6 Tempat Belanja Murah Di Kyoto Terpopuler Dan Terfavorit Wisatawan

Selain Tokyo, Nagoya, dan Osaka, Kyoto merupakan kota tujuan yang sangat digemari oleh wisatawan saat berkunjung ke Jepang. Kota ini terkenal sebagai pusat kebudayaan, seni, dan sejarah di Negeri Matahari Terbit. Tak heran jika Anda dapat menemukan banyak hal menarik di kota ini. Diantaranya adalah beberapa tempat wisata gratis di Kyoto yang populer, kuil-kuil bersejarah, rumah tradisional, dan event-event atraktif seperti festival kebudayaan. Beberapa festival terkenal yang diselenggarakan di Kyoto adalah:

  • Festival Aoi yang merupakan festival para bangsawan (15 Mei)
  • Festival Gion yang menjadi festival musim panas terbesar di Jepang (1-31 Juli)
  • Festival Jidai atau Jidai Matsuri yang penuh dengan kostum bersejarah (22 Oktober)

Selain festival dan atraksi yang menarik, Kyoto juga terkenal dengan keindahan alamnya. Meskipun kota ini termasuk kota metropolitan, baik wisatawan lokal maupun internasional mengakui bahwa pemandangan alam di Kyoto sangat sayang untuk dilewatkan. Sebagai tempat wisata, rasanya Kyoto telah menjadi paket lengkap yang menawarkan banyak pengalaman tak terlupakan. Mulai dari pengalaman wisata sejarah, budaya, seni, alam, kuliner, hingga belanja.

Bicara soal wisata belanja, Kyoto memiliki sejumlah tempat belanja seru dengan range harga kelas menengah ke bawah. Berikut tempat belanja murah di Kyoto yang dapat Anda kunjungi:

  1. Nishiki Market

Nishiki Market

Nishiki Market adalah salah satu pusat perbelanjaan yang terkenal di Kawasan Kawaramachi. Pasar tradisional ini terletak di sebuah jalan kecil yang memiliki panjang hingga lima blok. Jika  Anda bertanya-tanya pasar seperti apakah Nishiki Market, jawabannya singkat, pasar ini adalah ‘Dapurnya Kyoto’.

Dari julukan tersebut Anda dapat membayangkan hal apa saja yang ada di tempat ini. Mulai dari bahan-bahan makanan termasuk makanan laut segar, berbagai peralatan masak, hingga makanan siap santap khas Kyoto seperti manisan Jepang, acar, makanan laut kering, kue-kue, dan sushi.

Selain berbelanja, Anda juga bisa menikmati keseruan wisata kuliner di Jepang melalui pasar ini. Ada banyak kios pedagang kaki lima, food court, hingga restoran yang menyajikan makanan dengan harga terjangkau. Bahkan pada beberapa kios Anda diperbolehkan mencicipi makanan secara gratis tanpa harus khawatir jika pada akhirnya Anda tidak jadi membeli.

Nishiki Market yang menyimpan sejarah beberapa abad ini memang sangat sayang untuk dilewatkan. Anda tidak akan merasa rugi jika harus mengeksplorasi jalan sepanjang lima blok ini dan menikmati bermacam-macam keseruan di dalamnya.

  1. Depachika

Depachika

Depachika merupakan wisata belanja lainnya di Kyoto yang sekaligus menjadi tujuan kuliner seperti Nishiki Market. Selain surganya makanan, tempat ini juga dikenal sebagai ensiklopedia makanan. Hal tersebut dikarenakan tersedianya beraneka macam jenis kuliner Jepang di tempat ini.

Depachika sendiri artinya adalah department store bawah tanah. Tempat ini tersebar di supermarket-supermarket atau stasiun kereta api bawah tanah pada berbagai kota di Jepang. Salah satunya adalah di Supermarket Isetan, Stasiun Kyoto.

Depachika di Supermarket Isetan populer karena ukurannya yang besar dan isinya yang lengkap. Mulai dari bumbu, bahan makanan, bento, produk jadi, sushi, pastri, kue-kue, buah-buahan, hingga oleh-oleh makanan khas Jepang, semua ada. Tempat belanja murah di Kyoto yang satu ini bukan hanya ramai karena keragaman isinya, namun juga karena keunikan produk yang dijualnya.


  1. Flea Market di Kuil Toji

Flea Market di Kuil Toji

Betapa menyenangkan bisa menikmati keindahan Kuil Toji sambil berkeliling di Flea Market. Kuil Toji sendiri merupakan salah satu tempat wisata Kyoto yang termasuk ke dalam situs warisan dunia UNESCO. Selain karena kisah sejarah dan bangunannya yang menakjubkan, Kuil Toji juga terkenal dengan Flea Market-nya.

Flea Market ini diadakan pada tanggal 21 di setiap bulan. Bahkan Flea Market yang besar ini mengadakan versi kecilnya setiap Hari Minggu pertama dalam satu bulan. Pasar barang masih sangat layak pakai ini dibuka sejak pagi dini hari hingga sore sekitar pukul 16.30.

Harga barangnya yang terjangkau dan kualitasnya yang baik membuat pasar ini digemari dan selalu ramai pengunjung. Ada banyak produk yang tersedia, seperti pakaian, perkakas, patung, kimono, tembikar, barang antik, mainan, tumbuhan, bahkan makanan. Anda dapat menjangkau tempat ini dengan berjalan kaki selama 5 menit dari Stasiun Kujo. Selain di Kuil Toji, terdapat beberapa spot Flea Market populer lainnya di Kyoto yaitu :

  • Tenjin-san Flea Market
  • Tezukuri-ichi
  • Kamigamo Tezukuri-ichi.
  1. Shinkyogoku Shopping Arcade

Shinkyogoku Shopping Arcade

Shinkyogoku Shopping Arcade terletak di pusat Kota Kyoto. Daerah perbelanjaan ini berdekatan dengan Teramachi Street dan Nishiki Market. Dibandingkan dengan Jalan Teramachi yang juga menjual bermacam-macam produk, daerah Shinkyogoku jauh lebih baru dan cenderung ramai oleh kalangan anak muda dan turis.

Jika Jalan Teramachi unggul dengan menyediakan barang-barang seperti buku, benda seni, atribut keagamaan, dan pakaian, Jalan Shinkyogoku tak mau kalah dengan produk-produk fashion, souvenir, permainan arcade, restoran, dan hiburan bioskopnya. Kawasan tempat belanja murah di Kyoto yang satu ini dipenuhi dengan beraneka barang trendi yang unik dan cantik.

Ada beberapa kegiatan selain berbelanja yang disukai pengunjung saat datang ke tempat ini, yaitu bermain arcade dan menonton film di bioskop. Bioskop yang bernama Movix, disebut-sebut sebagai sinema terbesar yang ada di Kyoto. Di dalamnya terdapat 12 layar untuk menonton yang dilengkapi dengan 2500 tempat duduk. Baca juga tips liburan ke Jepang sebagai referensi Anda saat berkunjung ke Negeri Sakura ini.

  1. 3 Coins

3 Coins

Paling asyik memang berbelanja di toko yang semua barangnya serba satu harga. Ya, salah satunya seperti 3 Coins. Toko ini berlokasi di Stasiun Kyoto dan menjual produk-produk dengan harga serba 300 yen atau sekitar 40 ribu rupiah. Bahkan pada waktu-waktu tertentu harga tersebut bisa menjadi lebih murah.

Tempat ini secara garis besar memiliki konsep toko yang menyediakan peralatan rumah tangga dengan sasaran pasar utama wanita. Jadi tidak heran jika Anda masuk ke toko ini dan menjumpai mayoritas pengunjungnya perempuan dari segala usia, mulai dari siswa sekolah hingga ibu rumah tangga.

Anda dapat menemukan berbagai dekorasi unik, totebag, bantal leher, mainan, perlengkapan kamar mandi, perlengkapan laundry, rak mini, kosmetik, aksesoris, peralatan makan, dan masih banyak lagi. Desain barangnya yang cantik dan kualitasnya yang baik membuat harga 300 yen terasa sangat layak dikeluarkan dari kantong Anda. Toko ini juga cocok bagi Anda yang ingin membeli souvenir Jepang yang unik dan tidak biasa.


  1. Hyakuen Shop

Hyakuen Shop

Selain 3 Coins, toko dengan barang serba satu harga lainnya yang tidak kalah populer adalah Hyakuen Shop. Tempat ini merupakan toko yang menjual produk serba 100 yen atau sekitar 13 ribu rupiah. Salah satu Hyakuen Shop yang terkenal di Jepang bernama Daiso. Daiso mempunyai cabang yang sangat luas dan tersebar di berbagai kota.

Daiso terbesar di Kyoto adalah Daiso Sanjo Gozen Shop yang berjarak 5 menit dari Stasiun Nijo. Toko Daiso lainnya juga dapat Anda jumpai di Aeon Mall Kyoto yang berseberangan dengan Stasiun JR Kyoto.

Beberapa pengunjung mengatakan bahwa meskipun toko 100 yen di Aeon Mall tidak sebesar toko Sanjo Gozen, namun terdapat barang-barang unik yang justru hanya tersedia di sana. Barang-barang yang dapat Anda beli di toko 100 yen meliputi :

  • perelengkapan sekolah
  • makanan ringan
  • perlengkapan rumah tangga
  • pakaian
  • kosmetik
  • berbagai macam alat
  • mainan.

Dengan harganya yang terjangkau tempat belanja murah di Kyoto ini dapat menjadi referensi belanja souvenir Anda. Baca juga tips jalan-jalan ke Jepang tanpa tour yang dapat melengkapi kunjungan wisata murah meriah Anda.

, , , ,
Post Date: Monday 23rd, July 2018 / 03:14 Oleh :
Kategori : Jepang