7 Tempat Wisata Di Agra India Terpopuler dan Wajib Dikunjungi

Tempat Wisata di Agra India – Arga merupakan salah satu kota di India yang memiliki tempat utama untuk tujuan wisata. Selain mempunyai tempat-tempat wisata yang menakjubkan, Agra memiliki letak yang sangat strategis. Hanya berjarak  sekitar 238 kilometer dari New Delhi, Ibu kota India dan 234 kilometer dari kota Jaipur . Agra merupakan kota dengan banyak bangunan sejarah yang mengaggumkan. Sebut saja Taj Mahal, yang merupakan salah satu ikon dari tempat wisata di India.

Bangunan-bangunan di Agra merupakan perpaduan dari bangunan-bangunan yang bercorak islam dan Hindu. Dan di Agra sendiri umat islam dan juga Hindu hidup secara berdampingan. Dan dari kedua agama ini juga muncul agama baru, yaitu agama Syikh. Kota ini memiliki bangunan-bangunan dan banyak tempat wisata yang tersebar di seluruh kota. Jadi daripada anda kebingungan mencari tujuan tempat wisata di Agra. Simak Yuk beberapa tempat wisata di Agra yang paling populer dan wajib dikunjungi.

1. Taj Mahal

Taj MahalMerupakan Salah satu dari Tujuh Keajaiban Dunia yang berada di India. Taj Mahal merupakan bangunan dengan arsitektur kerajinan Mughal yang megah. Dibangun atas perintah Shah Jahan sebagai peringatan dan hadiah kepada istri tercintanya, Arjumand Bano Begum. Dimana Begum sudah meninggal dan jasadnya di makamkan di Taj Mahal.

Desain dari Taj Mahal menggabungkan arsitektur Persia dan Mughal. Memiliki kubah seperti layaknya Masjid yang besar dan megah yang  terbuat dari Marmer. Dekorasi eksteriornya cukup mengesankan dengan interior dan juga memiliki proporsionalitas yang di ukur secara detail dan cermat.

Interior Taj Mahal dihiasi dengan batu permata dan juga beberapa ayat Al- qur’an bisa anda temui di beberapa bagian dindingnya. Bangunan ini berbentuk segi delapan dengan banyak terdapat pintu masuk. Kompleks ini juga dikelilingi dengan taman yang terawat baik dan ada kolam air dengan dinding marmer di tengahnya.

  • Alamat : Dharmapuri, Forest Colony, Tajganj, Agra, Uttar Pradesh 282001, India
  • Tiket Masuk : 750 rupee (157.000 rupiah)
  • Jam Buka : Buka Setiap Hari, Jumat tutup.

2. Agra Fort

Agra FrontAgra Fort juga disebut Benteng Merah. Bangunan ini dibangun pada abad ke-16. Benteng ini terletak di dekat taman Taj Mahal. Terbuat dari batu pasir merah, Benteng Agra memiliki dinding yang mengelilingi kira-kira sepanjang dua kilometer.

Di dalamnya terdapat banyak istana indah seperti Istana Jahangir dan Istana Khas. Di sini Anda akan menemukan aula utama yang disebut Diwan-i-Khas serta juga terdapat beberapa masjid yang megah. Diantaranya yaitu Masjid Moti dan Masjid Nagina merupakan masjid dengan keindahan yang mempesona, dengan ukiran-ukiran rumit dan marmer yang menawan

Benteng Merah merupakan salah satu warisan Mughal yang terkenal kaya. Bangunan ini menunjukkan kejayaan India pada abad pertengahan. Benteng Agra dibangun pada 1565 di bawah perintah Akbar. Terletak di tepi kanan Sungai Yamuna, benteng ini dan Taj membentuk satu kesatuan monument yang Indah. Anda dapat memasuki Agra Ford melalui Delhi atau Amar Singh Gates.


  • Alamat : Agra Fort, Rakabganj, Agra, Uttar Pradesh 282003, India
  • Tiket Masuk : 250 rupee (53.000 rupiah)
  • Jam Buka : Buka Setiap Hari

3. Masjid Jahan Numa

Masjid JamaMerupakan salah satu bangunan yang cukup megah di Agra dan salah satu masjid termegah di dunia. Dibangun oleh Shah Jahan dengan memperkerjakan pengrajin, pematung, insinyur, dan ribuan pekerja terbaik untuk membangun masjid ini. Masjid ini dibangun selama enam tahun dengan biaya pembangunan menghabiskan satu juta rupee.

Dipercaya bahwa beberapa batu sebelum diletakkan di bacakan ayat suci Al-Qur’an terlebih dahulu. Masjid Jama pada dasarnya adalah sebuah masjid yang terletak di pasar yang ramai di Chandni Chowk. Desainnya sederhana namun sangat artistik. Masjid ini bisa menampung sekitar 25.000 Jamaah. 

Masjid  ini memiliki empat menara dan memiliki tiga pintu gerbang menuju tempat utama untuk ibadah. Meskipun Anda tidak membayar tiket masuk, Anda harus membayar untuk mengambil foto. Kunjungi juga salah satu bagian masjid ini yang terdapat relik kuno di masjid yang terletak di sekitar Gerbang Utara. Selain artefak, juga terdapat ayat-ayat Al-Qur’an yang ditulis pada kulit rusa. Masjid Jama terletak di daerah Chandni Chowk di Delhi. Buka setiap hari dalam seminggu kecuali pada hari Jumat.

  • Alamat : Meena Bazaar, Jama Masjid, Chandni Chowk 110006, India
  • Tiket Masuk : Gratis
  • Jam Buka : Buka Setiap Hari, Jum’at tutup

4. Fatehpur Sikri

Fathehpur SikriMerupakan kota bersejarah yang didirikan oleh Akbar yang merupakan kaisar Mughal yang populer. Fatehpur Sikri  adalah ibu kota Kekaisaran Mughal selama bertahun-tahun sebelum dipindahkan ke Agra. Terletak cukup Jauh dari pusat kota agra dan kota ini juga dijuluki the city of victory. Untuk sampai ke fatehpur sikri anda menyewa mobil atau naik bus menuju fatehpur sikri dengan harga 1000 rupee.

  • Alamat : Fatehpur Sikri, Agra, Uttar Pradesh, India
  • Tiket Masuk : 200 Rupee (42.000 rupiah)
  • Jam Buka : Buka Setiap Hari

5. Itmad Ud Daulah

Itmad Ud DaulahItmad ud Daulah adalah salah satu tempat wisata terkenal di Agra yang terletak di Uttar Pradesh. Ini adalah makam Mughal yang dikenal dengan arsitekturnya yang megah yang dibangun dengan batu pasir merah.

makam Itmad-ud-Daulah memiliki banyak sisi yang menyerupai interior Taj Mahal. Pada tahap awal pembangunannya, dibuat dengan beton berbahan dasar marmer dan ditambah dengan sentuhan karakteristik desain Taj Mahal. Makam ini dibangun untuk ayah dari Nur Jahan, salah satu penguasa Mughal yang populer. Makam itu terletak di tepi Sungai Yamuna. Strukturnya juga dikelilingi oleh taman. Terdapat aliran air dan jalan setapak di sekitarnya.

  • Alamat : Moti Bagh, Agra, Uttar Pradesh 282006, India
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : Buka Setiap Hari dari jam 08.00 hingga jam 12.00

6. Akbar Tomb

Akbar TombMakam ini adalah mahakarya lain dari periode Mughal. Makam Akbar berdiri diatas tanah seluas 119 hektar. Terletak di Sikandra dan dibangun pada tahun 1600. Dirancang sendiri oleh Akbar dimana dia membangun makam untuk dirinya sendiri, dan makam ini diselesaikan oleh Jahingir.

Terletak di pinggiran Agra dikelilingi oleh dinding yang tinggi, bangunan ini memiliki empat tingkat dan berbentuk piramida. Bagian atas makam terbuat dari marmer. Dimana pada bagian ini merupakan makam palsu sedangkan jasad dari Akbar dikebumikan di ruang bawah tanah.

Terdapat panel-panel yang dihiasi dengan ukiran-ukiran yang rumit dan indah. Desain panel memiliki bentuk geometris dengan beberapa hiasan bunga. Beberapa bagian dari panel juga terdapat tulisan kaligrafi.

  • Alamat : Tomb of Akbar The Great Area, Sikandra, Agra, Uttar Pradesh 282007, India
  • Tiket Masuk : 25 rupee (5300 rupiah)
  • Jam Buka : Buka Setiap Hari

7. Mehtab Bagh

Mehtab BaghMehtab Bagh merupakan kompleks taman yang terletak di antara Taj Mahal dan Benteng Agra. Terletak di Agra dan di tepi Sungai Yamuna. Taman ini berukuran 300 meter persegi dan diperkirakan Pembangunanya di arsiteki oleh Babur dan  di bangun atas perintah Shah Jahan. 


Shah Jahan memilih tempat yang ideal untuk melihat Sungai Yamuna. Dia menginginkan taman yang indah yang diterangi oleh sinar bulan langsung. Di taman ini terdapat banyak kolam dan paviliun , serta juga terdaat Jalan setapak yang ditutupi ubin khas Mughal dan juga pohon buah-buahan.

  • Alamat : Dharmapuri, Forest Colony, Nagla Devjit, Agra, Uttar Pradesh 282001, India
  • Tiket Masuk : 100 rupee ( 21.000 rupiah)
  • Jam Buka : Setiap Hari 06.00 – 18.00

Itu dia merupakan tempat wisata di Agra India yang paling populer dan wajib dikunjungi, Anda juga bisa mengunjungi tempat-tempat wisat di India lainya seperti Hawa Mahal di Jaipur dan Qutub Minar di New Delhi yang letaknya tidak terlalu jauh dari Agra. Dan jangan lupa juga untuk mengunjungi tempat-tempat wisata belanja di India dan beli Oleh-oleh khas India untuk dibawa pulang.

, , ,
Post Date: Thursday 19th, April 2018 / 14:58 Oleh :
Kategori : India