8 Tips Jalan-Jalan Ke Vietnam Murah Tanpa Tour Guide

Vietnam merupakan salah satu negara wisata populer di Asia Tenggara. Banyak tempat wisata di Vietnam yang bisa anda kunjungi. Mulai dari War Remanants Museum di tempat wisata di Ho Chi Minh, hingga wisata alam Danau Hoan Kiem di Hanoi. Tempat-tempat wisata di Vietnam memiliki banyak kisah sejarah serta menyimpan keindahan alam tropis khas Asia Tenggara. Negara ini juga populer sebagai destinasi wisata karena jalan-jalan hemat ke Vietnam cukup populer di kalangan backpacker mancanegara.

Banyak pilihan fasilitas berlibur di Veitnam bagi anda yang memiliki budget minim dan lebih suka berpetualang sendiri dari pada mengandalkan tour guide. Anda bisa memilih penginapan yang sesuai dengan kantong dan makan makanan khas Vietnam dengan harga murah.

Berikut beberapa tips jalan-jalan ke Vietnam murah tanpa tour guide yang bisa anda coba.

1. Menginap di Hostel

tipsvietnam.2Sama halnya solusi untuk liburan murah di Eropa Barat, Vietnam juga menyediakan berbagai Hostel yang bisa kamu singgahi selama berlibur di negara Asia satu ini. Selain menghemat biaya, anda juga bisa bertemu dengan wisatawan dari negara-negara lain yang juga menginap di Hostel yang sama dengan anda.

Bagi kamu yang suka bersosialisasi dan bertemu dengan orang-orang baru, Hostel bisa jadi tempat penginapan menyenangkan bagi kamu para backpacker ke Vietnam. Namun, jika anda membutuhkan privasi, ada pula hostel yang menyediakan kamar khusus pasangan atau singel bedroom jika anda sedang berlibur sendirian.

Masih terbilah murah, namun lebih mahal dari kamar Hostel yang harus berbagi.

2. Mencoba Kuliner Vietnam di Kedai Kecil

tipsvietnam.1Makanan khas Vietnam merupakan salah satu daya tarik wisata kuliner saat sedang jalan-jalan ke Vietnam. Banyak makanan-makanan Vietnam yang di dominasi dengan sayuran, daging , sayuran, yang memiliki rasa gurih namun menyegarkan.

Kota wisata seperti Hanoi dan Ho Chi Minh merupakan tempat dimana anda dapat mencicipi berbagai makanan lezat Vietnam. Beberapa makanan khas Vietnam yang wajib anda coba diantaranya, Banh Mi, Mie Pho, Spring Roll khas Vietnam, dan Banh Xeo.

Coba kunjungi kedai-kedai kecil atau bakul makanan pinggir jalan di Vietnam. Beberapa tempat makanan populer di Vietnam justru bisa anda temukan di kedai-kedai kecil di gang Ho Chi Minh. Harga perposinya pun dijamin murah. Jauh lebih murah jika dibandingkan dengan makanan Vietnam yang beli di restoran.

3. Menawar Harga Ketika Sedang Belanja di Pasar Tradisional.

Dengan budget minim, anda masih bisa membawa pulang souvernir khas Vietnam jika anda pandai menawar. Ada berbagai oleh-oleh Vietnam yang bisa anda beli seperti berbagai kerajinan tangan asli Vietnam. kaos, pernak-pernik, dan masih banyak lagi. Kunjungi pasar-pasar tradisional dan gunakan keahlian menawar anda. Biasanya para pedangan akan memberikan harga lebih tinggi jika tahu bahwa anda wisatawan asing. Jangan ragu menawar harga hingga 75% persen lebuh rendah dari harga yang ditawarkan.


Jika anda masih tidak cocok dengan harga yang ditawarkan, anda bisa menolak dengan sopan dan cari pedagang lainnya. Siapa tahu anda akan dipanggil lagi dan mendapatkan sesuai dengan harga yang anda tawar.

4.  Kunjungi Tempat Wisata Gratis.

tipsvietnam.3Banyak tempat wisata saat jalan-jalan ke Vietnam murah yang tidak memungut biaya, khususnya untuk situs bersejarah. Banyak tempat bersejarah bebas biaya tiket masuk yang bisa dikunjungi seperti Ho Chi Minh Mausoleum di Hanoi, Notre Dame Cathedral, dan Saigon Central Post Office di Ho Chi Minh, dan masih banyak lagi situs-situs bersejarah lainnya dengan arsitektur menawan untuk dilihat.

Bahkan taman-taman dan kuil-kuil di Vietnam juga bisa menjadi tempat wisata yang menarik bagi anda yang baru pertama kali mengunjungi Vietnam. Pastikan cari tahu informasi umum tentang tempat wisata yang ingin anda kunjungi agar tidak tertipu. Beberapa orang asing biasanya akan memungut biaya tiket utnuk mendapatkan keuntungan bagi dirinya sendiri.

5. Jelajahi Kota Dengan Berjalan Kaki.

Banyak pilihan transportasi yang bisa anda manfaatkan di Vietnam, mulai dari taxi, bus, hingga transportasi berbasis online. Jika anda ingin menekan budget lebih lagi, jalan kaki selama menjelajahi sebuah kota di Vietnam bisa menjadi pilihan. Akses jalan kaki di Vietnam cukup nyaman bagi para pejalan kaki. Ada baiknya juga anda membawa peta kota yang tersedia di bandara, hotel, dan kantor pusat layanan wisata yang berlokasi di sekita kamu.

Bawa air mineral dan snack sebagai energi anda selama melakuakn penjelajahan seru dengan berjalan kaki. Jangan lupa kenakan topi, kacamata hitam, serta pakaian dan alas kaki yang nyaman. Perhatikan pula langkah anda saat sedang menyebrang jalan, kendaraan-kendaraan warga lokal di Vietnam biasanya melaju cukup kencang.

6. Memahami Mata Uang Vietnam.

Sekalimpun Vietnam merupakan tempat wisata dengan warga lokal yang ramah, masalah peniupan masih marak di kalangan turis mancanegara. Masih ada pedagang yang tidak akan memberikan kembalian dengan benar saat and membeli sesuatu di tokonya, karena anda kurang memahami mata uang Vietnam. Pastikan anda paham hitungannya dan cerdas saat berbelanja.

Hati-hati pula saat melakukan penarik di ATM, karena biasanya ada biaya tambahan yang akan langsung memotong saldo di rekening anda. Hal ini cukup esensial bagi anda yang ingin jalan-jalan ke Vietnam karena budget minim.

7. Manfaatkan Bus Malam.

Tidak mungkin anda hanya akan menetap pada satu kota selama berlibur di Vietnam, bukan? Banyak kota-kota indah yang bisa anda kunjung di Vietnam yang bisa anda kunjungi. Jika jalan kaki merupakan solusi untuk keliling kota tanpa biaya transportasi, bus malam bisa menjadi solusi untuk perjalan jauh antar kota.

Rata-rata perjalanan antar kota yang populer sebagai tempat wisata memakan waktu selama 8 jam. Dengan memilih bus malam sebagai transportasi, anda bisa mendapatkan hara murah sekaligus menghemat biaya penginapan semalam. Trik satu ini juga biasanya diterapkan para backpacker saat berlibur di negara-negara lain. Carilah bus yang cukup nyaman agar bisa tidur nyenyak selama perjalanan.


8. Kunjungi Distrik Backpacker.

tipsvietnam.5Terdapat distrik khusus backpacker di Vietnam yang akan menyediakan segala kebutuhan anda dengan harga miring.  Distrik ini merupakan daerah yang ramah pejalan kaki dan tersedia berbagai tempat yang bisa mendukung liburan anda di Vietnam.

Anda bisa nongkrong di sebuah bar dan cobalah meminum Bia Hoi, minuman keras paling murah di dunia. Anda juga bisa makan-makanan khas Vietnam di kedai-kedai pinggir jalan. Di distrik ini juga tersedia banyak hostel maupun hotel dengan harga murah dan fasilitas sepadan. Tak ketinggalan berbagai kantor tour agensi, siapa tahu tiba-tiba anda membutuhkan jasa tersebut.

Salah satu distrik backpacker paling terkenal di Vietnam terletak di Jalan Pham Ngu Lao di kota Ho Chi Minh. Lokasi ini juga dekat dengan pasar tradisional Ben Thanh yan terkenal. Itu tadi berbagai tips jalan-jalan ke Vietnam murah yang bisa anda coba. Semoga bermanfaat dan selamat berlibur!

, , ,
Post Date: Friday 13th, July 2018 / 03:48 Oleh :
Kategori : Vietnam