8 Tips Jalan-Jalan Ke Phuket Yang Wajib Di Perhatikan

Thailand merupakan salah satu destinasi wisata populer di Asia Tenggara. Banyak tempat wisata di Thailand yang bisa anda kunjungi. Mulai dari berbagai tempat bersejarah di Thailand hingga berbagai tempat honeymoon terbaik di Thailand yang romantis. Thailand memang merupakan destinasi yang cocok untuk berbagai macam liburan, mulai dari liburan bersama teman-teman, keluarga maupun orang terkasih.

Salah satu kota yang pastiya tidak mungkin anda lewatkan saat berkunjung ke Thailand adalah Phuket. Banyak tempat wisata di Phuket yang bisa anda kunjungi. Phuket merupakan situs wisata di Thailand dengan berbagai panorama pegunungan dan pantai-pantai indahnya untuk liburan tropis. Phuket juga memiliki kehidupan malam yang gemerlap dengan berbagai hiburan menarik dan kulinernya yang beragam dan lezat.

Namun, ada beberapa hal yang harus anda perhatikan saat berlibur ke Phuket, Thailand. Berikut beberapa tips jalan-jalan ke Phuket yang wajib anda ketahui.

1. Memilih hotel yang tepat.

tipsphucket.1Memilih hotel yang tepat merupakan awal dari liburan menyenangkan anda di Phuket. Salah memilih hotel bisa jadi hal yang cukup mengesalkan. Hal satu ini merupakan salah satu kesalahan yang sering dilakuakan oleh setiap turis mancanegara ketika sedang berlibur ke Phuket. Tentukan agenda apa saja yang ingin anda lakukan di Phuket. Jika anda ingin menikmati keindahan pantai Phuket, pesanlah resort yang tidak jauh dari pantai agar waktu liburan nada tidak terbuang karena perjalanan menuju lokasi wisata yang bisa memmakan waktu seharian.

Ada pula berbagai pilihan hotel di Phuket yang bisa anda pilih. Hotel komplit berbintang lima biasanya memiliki tarif yang lebih mahal, lengkap dengan room service, bar, dan kolam renang. Hotel seperti ini cocok untuk kamu yang sedang bulan madu. Jika kamu ingin hotel yang murah, carilah hotel Bed and Breakfast saja. Hotel seerti ini  hanya menyediakan kamar seadanya dan menu sarapan. Sangat cocok buat anda para backpacker yang lebih banyak menghabiskan waktu di luar hotel.

2. Memilih transportasi yang tepat untuk berkeliling Phuket.

tipsphucket.2Jalan-jalan ke Phucket sedikit kurang fleksibel karena fasilitas tranportasi umumnya yang minim. Ada beberapa kendaraan umum yang bisa and manfaatkan meski jarang melalui jalan-jalan besar dan susah ditemukan, seperti Tuk-tuk. Anda juga bisa memanfaatkan bus umum dari bandara yang disediakan oleh pemerintah kota Phuket untuk mempermudah para wisatawan.

Jika ingin punya budget lebih, anda bisa menyewah mobil pribadi dengan supir untuk mengantar anda ke setiap tujuan yang anda inginkan. Taxi juga bisa dijadikan pilihan namun biasanya anda akan dikenakan tarif yang cukup tinggi untuk sekali jalan.

Untuk menyebrangi pulau, ada berbagai kendaraan air yang bisa anda naiki dan memiliki tarif relatif murah. Mulai dari perahu, speedboats, Yatch, dan masih banyak pilihan lainnya.


3. Perhatikan saat menukar mata uang.

Melakkan penukaran mata uang merupakan salah satu hal paling esential ketika berlibur ke luar negeri. Sama halnya saat jalan-jalan ke Manila, di Phuket anda juga wajib waspada saat melakukan penukaran uang. Jika anda melakukan penukaran mata uang melalui service money changer di hotel, anda akan di kenakan biaya service sebanyak 3% dan nilai tukar sesuai dengan ketentuan hotel (biasanya 10% lebih tinggi dari bank).

Ada baiknya anda melakukan penukaran mata uang di bank, selain nilai tukarnya sesuai, anda pasti terhindar dari berbagai modus penipuan. Money changer banyak tersedia di shopping dan beberapa tempat khusus yang memang menyediakan jasa tukar uang di jalan-jalan di Phuket.

4. Perhatikan penampilan dan busana yang hendak dikenakan.

tipsphuket.4Selama jalan-jalan ke Phuket, anda pastinya ingin tampil modis dan bergaya. Namun, ada beberapa hal yang harus anda perhatikan jika sedang berlibur di Phuket. Berbeda dengan tempat wisata tropis lainnya seperti tempat wisata di Maladewa atau tempat wisata di Santorini Yunani, anda tidak bisa seenaknya mengenakan busana terbuka di Phuket.

Hal ini tidak berlaku untuk perempuan saja, begitu pula laki-laki. Karena udaranya yang panas, beberapa wisatawan biasanya santai saja telanjang dada dan hanya mengenakan celana pendek dan kaca mata hitam. Tidak mengenakan atasan merupakan hal yang mengindikasikan perilaku tidak baik dari seseorang dipandangan warga lokal Thailand. Namu, anda bisa bertelanjang dada atau mengenakan pakaian renang ketika sedang bermain di tepi pantai.

Hal ini juga berlaku jika anda sedang mengunjungi tempat-tempat suci di Phuket. Hindari penggunakan tank top atau pakaian tanpa lengan dan bawahan pendek. Selalu bawah kain penutup jika memand anda kurang nyaman dengan pakaian tebal dan tertutup.

5. Waspada dengan barang bawaan.

Perhatikan barang-barang berharga anda selama berlibur di Phucket. Sebisa mungkin jangan membawa uang tunai dalam jumlah banyak jika anda sedang jalan-jalan terutama pada malam hari. Bawa saja uang secukupnya dan tinggalkan barang-barang berharga anda di hotel. Biasanya hotle menyediakan kotak deposit yang bisa anda sewa untuk menyimpan uang, perhiasan, dan dokumen penting seperti visa dan passport.

Mungkin jika uang yang kecopetan masih bisa dicarikan solusinya tapi jika visa atau passport anda ikut menghilang, hal ini bisa membuat anda terjebak di situasi yang tidak menyusakan. Untuk berjaga-jaga, anda bisa menggandakan passport dan simpan yang asli di kotak deposit di hotel.

6. Menghargai kebudayaan setempat.

tipsphuket.7Negara Thailand secara umum adalah negara yang masih kental dengan budaya dan istiadatnya. Warga lokal juga masih konservatif dan tidak bisa tolenrasi sekali pun anda wisatawan luar yang tidak memahami budaya setempat. Ada beberpa istiadat dan kebiasaan yang perlu anda perhatikan agar liburan anda di Phuket bisa berjalan lancar.

  • Memberikan salam dengan gaya Thailand, meletakan tangan di dada dan menunduk sopan, terutama pada warga lokal yang megelolah usaha wisata.
  • Berdiri saat lagu nasional Thailand dikumandangkan. Biasanya lagu nasional diputar sebelum menonton film di bioskop, sebelum konser musik, dan sebelum pertandingan olah raga.
  • Jangan mengarahkan kaki pada orang yang sedang duduk di hadapan anda (biasanya di tempat umum atau kendaraan umum).
  • Jangan membuat lelucon tentang keluarga kerajaan Thailand. Setiap warga Thailand sangat menghormati keluarga kerajaan.
  • Tidak memberikan tips pada pelayanan.

7. Masalah air bersih.

Salah satu tips saat jalan-jalan ke Phuket adalah masalah emndapatkan air bersih. Di tempat-tempat umum Phuket ememang sering kali tersedia keran air yang tampaknya bisa diminum seperti yang biasa anda temui di tempat wisata di Eropa. Namun tidak disarankan untuk meminum air keran di Phuket. yang ada anda kan terserang gangguan perut yang membuat liburan anda jadi tidak menyenangkan.

Selalu bawa minum air mineral botol yang bisa anda beli di toko-toko maupun supermarket di Phuket. Hotel juga biasanya menyediakan air isi ulang jika anda membawa tempat minum sendiri.

8. Belajar sedikit bahasa Thailand.

Thailand memiliki bahasa yang khas dan huruf yang asing dimata kita orang yang terbiasa dengan alphabet. Pelajari beberpa bahasa Thailand sederhana. Setiadaknya ada bisa mengucapkan ‘iya’ dan ‘tidak’, atau ‘terima kasih’ dalam bahasa Thailand. Belajar bahasa Tahiland juga bisa membantu anda dalam memahami beberapa plat di jalanan selama berwisata di Thailand.

Itu tadi beberapa tips jalan-jalan ke Phucket yang perlu anda perhatikan. Semog bermanfaat dan selamat berlibur!

, , ,
Post Date: Thursday 12th, July 2018 / 08:09 Oleh :
Kategori : Thailand