6 Makanan Halal Di Shenzen Yang Wajib Anda Coba

Berlibur sampai ke China, Shenzen merupakan kesempatan yang menyenangkan. Apalagi jika bisa mengelilingi seluruh tempat wisata di China. Namun, rasionalnya hal itu memang tidak mungkin dilakukan karena China sangat luas dan memiliki ratusan tempat wisata yang masing-masing sangat indah dan memiliki karakteristik, sehingga bisa memberikan pengalaman kepada setiap pengunjung.

Kalau anda memiliki kesempatan untuk berjalan-jalan ke China, apakah anda akan melewatkan kesempatan makanan khas di China? Misalnya makanan khas di Shenzen ketika tempat wisata di Shenzen merupakan destinasi wisata utama anda sepanjang liburan.

Berikut ini adalah daftar makanan halal di Shenzen yang wajib anda coba ketika berkunjung ke tempat wisata di Shenzen.

1. Bubur Bebek

shuizuyu-bubur-bebek

China terkenal dengan berbagai macam masakan. Seseorang yang vegetarian pasti sangat mudah untuk menemukan olahan sayur tanpa daging atau sebaliknya, anda akan sangat mudah untuk menemukan olahan daging.

Salah satunya, makanan halal di Shenzen yang kami rekomendasikan untuk anda ialah bubur bebek yang terkenal di kota Shenzen. Sudah sejak lama, penduduk di China khususnya Shenzen terkenal sebagai sosok yang piawi menangani daging bebek.

Salah satunya ialah menjadikan bebek sebagai bahan utama pembuatan bubur. Masyarakat Shenzen telah memiliki resep memasak daging bebek secara turun temurun dari generasi ke generasi.

Makanan ini memiliki cita rasa gurih yang nikmat, bahkan sampai sekarang menjadi makanan khas yang tetap disukai warga lokal. Sekarang masakan bubur bebek menjadi salah satu masakan yang diandalkan untuk menjamu para turis dari luar negeri.

Setiap turis yang ingin mencicipi masakan lokal di kota Shenzen akan disodorkan pada restoran yang terkenal dengan bubur bebeknya, yaitu di Jalan Jianshe, Gongming, Distrik Bao’an. Menu bubur bebek dalam bahasa China disebut Yinxing Porridge Shop.

2. Bubur Seafood

bubur-seafood

Selain bubur bebek, makanan halal di Shenzen yang dapat anda temukan ialah aneka olahan bubur lainnya seperti bubur seafood, bubur belut, dan lobster, yang terbuat dari bahan utama belut, seafood, dan lobster.

Rasa bubur seafood dan belut sama enakya dengan bubur bebek, begitu pula dengan bubru lobsternya. Memang orang China selalu tahu cara menyiasati bahan yang memiliki perbedaan tekstur dan juga rasa. Setiap bahan pasti akan mempengaruhi cita rasa, jika tidak dimasak dengan bumbu dan cara yang tepat, bumbu itu hanya jadi sia-sia belaka.

Bubur seafood digemari di China karena olahannya yang sangat pas untuk disantap siapa saja. Bau amis hilang, dan ada hanya rasa nikmat. Hal yang sama juga dapat anda rasakan dari bubur belut atau pun burbu lobster. Kalau anda kebetulan sedang di kota Shenzen, jangan lupa untuk mencicipi salah satu inovasi bubur di kota tersebut. Barulah kemudian lanjutkan ke tempat wisata selanjutnya, misalnya tempat wisata di Beijing.


3. Shuizuyu atau Ikan Pedas Dalam Minyak Panas

ikan-pedas

Tidak hanya ketika pergi ke tempat wisata di Jepang saja kita bisa menemukan berbagai macam masakan jepang yang serba ikan. Di kota Shenzen, anda pun bisa menemukan makanan halal di Shenzen yang terbuat dari ikan.

Masakan yang sangat terkenal dan terbuat dari ikan itu bernama Shuizuyu, masakan ini berupa ikan pedas malam minyak pedas.

Masakan ini juga dapat dikatakan sebagai masaka khas kota Shenzen karena cara penyajiannya yang unik.

Dari namanya saja anda mungkin sudah bisa menebak ikan ini dibumbui pedas dan disajikan bersamaan dengan minyak panas.

Masakan ini disajikan dengan ikan besar yangdisiram dengan kuah pedas yang masih panas. Di dalam kuah pedas tersebut sudah dibumbui dengan berbagai macam rempah khas Cina, dan penuh dengan irisan cabai merah yang mengapung di atasnya.

Makanan ini benar-benar cocok untuk siapa saja yang menyukai cita rasa pedas. Sensasi rasa ketika menyantap masakan ini ialah rasa pedas yang dominan di mulut, namun disertai pula dengan cita rasa gurih rempah-rempah dan ikan di dalam mulut. Sungguh pengalaman yang sangat luar biasa ketika bisa menyantap masakan khas China ini.

4. Aneka olahan Sate

jajanan-sate-di-shenzhen

Tidak hanya Indonesia saja yang memiliki tradisi memasak sate. Di luar negeri seperti China, juga ada tradisi memasak makanan dengan cara disate.

Makanan halal di Shenzen selanjutnya yang kami rekomendasikan kepada anda ialah aneka olahan sate seperti sate yang terbuat dari udang, ikan cumi, bakso ikan, daging ayam, sate sosis, dan lain sebagainya.

Aneka olahan sate ini umumnya bisa dijumpai di area street food, sehingga anda bisa membelinya kapan saja anda mau ketika menjumpai street food selama perjalanan liburan anda. Tips jalan-jalan ke China yang kami sarankan untuk anda ialah jangan lewatkan kesempatan merasakan sensai berbelanja oleh-oleh khas Cina dengan jajanan street foodnya.

Harga sate di street food rata-rata dijual dengan harga 8 yuan sekitar IDR 10 ribu satu paket di mana anda bebas memiliki empat macam tusuk sate dengan harga tersebut. Setelah itu, anda bebas membakarnya sendiri di lokasi. Bisa juga memilih yang sudah matang.

5. Dimsum

dim-sum

Ke China tanpa makan dimsun? Waw, itu adalah sebuah keganjilan yang nyata, sebab China sangat terkenal dengan dimsumnya. Kalau di Indonesia anda pernah makan dimsun ketika mampir ke warung makan khusus makanan China, maka sebaiknya luangkan kesempatan untuk mencicipi dimsun asli buatan orang China di salah satu restoran di kota Shenzen.

Anda akan mendapatkan pengalaman unik dan berbeda ketika bisa merasakan masakan dimsum langsung di negaranya. Ada beragam cita rasa dimsum yang sejauh ini diketahui telah ditawarkan oleh warga China kepada wisatawan dan juga warga lokal.

Cita rasa unik itu antara lain dimsum yang terbuat dari bubur taro, lobak, akar bambu muda, lumpia, sampai pangsit bebek. Anda bisa pesan dimsum satu paket lengkap dengan minumannya yang berupa teh poci.


6. Nasi goreng Guangdong

nasi-goreng

Di China, masakan andalan yang juga digemari oleh pendatang, pelancong, dan juga warga lokalnya ialah nasi goreng.

Di kalangan wisatawan indonesia, nasi goreng yang enak ialah nasi goreng Guangdong, yakni nasi goreng yang dijual di kawasan Guangdong China.

Akan tetapi, kalau anda sedang berada di Shenzen, anda pun masih bisa menjumpai Nasi Goreng. Jadi mampirlah ke salah satu penjual nasi goreng.

Coba rasa sensasinya yang berbeda ketika menyantap nasi goreng di kota Shenzen dengan ketika sedang berada di Indonesia. Keduanya pasti berbeda.

Oh iya, penyajian nasi goreng di China umumnya menggunakan mangkuk dan sumpit, jadi jangan kaget kalau anda terpaksa harus makan nasi goreng pakai sumpit. Cobalah berlatih di rumah supaya anda terlatih untuk menggunakannya selama berwisata di kota Shenzen.

Rekomendasi restoran halal di China

Anda mungkin mencari-cari restoran yang menyediakan masakan halal di Shenzen dan China pada umumnya. Berikut ini kami sajikan daftar restoran halal untuk anda.

, , ,
Post Date: Friday 19th, October 2018 / 08:58 Oleh :
Kategori : Tiongkok