungi tempat wisata di Korea Selatan saat musim gugur atau musim lainnya, menghormati hal tersebut tentu harus dilakukan.

Masyarakat Korea Selatan menganut sistem senioritas. Oleh karena itu, perhatikan diri Anda ketika berkomunikasi dengan masyarakat lokal. Cobalah untuk bersikap lebih sopan kepada orang yang lebih tua dari Anda.

Sementara itu, Anda bisa bersikap lebih santai pada mereka yang setara atau lebih muda. Masyarakat Korea bisa sangat baik bisa juga kasar, tergantung pada bagaimana Anda bersikap dan pandangan mereka terhadap wisatawan asing.

Korea Selatan terutama kota-kota besarnya seperti Seoul juga menjunjung kebersihan dan ketertiban. Jangan pernah mencoba untuk mencari masalah dengan membuang sampah sembarangan atau melakukan vandalisme di tempat wisata. Terutama ketika Anda berkunjung ke tempat wisata budaya, cobalah untuk mengikuti setiap aturan yang diberlakukan.

Korea Selatan adalah salah satu destinasi wisata dunia. Kunjungan wisatawan ke negara ini meningkat pesat terutama setelah terjadi hallyuwave yang merambah ke berbagai sisi dunia. Di tempat ini, Anda bisa menemukan banyak bangunan terindah di dunia.

Maka dari itu jika Anda berniat untuk jalan-jalan ke Korea, jangan sia-siakan dengan datang tanpa rencana wisata yang matang. Dengan demikian, Anda bisa berwisata dengan nyaman dan puas sebelum melanjutkan wisata ke Jepang tanpa Tour atau pulang ke tanah air.

 

, , ,
Post Date: Tuesday 12th, March 2019 / 13:26 Oleh :
Kategori : Korea Selatan