12 Souvenir Khas Taiwan Yang Wajib Dibawa Pulang

Souvenir khas Taiwan – Liburan ke Taiwan sangatlah menyenangkan, banyak tempat wisata di Taiwan yang menawarkan berbagai keunikan tersendiri. Banyak destinasi kota yang bisa anda pilih mulai dari mengunjungi bangunan tertinggi di Taiwan, 101 Taipei, mengunjungi tempat wisata di Taiyuan dan menikmati keindahan alamnya, serta berbagai tempat wisata sejarah dan budaya yang tersebar di seluruh Taiwan. Untuk anda yang baru pertama kali mengunjungi Taiwan bisa mempelajari beberapa tips jalan-jalan ke Taiwan, agar liburan anda lebih hemat dan menyenangkan.

Ketika mengunjungi Taiwan tak lengkap rasanya jika tak membeli oleh-oleh dari Negara ini. Ada banyak oleh-oleh yang bisa anda pilih, seperti oleh-oleh makanan khas Taiwan maupun berbagai barang antik yang bisa mengingatkan perjalanan anda saat mengujungi  ke berbagai tempat yang eksotis di Negara ini. Jika anda bingung souvenir apa yang khas dan bisa dibeli di Taiwan, langsung simak aja yuk Souvenir khas Taiwan berikut ini.

1. Batu Giok

GiokBatu giok atau kalau biasa kita menyebutnya dengan batu akik dapat dengan mudah kita temukan di Indonesia. Namun, Jika anda ingin membeli batu giok dengan kualitas terbaik di dunia, Taiwan lah tempatnya. Salah satu pasar terbaik untuk membeli batu Giok adalah di Pasar Jade di Jalan Jianguo South Bagian 1, Distrik Daan, Kota Taipei, Taiwan. Dimana di Pasar ini anda akan menemukan berbagai batu giok dalam segala bentuk dan ukuran seperti kalung, gelang dan lain sebagainya. Dan juga anda dapat memilih sesuai kualitas dari batu giok tersebut. Untuk mendapatkan batu giok dengan kualitas premium, tentunya anda juga harus merogoh kocek yang juga tidak sedikit.

2. Lampu lampion mini

lampionSetiap tahunya, Distrik Pingxi di New Taipei City mengadakan festival lampion yang menarik ribuan wisatawan untuk menyaksikanya. Festival Lampion di Pingxi ini merupakan salah satu festival yang paling dinantikan di Taiwan, dimana salah satu situs travelling popular dunia memasukkan festival ini kedalam daftar  10 destinasi terbaik yang wajib dikunjungi saat Musim Dingin.

Selain anda bisa menyaksikan festival nya, anda juga bisa membeli beberapa versi mini lampion ini untuk anda jadikan souvenit khas Taiwan yang unik. Anda bisa membelinya di Jalan Old Shifen di Pingxi  atau di Pasar Malam Ningxia di Jalan Ningxia, Distrik Datong, Kota Taipei. Souvenir ini dihargai sekitar NT $ 50 hingga NT $ 100.

3. Wayang Taiwan

Wayang-TaiwanWayang Taiwan, atau Budaixi merupakan wayang yang berbentuk boneka sarung tangan yang biasa digunakan untuk pertunjukan opera Cina. Pertunjukkan tradisional ini masih bisa anda saksikan di The  Taiyuan Asia Puppet Theater Museum di Datong District Taipei. Namun, sekarang pertunjukkan Budaixi juga sudah bisa anda saksikan di Televisi local dengan menggunakan berbagai efek khusus. Untuk membeli souvenir Wayang Taiwan ini, anda bisa pergi ke Chang Yi Fang Puppet Creation di  Yongkang Street, Kota Taipei. Atau bisa juga di Pusat Seni Wayang di Civic Blvd., Songshan., Taipei.


4. Simpul China

Simpul-ChinaSimpul Cina diperkirakan sudah ada sejak tahun 481SM. Souvenir ini juga sangat popular dan menjadi kerajinan dekoratif pada masa Dinasti Tang. Souvenir ini terdiri dari simpul dasar dan simpul gabungan, dan terdapat 14 jenis. Dan juga souvenir ini bisa anda temukan dalam berbagai warna, ukuran dan bentuk.

Berbagai jenis simpul memiliki arti simbolis yang berbeda. Sebagai contoh, simpul kupu-kupu menandakan keberuntungan dan berkah, simpul-simpul berbentuk Bagua berfungsi untuk mengusir roh jahat, simpul ikan kembar berdiri untuk hasil yang melimpah, dan simpul kumparan berulir kembar diyakini membawa kekayaan dan kemakmuran. Anda bisa membelinya di Taiwan Handicraft Promotion Center di Xuzhou Rd, Distrik Zhongzheng, Kota Taipei.

5. Lukisan Cina

lukisan-taiwanJika anda membicarakan Taiwan, tentunya tidak terlepas dari budaya China. Termasuk juga berbagai karya seninya seperti Lukisan Cina, yang dalam bahasa Mandarin disebut  Guohua. Souvenir khas Taiwan ini sangat cocok untuk anda jadikan kenang-kenangan dari perjalanan anda ke Taiwan. Ada banyak pilihan gambar yang bisa anda pilih. Selain itu, lukisan ini juga sangat praktis, karena di kemas dengan sangat baik dan mudah dibawa. Untuk membeli lukisan china ini, setidaknya anda harus merogoh kocek sebesar NT $ 300 ke atas. Anda bisa membelinya di di Taiwan Handicraft Promotion Center di Xuzhou Rd, Distrik Zhongzheng, Kota Taipei.

6. Payung Kertas Khas Taiwan

Payung-kertasBagi sejumlah penduduk etnis Taiwan Hakka, payung merupakan simbol kemakmuran dan nasib baik. Selain sebagai alat untuk melindungi dari hujan dan matahari, paying ini juga sering digunakan sebagai ritual masa pubertas untuk anak laki-laki, dan juga digunakan dalam upacara pernikahan.

Namun, sekarang payung tersebut lebih difungsikan sebagai barang-barang dekoratif yang unik dan kerena. Dan tempat paling terkenal di Taiwan untuk membelinya adalah dikota kecil Meinong di daerah selatan Kaohsiung. Selain itu, anda juga bisa membelinya di Huaxi Street Night Market dan Taiwan Handicraft Promotion Center yang juga menjual payung Kertas mini .

7. Sutra Taiwan

SutraKain Sutra Sudah ada sejak tahun 3630 SM dimana jalur perdaganganya juga disebut jalur sutra. Di Taipei, tempat terbaik untuk membeli pakaian sutra tradisional adalah di Pasar Pakaian Wufenpu  yang terdiri dari berbagai gang dan kios yang menjual berbagai 8.macam pakaian dan aksesoris.

Untuk mendapatkan kain sutra anda bisa membelinya dengan harga mulai dari NT $ 900. Selain itu, anda juga bisa membelinya di Pasar Yongle, di mana ada banyak pilihan warna dan desain kain sutra.

8. Typografi China

typografiTypografi China merupakan souvenir khas Taiwan yang juga sangat direkomendasikan. Souvenir ini dibuat dengan menggunakan teknik cetak khsusus tradisional Taiwan, dimana setiap karakter memiliki satu cetakan yang berbeda. Di Taiwan sendiri terdapat 10 juta karakter yang bisa anda cetak. Setiap bagian membutuhkan waktu sekitar satu jam untuk menyelesaikanya dan dengan biaya antara NT $ 3 hingga NT $ 50, tergantung ukuran dan desain. Selain itu, anda juga bisa mengikuti tur yang disediakan disini dan melihat koleksi dari berbagai cetakan tulisan yang terdapat disini.  Anda bisa datang langsung ke Rixing Type Foundry 13, Lane 97, Taiyuan Rd, Taipei City.

9. Peta Taiwan

Selain sebagai penunjuk arah agar anda tidak tersesat dan perjalanan anda lancar. Peta Taiwan juga bisa anda jadikan souvenir untuk dibawa pulang. Peta yang dibuat dengan menggunakan nama-nama Mandarin yang menunjukkan berbagai tempat paling populer di Taiwan akan mengingatkan anda akan kenangan indah saat berlibur ke Negara ini.

10. Kotak Musik Woonderful

Wooderful merupakan salah satu  merek mainan di Taiwan. Dimana merupakan mainan tradisional yang bisa anda jadikan souvenir untuk mengingatkan perjalanan anda.  Ada banyak bentuk yang bisa anda pilih, mulai dari kotak sederhana, hingga berbagai karakter kartun yang popular. Selain itu, anda juga bisa menyesuaikan suara yang dihasilkan dengan selera anda.


11. Sumpit Stainless

Sumpit biasanya kita gunkana untuk memakan mie ataupun daging yang biasa digunakan oleh masyarakat Asia Timur. Namun, sumpit buatan perusahaan Din Tai Fung ini cukup unik, yaitu terbuat dari bahan stainless. Din Tai Fung sendiri merupakan salah satu perusahaan yang sudah terkenal menghasilkan produk-produk souvenir yang berkualitas. Selain awet dan bisa anda jadikan pajangan dirumah. Sumpit ini juga sangat aman untuk digunakan untuk makan.

12. Kartu pos bergaya Taiwan

Meskipun kartu pos bukan jenis suvenir yang bisa bertahan lama. Namun kartu pos Taiwan ini sangat berbeda. Kartu Pos ini terbuat dari kayu yang diukir dengan berbagai pemandangan dan panorama di Taiwan serta berbagai gambar-gambar lucu. Kartu pos ini juga sangat direkomendasikan bagi anda yang ingin membeli souvenir dengan budget murah.

Dan itu dia souvenir yang bisa anda jadikan buah tangan untuk kenang-kenangan ataupun keluarga anda dirumah. Selamat berlibur dan happy travelling.

 

, , ,
Post Date: Saturday 14th, July 2018 / 04:37 Oleh :
Kategori : Taiwan