4 Tempat Makanan Halal Di Manila Yang Wajib Di Kunjungi Wisatawan Muslim

Ketika para wisatawan berlibur ke luar negeri, ada beberapa hal yang di khawatirkan, diantaranya adalah iklim yang tidak cocok, jenis air yang tidak cocok, ataupun makanan yang tidak sesuai dengan selera dan keyakinan para wisatawan. Khususnya bagi wisatawan yang muslim akan lebih susah memilih makanan atau mencari makanan dibanding dengan mereka yang non muslim.

Makanan yang dipilih oleh para wisatawan muslim tentunya yang halal dan yang sesuai dengan keyakinan mereka, contohnya makanan yang mengandung babi dan makanan yang mengandung anggur yang memabukkan atau kalau di dunia food & beverages mereka akan menyebut wine.

Biasanya para wisatawan muslim akan membawa bekal sendiri yang berupa makanan kering seperti abon sapi, kering tempe, kering kentang, dan lain sebagainya, namun pastinya wisatawan kaum muslim ingin mencicipi makanan khas dari daerah setempat. Berbeda jika kalian berlibur ke negara timur tengah yang memang memiliki makanan halal secara mayor, contohnya seperti makanan khas tunisia , makanan khas turki, dan makanan khas brunei darussalam.

Nah, untuk masalah itu tidak perlu khawatir, kami akan memberi kalian rekomendasi tempat mana saja yang menjajakan makanan khas di suatu daerah yang mayoritas penduduknya non muslim, dan tentunya halal serta cocok dengan lidah kalian.  Pada kesempatan kali ini kami akan membahas tentang makanan halal di manila.

Simak beberapa tempat makan di manila yang halal agar para wisatawan muslim dapat mencicipinya.

  • The Halal Guys

halal-guys-san-jose-2-2Dari nama restorannya saja kita akan langsung mengetahui bahwa restoran ini menyajikan makanan – makanan halal yang memiliki arti restoran ini halal guys. Restoran ini sangat banyak dikunjungi oleh para wisatawan yang tentunya memang beragama islam.

Tentunya kalian akan menemukan makanan yang lebih mirip dengan makanan yang berbau dengan olahan daging sapi dan daging ayam. Tapi tenang saja , mereka mengolah olahan – olahan tersebut menggunakan berbagai macam racikan rempah dan kalian tidak akan merasa bosan dengan olahan – olahan yang memang sudah tergolong umum untuk penduduk indonesia sendiri.

Sebagai contohnya restoran ini menjual beragam menu andalan seperti perpaduan nasi, gyro (daging) dan roti pita ditambah campuran saos putih asam segar yang sangat populer di kalangan penduduk lokal ataupun para wisatawan.  Lokasi dari restoran the halal guys berada di lantai 5 mega food hall, SM Megamall Manila, Filipina.

Kalian tidak perlu khawatir soal harga, restoran the halal food ini tidak akan merogoh kocek yang dalam, harga yang dijajakan menu – menu disini sangat standart. Pelayanannya pun sangat ramah, dan tempatnya memang bersih jadi kalian tidak perlu khawatir tentang ke higienisan makanan – makanan yang ada di restoran ini. Sembari kalian mencicipi makanan di SM Megamall manila, kalian juga dapat berbelanja oleh – oleh khas filipina.


  • Warung sa Kapitolyo

property2Fimg2Fwarung-kapitolyo-1506580446624-e85b28a6-e3ea-4215-b7c4-01f0f3417ae0Nah sekalipun namanya warung tapi bukan berarti warung biasa, untuk restoran yang satu ini paling banyak digemari oleh para penduduk indonesia yang sedang berlibur di negara filipina. Secara interiror memang restoran ini tidak terlihat kesan nusantaranya, namun beragam masakan indonesia disajikan disini, seperti sate, ayam goreng, nasi goreng, bakwan.  Tidak hanya makanan yang mirip dengan menu khas indonesia, namun juga  minuman yang mirip, seperti jus buah naga, jus jambu biji.

Warung sa kapitolyo ini buka mulai dari jam 12 siang hingga jam 9 malam. Restoran ini merupakan restoran yang bisa dikatakan office casual, mereka memiliki ruangan yang bisa di booking untuk acara – acara kantor ataupun untuk makan bersama, untuk pemesanan private dining area akan lebih disarankan memesannya jauh hari sebelumnya, karena restoran ini tergolong sangat ramai.

Restoran ini juga memiliki area outdoor yang sangat cantik, sembari menikmati hidangan kalian juga dapat mendapatkan spot – spot foto yang indah untuk mengisi foto di story instagram kalian. Soal Harganya pun tergolong cukup terjangkau sekitar kurang lebih 600 peso untuk dua orang, dan 75 peso untuk satu pitcher.

  • Warung Indo

off-the-eaten-track-warung-indo-salcedo-village-makati-2Jika kalian membayangkan bahwa makanan yang dijual disini makanan khas Indonesia, maka memang benar seperti itu. Tidak jauh berbeda dengan warung sa kapitolyo, mereka memang memiliki menu – menu makanan yang sama. Lokasi dari rumah makan ini berada di antara gedung – gedung bertingkat kota makati yang dikenal dengan pusat bisnis di metro manila.

Tempatnya memang agak nyempil dan hanya muat satu mobil saja, tapi bukan berarti susah menemukannya, kalian cukup berjelajah jalan utama ayala aveneue menuju V.AV. Rufino, lalu melewati satu blok untuk menemukan jalan san agustin.

Jika dibandingkan dengan makanan di warung sa kapitolyo, masakan yang ada di restoran ini lebih nusantara sekali seperti contohnya pecel lele, pecel, gado – gado, kwetiau, aneka sup, rendang, hingga lontong sayur medan. Yang paling mengesankan lagi, warung indo ini buka hingga 24 jam nonstop mulai dari hari Senin hingga Hari Sabtu.

Makanan yang sangat recommended disini adalah beef rendang dan juga mereka memliki sambal khas yang extra pedas yang sangat digemari oleh penduduk lokal. Soal harga tidak perlu khawatir, jauh lebih murah dibanding warung sa kapitolyo karenan memang secara interior jauh berbeda. Interior waurng indo lebih sederhana dan sangat menonjolkan sisi nusantara seperti terdapat wayang – wayangan dan beragam alat khas nusantara.

  • Restoran Moud Halal

DSC09082

Tempat makanan halal di manila selanjutnya adalah di restoran moud halal, sesuai dengan namanya kita pasti bisa langsung mengetahui bahwa menu – menu yang dijual di restoran tersebut adalah halal, berberda dengan restoran – restoran yang sudah kita bahas sebelumnya yaitu warung sa kapitolyo dan watung indo, tempat ini memiliki penampilan kalah jauh dibanding kedua restoran tersebut. Sisi positifnya adalah bagi kalian para backpacker akan sangat cocok makan disini karena kocek yang diperlukan tidak sampai dalam alias murah.

Menu – menu yang dijakakan di sini berkisar sepuluh peso hingga tujuh puluh peso, bagaimana? sangat tertarik bukan?? Makanan yang dijual di sini seperti samosa, chicken curry, kabsa rice, roti pita. Memang makanan di sini memang sangat mirip dengan oleh – oleh makanan khas arab.


Namun masakan yang sangat digemari di sini adalah ayam panggangnya, sangat enak dan terasa rempah – rempahnya. Lokasi dari restotan moud halal ini berada di  globe de oro St. Quiapo, Manila, dan lokasinya cukup dekat dengan masjid quiapo, jadi kalian para wisatawan yang memang muslim dapat mencicipi makanan di restoran moud halal sembari menunggu waktu untuk sholat.

Nah cukup sekian bahasan makanan halal di manila, semoga untuk kalian para wisatawan muslim tidak perlu lagi repot – repot membawa bekal sendiri karena sekarang kalian sudah mengetahui tempat – tempat mana saja yang menjual makanan halal jika kalian berlibur di negara filipina.

, , , ,
Post Date: Thursday 12th, July 2018 / 08:51 Oleh :
Kategori : Filipina