10 Rekomendasi Tempat Berbuka Puasa Di Melaka Terfavorit Wisatawan Muslim

Melaka adalah salah satu negara bagian yang memiliki banyak tempat wisata favorit di Malaysia karena situs sejarahnya yang banyak serta kebudayaan Nyonya atau Peranakan yang masih terus terjaga hingga sekarang. Seperti halnya Malaysia pada umumnya, Melaka juga memiliki mayoritas penduduk Muslim sehingga budaya puasa di bulan Ramadan juga terlihat jelas di berbagai sudut wilayah. Di sini kami akan membagikan rekomendasi tempat berbuka puasa di Melaka yang enak dengan pilihan ragam menu yang lengkap.

Bila Taman Tasik Perdana merupakan salah satu tempat wisata yang terkenal, maka untuk tempat makannya yang cocok dijadikan tujuan berbuka wisata tidak hanya satu tapi banyak. Mulai dari makanan yang berbau campuran India Melayu, makanan Barat, makanan khas Malaysia, hingga menu – menu lain yang sangat menggoda selera bisa kamu temukan. Sehingga tak perlu khawatir kelaparan saat berada di wilayah yang telah menjadi bagian dari warisan dunia UNESCO ini.

  1. Asam Pedas Claypot Laksamana

mlk-asam-pedasRekomendasi pertama kami ada di restoran Asam Pedas Claypot Laksamana yang menjual beragam menu khas Malaysia seperti asam pedas. Asam pedas adalah makanan yang terbuat dari sambal, dengan bumbu dan air asam sehingga perpaduan rasa asam, manis, asin, dan pedas rata terasa.

Asam pedas di sini tidak hanya terkenal di kalangan turis namun juga orang lokal karena kuahnya yang benar – benar berbumbu dan kental, khas makanan Asia Tenggara. Tak hanya itu, menunya juga disajikan dalam kuali saat masih hangat. Menu paling favorit adalah asam pedas ikan pari dan asam pedas tetelan.

  • Jam buka dari pukul 18.00 – 04.00, setiap hari
  • Alamat di Jalan Laksamana 5 No 86, Taman Kota Laksamana
  • Restoran ini juga kadang lebih dikenal sebagai Restoran Kota Laksamana
  1. Kuih Keria Antarabangsa Haji Jalil

mlk-kuih-keriaBila kamu sedang berada di jalan saat adzan berkumandang, maka tempat ini bisa dituju untuk memperoleh makanan dengan cepat dan enak. Tempat ini cuma menjual satu makanan, yaitu kuih keria atau kue keria.

Sekilas kuenya tampak seperti gemblong di pulau Jawa, namun kue ini dibuat dari tepung dan ubi yang digoreng kemudian dilapisi gula palem. Jadi, cita rasanya hampir mirip meski tetap berbeda.

Namun tempatnya sangat sederhana jadi jangan berharap bisa duduk – duduk santai.


  • Jam buka setiap hari kecuali Jumat pukul 13.00 – 19.00
  • Alamat di Jalan Limbongan 3123C, Kampung Limbongan
  1. Klebang Coconut Shake

mlk-klebangKita mungkin punya es kelapa yang sangat menyegarkan, tapi klebang coconut shake sama sekali tak boleh dilewatkan dan tentunya sangat cocok untuk teman berbuka puasa. Sehingga jangan heran kalau kami memasukkannya dalam daftar rekomendasi tempat berbuka puasa di Melaka.

Minuman ini dibuat dari air dan daging kelapa muda segar berpadu dengan susu dan diatasnya diletakkan eskrim vanilla. Lebih enak lagi bila diminum bersama makanan pendamping keropok lekor dan beragam camilan lain yang tak kalah sedapnya.

  • Buka setiap hari dari pukul 11.00 – 18.30
  • Alamatnya di Klebang 5
  1. Jonker 88

mlk-jonkerSalah satu makanan yang direkomendasikan dari Jonker 88 mungkin bukanlah makanan yang hanya berada di Malaysia, namun juga di Indonesia yakni cendol. Akan tetapi ada sedikit perbedaan cendol di sini dengan cendol di Indonesia, yakni penggunaan tambahan kacang merah dan eskrim.

Bila tak ingin berbuka puasa dengan menu yang dingin, maka mungkin kamu bisa memilih untuk makan laksa Nyonya yang juga tak kalah sedap, namun sayangnya tempat ini tidak buka hingga waktu umumnya buka puasa jadi sebaiknya kamu pesan dan bawa pulang ke penginapan.

  • Buka setiap hari sejak 9.30 – 17.30
  • Alamat di Jalan Hang Jebat No 88
  1. Kocik Kitchen

mlk-kocikRekomendasi tempat berbuka puasa di Melaka yang berikutnya menyajikan menu – menu makanan khas Peranakan khususnya dari percampuran China dan Melayu yang sudah ada sejak abad ke 15 ketika imigran asal China datang dan menetap di tanah Malaysia.

Jika biasanya makanan Peranakan kerap kali menyajikan menu non halal, maka Kocik Kitchen menyajikan menu – menu halal seperti ayam pongteh dan ikan asam Nyonya yang sangat direkomendasikan dan dijadikan favorit banyak konsumen.

Apabila kamu mencari lebih banyak informasi tentang Malaysia secara umum, kamu juga bisa baca tips liburan ke Malaysia.

  • Jam buka Kocik Kitchen adalah sejak pukul 11.00 kecuali hari Rabu
  • Alamatnya ada di Jalan Tun Tan Cheng Lock
  1. Le Que

mlk-lequeKalau kamu lebih tertarik dengan makanan yang punya cita rasa Barat ketimbang makanan lokal, restoran Le Que bisa dituju. Bahkan restoran ini masuk dalam daftar restoran bertema barat terbaik di Melaka versi situs perjalanan ternama Trip Advisor.

Sajian di restoran ini sangat beragam mulai dari burger, steak, hingga beragam pasta. Tak hanya itu, ada juga makanan penutup manis yang sangat enak seperti waffle dan pisang bakar yang disiram dengan gula merah cair.

  • Restoran ini buka setiap hari kecuali Selasa sejak pukul 17.00 – 23.00
  • Alamatnya di Jalan Lagenda 3 No. 14, Taman Lagenda
  1. Restoran Sup Lembu Tangkak

mlk-sup-lembuBuka puasa biasanya paling enak dengan menu yang segar, maka salah satu menu yang kami rekomendasikan ada di restoran sup lembu tangkak. Di sini ada beragam menu seperti mie ala China, bakso kuah dan tentunya sop daging yang sangat enak.

Beberapa orang kerap ragu untuk makan di sini karena tidak adanya sertifikasi halal, namun daging yang ada dimasak dengan cara halal juga dibuat oleh koki yang beragama Islam. Jadi, tak perlu ragu lagi.

  • Alamat restoran berada di Jalan Laksamana Cheng Ho
  • Buka setiap hari sejak pukul 9.00 – 21.00
  1. Mee Goreng Hasan

mlk-meeBicara soal mee, mungkin banyak dari kamu akan menganggapnya sebagai makanan khas Kuala Lumpur, namun sebenarnya mee di Malaysia sama seperti mie di Indonesia yang punya variasinya sendiri – sendiri meski bahan dasarnya sama – sama mee yang diolah dengan beragam bumbu.

Mee goreng Hasan yang juga kerap disebut mee tengkera merupakan menu mee berbeda yang menawarkan cara penyajian lain dari banyak mee di Kuala Lumpur. Di sini, meski mee ditumis sama seperti mee pada umumnya, ia disajikan dengan telur mata sapi dan sambal tumis khas mee goreng Hasan yang sangat enak.

  • Alamat di Jalan Tengkera 390
  1. Ee Ji Ban Chicken Rice Ball

mlk-ee-ji-banSalah satu makanan yang paling akrab di semua lidah adalah menu berbahan dasar ayam. Bila itu yang kamu cari, maka kamu bisa menuju ke Ee Ji Ban Chicken Rice Ball. Restoran ini menyajikan beragam menu Peranakan yang berbahan dasar ayam dan banyak lagi.

Tak hanya itu, restorannya juga sudah mendapat sertifikat halal. Mulai dari ayam panggang yang disajikan utuh, ayam panggang yang dibalut dalam bola – bola nasi (sehingga nama restorannya Chicken Rice Ball), dan nasi ayam biasa bisa kamu temui di sini.

Tidak hanya itu, menu ayam Hainan dan beragam menu lezat ala Nyonya alias Peranakan seperti cili garam, sambal petai, telur dadar cincalok, dan asam pedas juga bisa kamu dapatkan di sini. Minumannya juga beragam dan tak kalah lezatnya seperti teh tarik.

  • Buka setiap hari sejak pukul 10.00 – 21.30
  • Alamat di Jalan Melaka Raya 3 Taman Melaka Raya no 275

  1. Garden Terrace

mlk-garden-terraceMencari tempat berbuka puasa di akhir pekan pada hari Jumat – Minggu tak perlu pusing, ada Garden Terrace, restoran di dalam hotel yang menawarkan beragam menu makanan laut mulai dari tiram, kerang, udang galah, hingga beragam olahan daging dan juga menu makanan penutup yang disajikan dengan sistem buffet dengan harga yang tergolong murah sebagai menu buffet yang disajikan dalam restoran hotel mewah, yakni mulai dari 56 RM hingga 78 RM.

Kamu juga tak perlu takut karena restoran Garden Terrace juga sudah memiliki sertifikasi halal dari pemerintah Malaysia sehingga menunya aman untuk para wisatawan muslim.

  • Buka setiap hari pukul 6.30 – 23.00
  • Lokasi di Swiss-Garden Hotel T-2, Jalan Pesisiran Bunga Raya

, , ,
Post Date: Thursday 17th, May 2018 / 03:18 Oleh :
Kategori : Malaysia