6 Tips Backpacker Ke Jepang Yang Wajib Diketahui

Jepang merupakan salah satu negara tujuan wisata terkenal di Asia Timur. Jepang memiliki kebudayaan lokal yang menarik dan berpadu sempurna dengan berbagai budaya populer masa kini. Banyak tempat wisata di Jepang yang bisa kamu kunjungi. Mulai dari Tokyo Disney Sea di Tokyo, kuil terkenal Fushimi Inari Taisha, Akuarium Osaka Kaiyuka, dan masih banyak lagi. Jepang memiliki berbagai situs bersejarah dan area-area budaya populer menarik seperti di Harujuku dan Akhibara.

Selain berbagai tempat wisata menariknya, makanan khas Jepang juga merupakan salah satu daya tarik wisata kuliner di negara satu ini. Banyak pula tempat-tempat tradisional untuk disinggahi seperti ryokan, hotel tradisional Jepang. Jangan lupa mencoba onsen-onsen terkenal di Jepang.

Bagi kamu para backpacker ke Jepang yang menyukai petualangan dan liburan murah, hal tersebut dapat diwujudkan. Dengan persiapan dan perencanaan liburan yang tepat, anda bisa menikmati liburan ala backpacker yang murah. Berikut beberapa tips backpacker ke Jepang yang perlu anda ketahui.

1. Memilih penginapan yang tepat.

tipsjepang.1Hal pertama ynag perlu anda perhatikan adalah menentukan akomodasi yang nyaman dan sesuai dengan budget. Tersedia berbagai macam penginapan di jepang yang bisa anda pilih sesuai harga dan kebutuhan. Berikut beberpa pilihannya.

  • Youth Hostel

Anda yang sudah hobi liburan ala backpacker keluar negeri pastinya tidak asing dengan istilah hostel. Hostel adalah penginapan khusus wisatawan dengan harga miring karena anda harus berbagi dengan banyak wisatawan lainnya. Di Jepang ada yang namanya Youth Hostel, sebuah forum penginapan hostel di Jepang. Semua hostel yang masuk di Youth Hostel dijamin nyaman, aman, dan layak untuk anda singgahi. Anda bisa menemukan forum Youth Hostel dengan mengakses Hihostel.

  • Minpaku

Minpaku merupakan sejenis dengan homestay, dimana anda bisa tinggal di pemukiman Jepang dengan menyewah kamar milik penduduk Jepang. Namun Minpaku memiliki pilihan yang lebih beragam lagi, bisa disesuaikan dengan budget. Anda bisa memilih rumah penduduk di daerah pertanian, villa, hingga apartemen. Anda juga bisa menginap dengan beberapa teman untuk menghemat biaya. Selain bisa dapat peninapan sesuai kebutuhan, kamu juga bisa melihat kebudayaan Jepang langsung dari kehidupan penduduk lokalnya. Anda bisa mengakses Stay Japan untuk melihat pilihan minpaku.

  • Bandara Kansai

Cara liburan murah ke Jepang bisa anda dapatkan dengan mencari penginapan gratis. Bandara Kansai memperbolehkan para wisatawan mancanegara untuk tidur di area bandara. Anda tidak perlu malu jika memang ingin menekan budget, tidur di Bandara Kansai sudah menjadi hal biasa bagi para backpacker. Bandara Kansai memang memaklumi para backpacker ke Jepang yang membutuhkan tempat istirahat gratis. Anda bisa tidur di kursi-kursi di bandara bahkan di lantai bandara.


2. Membeli IC Card.

tipsjepang.2Banyak engara di luar negri yang telah menggunakan sistem kartu berbayar untuk bisa menggunakan fasilitas transporatasi umum. Selain praktis dan tidak perlu mengatri beli tiket, jiak diakumulasikan biaya yang dikeluarkan relatif murah. Jepang juga menggunakan sistem kartu untuk menggunakan fasilitas keretanya.

Saat jalan-jalan ke Jepang, anda wajib membeli IC Card. IC Card adalah “kartu ajaib” yang bisa mengantar kamu keliling Jepang dengan kereta. Kartu ini perlu diisi ulang dengan saldo uang. Pastika anda tahu kapan harus mengisi ulan. IC Card bisa dibeli di stasiun kereta dan bandara.

Ada berbabgai jenis IC Card, namun dua terpopuler adalah Suica dan Pasmo. Karena kedua kartu tersebut bisa digunakan di stasiun-stasiun kereta besar di area wisata populer.

3. Sewa Wifi.

tipsjepang.3Akses internet merupakan hal esensial bagi para backpacker ke Jepang. Internet dibutuhkan untuk mencari lokasi tertentu dan sebagai petunjuk arah. Bagi para backpacker muslim, and juga pasti butuh browsing restoran halal di Jepang sebelum memutuskan untuk langsung ke restoran. Beberapa transporatsi umum di Jepang juga perlu diketahui jadawalnya melalui website resmi stasiun.

Jika hanya mengandalkan paket internet data dengan pulsa, bisa-bisa biaya untuk internet dan pulsa anda membengkak. Di Jepang, anda bisa menyewa wifi portable yang praktis dan hemat biaya. Anda bisa menyewa wifi portable di Ninja Wifi. Pemesan bisa dilakukan secara onlin lalu mengambil wifi portable di counter terdekat. Beberapa counter Ninja Wifi berada di bandara.

Biaya sewa wifi portable ini sekitar 810 Yen (sekitar Rp 100.000) dan bisa digunakan oleh 10 device. Jadi akan lebih murah jika kamu sewa bersama rombongan teman-teman kamu.

4. Kunjungi tempat wisata gratis.

tipsjepang.4Banyak tempat wisata di Jepang memiliki tarif tiket yang mahal, tapi tak sedikit yang gratis. Jepang terkenal dengan kuil-kuilnya yang indah dan menyatuh dengan aam meski berada di tengah kota sekalipun. Ada kuil-kuil pada umumnya tidak memungut biaya tiket masuk untu warga lokal maupun para wisatawan seperti anda.

Situs bersejarah lainnya di Jepang yang indah juga bisa anda kunjungi tanpa biaya tiket masuk. Salah satunya adalah Tokyo Imperial Palace. Istana ini merupakan kastil tradisional Jepang dengan taman dan kolam yang indah. Namun, tempat wisata ini hanya bisa didatangi pada tanggal 23 Desember dan tanggal 2 Januari.

Mengunjungi hutan-hutan dan tempat wisata alam di Jepang jug bisa menjadi pilihan tempat wisata gratis. Wisata alam sangat cocok bagi anda backpacker ke Jepang yang suka berpetualang dan mengunjugi tempat-tempat baru.

5. Berlibur ke Jepang pada musim yang tepat.

tipsjepang.5Jepang adalah negara Asia yang memiliki empat musim dengan pesona masing-masing setiap bulannya. Kunjungi Jepang pada musim yang tepat untuk melihat fenomena tertentu yang ingin kamu saksikan. Berjalan-jalan di taman-taman di Jepang dengan bunga sakura yang bermekaran merupakan impian sebagaian besar wisatawan mancanegara. Untuk melihat bunga sakura, kunjungi Jepang musim semi pada bulan Maret hingga Mei.

Ingin menikmati atmosfer festival di Jepang? Kunjungi Jepang saat musim panas pada bulan Juni hingga Augustus. Kunjungi pasar festival di pemukiman warga dengan berbagi kedai makanan khas Jepang yang lezat dan pertunjukan kembang api pada malam hari.


6.  Mengetahui cara makan yang benar di restoran Jepang.

tipsjepang.6Jepang terkenaldengan budaya tradisionalnya yang masih dijunjung meski para penduduknya telah memiliki gaya hidup modern. Cara makan di Jepang juga memiliki ketentuannya sendiri. Salah bersikap, anda bisa dinilai tidak sopan di tempat umum. Berikut beberapa tata cara makan di Jepang yang perlu anda ketahui.

  • Laki-laki diperbolehkan makan dengan lahap memakai sumpit dan menyeruput hingga berbunyi. Hal tersebut dianggap bentuk kepuasan akan makanan yang lezat. Namun perempuan harus makan dengan tenang tanpa suara.
  • Dilarang menusukan sumpit pada makanan atau mangkuk nasi anda.
  • Letakan sumpit pada tempat sumpit yang biasanya telah disediakan oleh restoran.
  • Jika ingin berbagi makanan, jangan memberikan dan menerima langsung dari sumpit. Ambil makanan dengan sumpit lalu langsung letakan makanan pada mangkung orang yang ingin diberi.
  • Orang Jepang tidak mencampur lauk, kuah, dan nasi saat makan.

Itu tadi beberapa tips Backpacker Ke Jepang yang perlu anda ketahui. Semoga bermanfaat dan selamat berlibur.

, , , ,
Post Date: Monday 16th, July 2018 / 02:51 Oleh :
Kategori : Jepang