9 Makanan Khas Singapura Yang Halal Dan Tempat Membelinya

Singapura merupakan negara terdekat dari Indonesia yang menarik untuk wisata. Sehingga tidak heran jika setiap tahunnya wisatawan dari Indonesia terus meningkat. Namun Singapura bukanlah negara mayoritas muslim, walaupun ada sebagian penduduknya yang beragama Islam. Oleh karena itu dalam wisata kuliner, Anda perlu memilih tempat makan dan makanan yang benar-benar aman untuk dikonsumsi. Walau demikian, ada beberapa makanan khas Singapura yang halal dan bisa ditemukan di beberapa restoran halal. Berikut di antaranya.

1. Hainanese Chicken Rice

Hainanese Chicken RiceSalah satu kegiatan Jalan-Jalan Ke Singapura Dengan Anak yang menarik adalah wisata kuliner. Dan makanan yang wajib dicoba jika Anda berkunjung ke Singapura adalah Hainanese Chicken Rice. Makanan ini dibuat dari ayam yang dikukus dan kemudian disajikan dengan nasi.

Rasa makanan ini sangat khas Singapura, dan merupakan salah satu makanan favorit penduduk Singapura itu sendiri. Hainanese Chicken Rice banyak dimakan saat makan siang, sebagai makanan utama.

Walau terbuat dari ayam, tidak semua Hainanese Chicken Rice yang dijual di Singapura Halal. Namun Anda bisa mendapatkan Hainanese Chicken Rice yang halal di tempat makan halal. Misalnya di Evertop Hainanese Boneless Chicken Rice.

2. Chilli Crab

Chilli CrabMakanan khas Singapura yang halal berikutnya adalah chilli crab. Chilli crab dibuat dari bahan utama kepiting cangkang keras yang dimasak dengan saus khusus yang berbahan dasar tomat.

Makanan ini sangat cocok untuk para penggemar seafood. Kepiting dikukus terlebih dahulu hingga sebagian cangkangnya retak. Kemudian baru dibumbui dengan saus khusus. Walau namanya adalah chilli crab, namun makanan ini tidak begitu pedas. Dan walau dibuat dari bahan kepiting yang halal, tidak semua chilli crab di Singapura halal.

Beberapa tempat makan halal yang bisa Anda kunjungi untuk mencicipi chilli crab antara lain Home of Seafood, Chai Chee Seafood Restaurant, dan Sembawang Eating House Seafood Restaurant.

3. Laksa

LaksaTips Ke Singapura Pertama Kali adalah mencicipi makanan khasnya. Makanan selanjutnya yang khas Singapura dan bisa dicicipi secara halal adalah laksa. Laksa merupakan sup mie pedas yang berasal dari masakan peranakan Cina – Melayu. Makanan ini dibuat dari mie beras serta aneka daging.

Jenis daging yang digunakan bisa bermacam-macam,mulai dari ayam, ikan, dan udang. Mie dan daging ini kemudian disajikan dalam kuah santan yang kaya akan rasa pedas dan asam. Makanan ini enak juga dinikmati dengan kerupuk.

Laksa banyak dijual di Singapura. Tentunya tidak semuanya halal. Beberapa tempat makan yang menjual laksa halal antara lain Aquamarine, Rocky Master, Qiji, Ma Mum, Laksania, Laksaamana, Heavenly Wang, dan 1983 A Taste of Nanyang.


4. Fish Head Curry

Fish Head CurryMakanan khas Singapura yang halal lainnya adalah fish head curry. Makanan ini dibuat dari kepala ikan yang dimasak dengan bumbu kari. Makanan ini adalah peranakan dari makanan India Selatan ang masuk ke Singapura.

Saat ini fish head curry menjadi salah satu Makanan Enak Di Singapore yang terkenal dan menarik juga untuk dicicipi. Hidangan ini adalah hidangan yang lezat, terutama untuk Anda yang suka makan kepala ikan.

Jika Anda ingin mencobanya, salah satu tempat makan yang halal dan menyediakan menu fish head curry antara lain Zam Zam Restaurant, The Singapore Curry bu Velu’s, Samy’s Curry, dan Springleaf Prata Place.

5. Indian Rojak

Indian RojakIndian rojak tidak jauh berbeda dengan rujak di Indonesia. Ya, makanan khas berbumbu kacang ini memang ada di beberapa negara Asia Tenggara. Selain Indonesia, Singapura pun memiliki rojak sebagai salah satu makanan populer mereka.

Makanan ini bisa dicoba untuk mencicipi varian rujak di negara tetangga. Karena walaupun sama, tentu cita rasa yang dihadirkan akan cukup berbeda. Apalagi rojak di Singapura adalah makanan peranakan India, yang menggunakan rempah-rempah khas India.

Isi rojak ini bisa berupa gorengan, kentang, udang, dan tentunya saus rujak yang asam, manis, pedas. Anda bisa mendapatkan Indian rojak yang halal di beberapa tempat makan, seperti Adhus Salam Rojak, Al Mahboob Rojak, dan Haib’s Rojak.

6. Sup Tulang Merah

Sup Tulang MerahMakanan khas Singapura yang halal berikutnya yang layak untuk dicoba adalah sup tulang merah. Seperti namanya, makanan ini berwarna merah dan dibuat dari saus dan tulang-tulang yang berdaging lembut.

Anda yang suka dengan sumsum tulang pasti akan menyukai makanan ini. saus merah yang dimasak ini memiliki rasa manis, pedas, dan juga asin. Biasanya sup tulang merah ini disajikan juga dengan roti.

Beberapa tempat makan halal yang menjual sup tulang merah antara lain Haji Kadir & M Baharudeen Sup Tulang. Atau bisa juga membelinya di M A Deen Biasa yang terdapat di Golden Mile Food Centre. Ada lagi Al Azhar.

7. Satay

SatayKarena Indonesia dan Singapura memang berdekatan, tidak heran jika makanan khas Singapura juga menjadi makanan khas Indonesia. Salah satu yang terkenal adalah satay, yang di Indonesia lebih kental dengan artikulasi sate.

Satay adalah makanan terbaik dunia yang sudah tidak asing lagi di lidah nusantara. Anda yang suka dengan sate bisa mencicipi satay Singapura. Sama seperti di Indonesia, satay di Singapura juga diberi bumbu kacang dan dipanggang.

Anda bisa mendapatkan satay yang halal dengan daging ayam atau daging sapi. Beberapa tempat makan halal yang menyediakan menu ini antara lain Best Satay, Fatman Satay, Haron Satay, Jumain Satay, Lina Satay Club, Salam Satay, Satay Power, Warong Satay, The Satayhood, dan masih banyak lainnya. Anda bisa mencari yang dekat dengan Tempat Wisata Di Singapura.

8. Kaya Toast

Kaya ToastMakanan khas Singapura yang halal selanjutnya adalah Kaya Toast. Kaya Toast merupakan salah satu alternatif makanan untuk sarapan yang ringan namun lezat. Kaya Toast merupakan sejenis roti yang disajikan bersama kopi dan teh hangat di pagi hari.

Roti ini biasanya juga disajikan bersama selai kaya dan mentega. Roti kaya dimasak dengan arang. Kemudian selai dan mentega digunakan untuk memberi rasa. Selai ini sendiri dibuat secara tradisional menggunakan gula, pandan, telur, dan juga santan. Orang Indonesia pasti akan menyukainya karena menggunakan bahan-bahan ala nusantara.

Anda bisa mendapatkan kaya toast yang halal di beberapa tempat makan, misalnya PappaMia dan Heavenly Wang.


9. Prata

PrataPrata merupakan sejenis pancake yang disajikan dengan aneka bahan. Bisa dengan kari, ikan, daging, atau sayuran. Makanan ini merupakan salah satu makanan peranakan dari India.

Dulu, prata dimasak secara tradisional. Namun semakin modern, ada juga beberapa jenis prata yang mulai menggunakan bahan-bahan baru seperti kacang merah, cokelat, keju, jamur, pisang, dan sebagainya.

Beberapa tempat terkenal untuk mendapatkan prata halal antara lain Springleaf Prata Place, Causarina Curry, dan Prata Wala. Namun selain ketiga tempat ini masih banyak tempat halal lainnya seperti Al Azhar, Al Tasneem, Curry Times, Jalan Kayu Prata Cafe, Khan Saab Restaurant, Prata Raya, Srisun Prata, dan lain-lain.

Demikianlah beberapa makanan khas Singapura yang halal beserta tempat makan yang bisa dikunjungi untuk mencicipinya. Ketahui juga beberapa Oleh Oleh Khas Singapura yang bisa dibeli sebelum kembali ke tanah air. Semoga penjelasan di atas bermanfaat untuk Anda, khususnya yang suka wisata kuliner.

, , ,
Post Date: Thursday 27th, September 2018 / 03:09 Oleh :
Kategori : Singapura