10 Makanan Khas Guangzhou Yang Wajib Di Cicipi Wisatawan

Guangzhou  merupakan sebuah kota di Cina yang cukup terkenal. Selain sebagai ibu kota provinsi Guangdong, kota yang satu ini juga merupakan kota terbesar ketiga setelah Shanghai dan Beijing. Tentunya kota ini juga menarik untuk Tempat Wisata Di China. Dan salah satu kegiatan khas wisata yang dilakukan di Guangzhou adalah wisata kuliner. Sebelumnya sudah dibahas mengenai beberapa Makanan Ringan Khas Taiwan. Kali ini akan dibahas beberapa jenis makanan khas Guangzhou yang menarik untuk dicicipi.

1. Dim Sum

Dim SumYang namanya dim sum, pasti sudah tidak asing lagi di telinga Anda. Karena dim sum sendiri sudah cukup banyak tersebar di negara selain Cina. Namun menikmati dim sum langsung di negara asalnya tentu akan sangat menarik.

Anda bisa mencicipi sajian dim sum kanton yang kabarnya merupakan dim sum yang paling enak. Salah satu restoran yang terkenal di Guangzhou dan menjual aneka varian dim sum adalah Panxi Restaurant.

Di sana da kurang lebih 1.000 jenis dim sum yang menggugah selera. Mulau dari udang dumpling, bihun roll kukus, dan sebagainya. Dim sum ini memiliki tampilan yang kecil namun tetap sedap dipandang mata.

2. Yuntun Mian

Yuntun MianJika mendengar nama makanan khas Guangzhou yang satu ini, mungkin Anda bertanya-tanya jenis makanan apakah itu. Makanan ini sebenarnya tidak asing di telinga Anda karena makanan ini mirip dengan mie pangsit.

Yuntun Mian adalah mie pangsit yang original atau otentik yang bisa Anda temui di kota Guangzhou. Ada beberapa tempat terbaik untuk mencicipi yuntun mian, yaitu Renmin Lu dan Xihua Lu. Di sana ada banyak tempat makan yang menjual yunyun mian.

Selain itu, ada salah satu restoran yang terkenal sebagai restoran yang menjual yuntun mian terbaik di Guangzhou. Namanya adalah Restoran Ouchengji. Restoran ini sudah ada sejak 1940-an.

3. Shuang Pi Nai

Shuang Pi NaiBosan dengan makanan berat seperti mie pangsit, Anda bisa mencoba makanan ringan khas dari Guangzhou. Nama salah satunya adalah Shuang Pi Nai. Makanan ini terbuat dari susu dan telur.

Susu direbus dan bagian atasnya akan dilapisi penutup yang dibuat dari telur dan susu. Penutup tersebut teksturnya lebih padat. Makanan ini terlihat seperti bubur jika di Indonesia.

Rasanya manis dan lembut. Selain itu karena terbuat dari makanan sehat, Shuang Pi Nai tentu saja juga sangat sehat untuk dikonsumsi.


4. Jidi Zhou

Jidi ZhouMakanan khas Guangzhou lainnya yang bisa ditemukan adalah Jidi Zhou. Makanan ini sangat terkenal di Guangzhou dan bentuknya adalah bubur. Banyak yang menyebutnya bubur Jidi.

Namun makanan ini menggunakan bahan baku daging babi, seperti usus babi, hati babi, dan sebagainya. Sehingga Anda yang  beragama islam sebaiknya berhati-hati dalam membeli makanan di negeri yang mayoritas penduduknya tidak beragam islam.

Bagi Anda yang bukan orang islam dan penasaran dengan rasa Jidi Zhou, makanan ini bisa Anda temukan di beberapa tempat makan terkenal. Misalnya Restoran Wuzhanji. Restoran ini pernah mendapat penghargaan Chinese Famous Food.

5. Chang Fen

Chang FenMakanan di Guangzhou memang cukup beragam. Selain mie, bubur, dan makanan ringan, Anda juga bisa mendapati kuliner Chang Fen yang sering dijumpai di semua night market atau teahouse di Guangzhou.

Cang Fen adalah makanan khas dari Cina di bagian selatan. Sehingga jika Anda kebetulan sedang berkunjung ke Hong Kong, makanan ini mungkin akan ditemkan di sana sebagai salah satu Wisata Kuliner Di Hong Kong. Sebenarnya makanan ini adalah variasi dari makanan kanton.

Kadang, makanan ini juga disajikan bersama dim sum, atau sebagai variasi lain dari dimsum. Makanan ini juga memiliki banyak varian isi. Sebaiknya Anda membeli Chang Fen dengan berhati-hati juga. Pastikan makanan Anda halal jika Anda adalah seorang muslim.

6. White Cut Chicken

White Cut ChickenMakanan khas Guangzhou lainnya adalah White Cut Chicken atau sering juga dikenal dengan nama baiqie chicken. Seperti namanya, makanan ini terbuat dari ayam. Ayam ini akan dididihkan dan tidak diberi bumbu.

Sehingga Anda akan menyantab ayam yang benar-benar original. Keunikan dari makanan ini adalah jenis ayam yang digunakan. Karena ayam yang digunakan harus ayam lokal dengan berat tertentu.

Tidak sembarang ayam yang bisa disajikan sebagai White Cut Chicken. Memasak ayam ini juga dilakukan dalam takaran waktu tertentu. Walau tidak diberi bumbu saat memasaknya, Anda tetap bisa mendapatkan sambal khas, seperti dari jahe atau dari daun bawang.

7. Dinghu Shangsu

Dinghu ShangsuJika Anda ingin menemukan makanan vegetarian selama berlibur ke Guangzhou, Anda tentu bisa mendapatkannya. Salah satu makanan vegetarian yang terkenal adalah Dhinghu Shangsu.

Makanan yang satu ini adalah makanan tradisional yang berasal dari Kuil Qingyun. Kuil ini ada di Zhaoqing City. Makanan ini diwariskan sejak lebih dari 100 tahun yang lalu. Sehingga bisa dikatakan bahwa makanan ini sangat legendaris.

Makanan ini ditata dengan baik dan akan menggugah selera makan Anda. Karena makanan ini dibuat dari bahan-bahan alami dari tumbuh-tumbuhan, tentu akan sangat bernutrisi dan bermanfaat secara kesehatan.

8. Huangpu Egg

Huangpu EggMakanan khas Guangzhou Cina berikutnya adalah Huangpu Egg. Makanan ini terbuat dari telur sebagai bahan utamanya. Nama makanan ini diambil dari nama daerah di kota Guangzhou, yaitu Huangpu. Karena makanan ini memang berasal dari Huangpu.

Huangpu Egg dibuat pertama kali oleh keluarga nelatan sekitar tahun 1930-an yang lalu. Telur ini dimasak dengan baik dan menghasilkan tekstur yang lembut. Rasanya manis namun tetap enak.

Bagi pecinta makanan olahan dari telur, Anda akan penasaran mencicipi makanan khas dari Guangzhou yang satu ini. Selain itu makananini juga unik karena telur yang digunakan adalah telur ayam yang hanya diberi makan udang dan ikan.

9. Taiye Chicken

Taiye ChickenTaiye Chicken atau yang juga dikenal dengan sebutan Tai Ye Ji merupakan salah satu makanan di Guangzhou yang khas. Makanan ini berasal dari Dinasti Qing. Sedangkan nama Taiye sendiri diambil dari pemimpin kuno dari Dinasti Qing tersebut.

Ayam akan dimasak dengan direbus hingga matang 90% bagiannya. Rebusan itu dilakukan di dalam kuah yang asin. Setelah itu ayam akan diasapi dengan daun teh hitam dan juga madu.

Barulah setelah diasapi dengan madu dan daun teh hitam, atam akan didinginkan dan diiris. Ayam akan disajikan dengan sup khusus. Sehingga rasa ayam Taiye ini memang akan sangat enak dan cukup tradisional.


10. He Fen

He FenMakanan lainnya dari Guangzhou dan merupakan makanan khas kota ini adalah He Fen. Makanan He Fen adalah makanan yang terbuat dari mie yang dibuat dari bahan dasar beras di Tianhe.

Makanan ini banyak disajikan dalam makanan kanton. Keunikan mie He Fen jika dibandingkan dengan mie lain adalah teksturnya yang lebih licin. Selain itu mie ini lebih kenyal dan lebih elastis.

Untuk memasaknya, He Fen bisa dimasak dengan berbagai macam cara. Bisa dengan dikukus, ditumis, atau dengan cara apapun. Cukup mudah menemukan He Fen di Guangzhou Cina.

Demikianlah beberapa jenis makanan khas Guangzhou yang menarik untuk dicicipi saat berwisata ke sana. Namun pahamilah bahwa tidak semua makanan yang ditulis di atas bisa untuk dimakan semua orang. Mengingat ada juga jenis makanan yang tidak halal untuk wisatawan muslim. Maka dari itu, Anda yang beragama islam sebaiknya sangat selektif dalam masalah makanan ini. Jika Anda sedang berada di Cina, jangan lupa juga berkunjung ke Tempat Wisata Di Hangzhou atau Tempat Wisata di Guilin China dan lainnya. Semoga bermanfaat.

, , , ,
Post Date: Thursday 19th, July 2018 / 02:42 Oleh :
Kategori : Tiongkok