13 Tempat Wisata Di Cheongju Yang Wajib Dikunjungi

Apakah anda membayangkan Cheongju sebagai tempat wisata yang penuh dengan dermaga seperti tempat wisata di Australia? Itu sebenarnya bukan sesuatu yang salah, sebab Cheongju merupakan kota pusat transportasi utama di Korea Selatan. Di sini bahkan terdapat bandara internasional yang sibuk di dunia.

Tempat Wisata di Cheongju terletak di bagian tengah Korea Selatan. Cheongju berada di persimpangan berbagai rute perjalanan utama di negara ini. Cheongju juga merupakan lokasi salah satu bandara domestik utama di Korea Selatan, yang membuat kota ini menjadi pusat transportasi yang sibuk bagi wisatawan dan penduduk lokal.

Tidak ada daftar panjang tentang tempat wisata di Cheongju, meski demikian ada tempat wisata di sana. Di samping itu, kota ini sangat layak untuk dikunjungi karena memiliki pesona yang tak kalah menarik seperti tempat wisata di Korea Selatan lainnya.

  1. Benteng Sangdangsanseong Cheongju
Chungcheongbuk-do

Chungcheongbuk-do adalah benteng yang dibangun di sepanjang lereng alami dekat dengan pusat kota Cheongju. Secara komprehensif pesona benteng ditingkatkan pada tahun 1596 tahun ke-29 pemerintahan Raja Seonjo. Itu berarti juga selama Imjinwaeran—invasi Jepang ke Korea pada tahun 1592.

Benteng kemudian sempat mengalami renovasi menjadi sebuah benteng batu selama tahun ke-42 pemerintahan Raja Sukjong. Benteng sepanjang 4,2 km ini, setinggi 3-4m dibangun dengan batu-batu dari berbagai ukuran, tanah dan pasir.

Saat ini ketika anda sampai di tempat wisata di cheongju ini, anda dapat menyaksikan bahwa benteng ini memiliki tiga gerbang, masing-masing terletak di timur, barat dan selatan. Tiga gerbang tetap nampak utuh, dan semuanya masih memiliki menara gerbangnya.

Gerbang depan di selatan, bernama ‘Gerbang Gongnammun,’ berbentuk bulan sabit sedangkan gerbang Timur dan Barat berbentuk bujur sangkar. Pos Komando Timur dan Barat juga berada dalam batas-batas benteng itu sendiri.

Benteng ini ditetapkan sebagai Situs Bersejarah No. 212 pada tahun 1970. Selain itu, keistimewaan lain dari tempat wisata benteng ini untuk pengunjung ialah pengunjung dapat mencicipi Anggur Jujube yang merupakan anggur tradisional Korea, ada juga berbagai macam makanan khas korea selatan.

2. Museum Nasional Cheongju

Museum Nasional Cheongju

Pesona utama dari tempat wisata di Paris Perancis adalah menara Eiffel, galeri seni dan juga museum. Kiranya di Cheongju, Museum adalah salah satu daya tarik yang menarik wisatawan untuk mendatangi tempat wisata ini.

Museum Nasional Cheongju memiliki, mengumpulkan, dan melestarikan kekayaan budaya nasional. Hal pertama yang harus dilakukan ketika Anda memasuki museum adalah anda sebaiknya mendapatkan berbagai pamflet di meja informasi, dari mana Anda bisa mendapatkan banyak informasi di museum.

Pameran Sangseol adalah tempat paling penting di Museum Nasional Cheongju. Di tempat wisata di cheongju ini Anda akan melihat pajangan artefak yang ditemukan di sekitar area Chungcheongbuk-do. Di divisi pertama pameran, Ruang Seonsa, Anda dapat melihat harta dari Zaman Guseok, Zaman Sinseok, dan Zaman Cheongdong.

Di divisi kedua, Ruang Samhan-Samguk, berbagai artefak dari rumah dan makam Zaman Samhan dan Samguk ditampilkan. Di Ruang Silla-Goryeo Bersatu ditampilkan tembikar tanah liat, tembikar logam, dan artefak emas yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari atau yang berkaitan dengan agama Buddha dari Zaman Silla dan Goryeo.

Di Ruang Cetak Joseon-Go keempat, Anda dapat melihat harta karun yang ditemukan di daerah Chungcheongbuk-do dari Periode Joseon (1392 ~ 1910), seperti keramik Buncheongsagi dan Baekja. Kamar yang didekorasi dengan sangat hati-hati di pameran Sangseol adalah Pameran khusus terkait dengan Anak-Anak.

Ruang pameran itu dibangun untuk membiarkan anak-anak mengalami dan mempelajari budaya masa lalu Korea. Ini juga merupakan tempat yang sangat membantu bagi orang asing yang tidak tahu budaya rakyat Korea.

Anda dapat merasakan sendiri berbagai nyanyian tradisional Korea, seperti nyanyian Dadeumi. Anda juga dapat melihat pernikahan tradisional Korea dan pemakaman dengan semua tradisi terkait dalam model miniatur kecil.

Para ruang khusus tentang pemakaman ditampilkan pula sebuah “sangyeo”, yang umumnya tidak diketahui orang asing. Sangyeo adalah alat yang digunakan untuk membawa orang mati ke kuburan mereka.

Semua model miniatur sangat detail dan sangat menawan. Selain itu, Anda dapat mencoba pencetakan topeng kayu dan Takbon, serta alat yang digunakan oleh orang-orang di masa lalu. Anda juga dapat mencoba membuat tembikar tanah liat di sini.

3. Bandara Internasional Cheongju

Bandara Internasional Cheongju

Bandara Internasional Cheongju merupakan bandara terbesar kelima di Korea yang terletak di kota Cheongju. Bandara ini aktif dengan berbagai macam penerbangan domestik ke tempat wisata di Jeju dan penerbangan internasional ke beberapa kota di Cina dan Rusia.

Beberapa bandara yang aktif dan termasuk ke dalam bandara internasional antara lain Bandara Incheon, Bandara Gimpo, Bandara Gimhae, Bandara Jeju dan Bandara Daegu, dan Bandara Internasional Cheongju. Anda akan dapat merasakan fasilitas departure kelas internasional, penerbangan yang nyaman, serta dilayani oleh pegawai yang ramah.

Di samping itu, anda pun dapat menikmati suasana bandara yang bersih dan teratur. tersedia papan informasi digital yang dapat anda manfaatkan jika ingin mencari informasi. Ketika anda tidak dapat berbahasa inggris, anda dapat bertanya atau berbicara dengan staf di bandara dengan bahasa inggris.

Penataan fasilitas bandara yang rapi juga membuat bandara internasional menjadi salah satu daya tarik utama bagi wisatawan. Karena bandara merupakan pintu masuk, maka mereka dapat merasa nyaman sejak menginjakkan kaki pertama kali di bandara yang bersih dan teratur.

Dari Bandara Internasional Cheongju, Anda dapat pergi ke kota Sejong atau kota Daejeon dengan naik taksi atau bus kota, hingga sampai di
tempat wisata di cheongju lainnya.

4. Cheongju Early Printing Museum

Cheongju Early Printing Museum

Museum percetakan awal ini terletak di area Kuil Heungdeoksa di mana Jikji, buku tertua yang masih ada di dunia, dicetak dengan jenis logam yang dapat dipindahkan, masih ada di museum yang didirikan pada 17 Maret 1992 lalu itu. Sejak awal teknologi, Korea secara substansial mengembangkan logamnya.

Di museum ini, terdapat sekitar 650 artefak termasuk buku cetak logam dan kayu yang dapat dipindahkan dari zaman Goryeo dan Joseon. Bahkan ada juga peninggalan dari situs Kuil Heungdeoksaji dan alat-alat cetak dipajang. Di sini, pengunjung dapat belajar tentang sejarah teknologi dan budaya pencetakan Korea.

Selain pameran, museum ini telah dipromosikan untuk mengadakan pameran percetakan dan penerbitan Cheongju Internasional, untuk mempelajari budaya percetakan awal dan jenis percetakan yang pernah eksis di korea jaman dulu.

Museum ini dilengkapi dengan fasilitas untuk disabilitas. Di mana di sana tersedia layanan penyewaan kursi roda, toilet khusus untuk penyandang disabilitas, dan tempat parkir.

5. Sangsoo Herb Land

sangsoo-s-herbland

Sangsoo herb land adalah arboretum yang menampung 1.000 spesies herbal di seluruh area 82.645. Di sana, anda akan melihat rumah kaca yang membentang dengan lebih dari 9.917 hektar.

Di sini anda dapat melihat aktifitas  membuat rempah segar. Aktifitas ini berlangsung sepanjang tahun bahkan di musim dingin. Herb Land terkenal dengan bunga-bunga mereka yang mekar sepanjang tahun.

Di samping itu, tempat wisata di Cheongju ini juga terkenal dengan beragam jenis Festival Herb Land yang diadakan pada bulan Mei setiap tahun, antara lain seperti upacara pernikahan, perjamuan, workshop membuat rempah herbal dan masih banyak lagi yang lainnya.

Sangsoo Herb Land menyediakan beragam program untuk pengunjung. Acara utama adalah Herb Land Festival, yang bertujuan untuk menyebarkan pengetahuan tentang penggunaan tanaman herbal. Di sini juga ada edukasi terkait dengan nilai aromatik tanaman herbal baik sebagai insektisida alami maupun sebagai produk kesehatan.

Rekomendasi Tempat Wisata

Selain tempat wisata di atas, berikut daftar tempat wisata di Cheongju:

  • Museum Nasional Seni Modern dan Kontemporer (MMCA) Cheongju
  • Cheongnamdae
  • sangdangsanseong fortress
  • samil park,
  • midongsan arboretum
  • chhungbuk provincial office
  • cheongju zoo
  • dugguhbi saengtae munghwagwan

Demikian pemaparan tentang tempat wisata di Cheongju untuk anda jadikan pilihan wisata di hari libur berikutnya.

, , ,
Post Date: Wednesday 13th, March 2019 / 17:24 Oleh :
Kategori : Korea Selatan