25 Tempat Wisata Di Australia Selatan Paling Direkomendasikan

Tempat wisata di Australia Selatan – Berwisata ke Australia tidak hanya tentang mengunjungi tempat wisata di Sydney. Dengan luas yang cukup untuk menjadikannya salah satu negara paling luas di dunia, Australia memiliki bentang alam yang dipenuhi dengan tempat wisata. Anda akan membutuhkan banyak waktu untuk mengunjungi seluruh negara bagian di Australia. Ketika memiliki kesempatan untuk mengunjunginya, kenapa tidak memulai perjalanan dari Australia Selatan?

Menunjungi Australia selatan akan mempertemukan Anda dengan kombinasi yang cukup menarik. Anda akan menemukan wilayah-wilayah dengan rasa Eropa di samping deretan tempat wisata alam yang cantik. Berkunjung ke berbagai tempat wisata di Australia Selatan cocok untuk dijadikan perjalanan bersama keluarga untuk menikmati family time yang berkualitas. Berikut adalah 20 tempat wisata yang paling direkomendasikan.

  1. Kangaroo Island

Kangaroo IslandKangaroo Island adalah sebuah pulau yang termasuk ke dalam negara bagian Australia Selatan. Pulau ini menjadi pulau terbesar ketiga di benua Australia. Ada banyak atraksi wisata yang bisa Anda lihat dan nikmati secara langsung di Kangaroo Island.

Umumnya, atraksi wisata yang ditawarkan adalah wisata alam. Mengunjungi Kangaroo Island harus Anda masukkan ke dalam itinerary ketika berlibur atau jalan-jalan ke Australia.

Jika Indonesia dikenal dengan sebutan jamrud katulistiwa, maka Kangaroo Island bagi Australia adalah permata alam. Ada deretan bentang alam yang cantik dan memikat dari pulau ini.

ketika Anda berkunjung, Anda akan langsung disambut oleh laut Ceruleans yang berkilauan ditempat sinar matahari. Ada pula pantai Pristine, sebaran batu yang membentuk formasi unik, gua, serta kehidupan alam liar seperti koala, berbagai jenis burung, pinguin, singa laut, dan masih banyak lagi.

Selain dikenal memiliki bentang alam yang cantik dan memesona, Kangaroo Island juga dikenal dengan masakan khas Australia yang segar dan patut Anda coba. Anda harus mencicipi lobster karang, tiram atau kerang segar yang baru dikupas, telur, serta madu Lingurian. Ketika berkunjung ke Kangaroo Island, jangan lupa untuk mengunjungi tempat wisata di Australia selatan lainnya seperti berikut.

  • Flinders Chase National Park
  • Admiral’s Arch
  • Remarkable Rocks
  • Barossa Valley
  1. Fleurieu Peninsula

Fleurieu PeninsulaFleurieu Peninsula atau Semenanjung Peninsula adalah surga bagi para pencinta aktivitas laut. Tempat wisata di Australia Selatan ini memiliki kecantikan alam yang bisa Anda nikmati sambil melakukan berbagai aktivitas seperti memancing, berperahu, berselancar, menonton paus, serta berenang. Sebab, semenanjung Peninsula adalah rumah bagi deretan wisata pantai Australia.

Semenanjung ini terukur berasal dari barat daya Gunung Lofty Rangers dan juga berfungsi sebagai tempat suaka alam liar. Jika Anda berkunjung ke semenanjung Peninsula, jangan lupa untuk menikmati Gulf St Vincent, sebuah pantai dengan pantai teluk yang cantik.

Jangan lewatkan untuk menginap di Victor Harbor, resort pantai paling populer di Semenanjung Fleurieu. Di Granite Islang, Anda bisa melihat kehidupan binatang liar seperti kangaroo dan pinguin.


Kangaroo Island juga terdapat dalam wilayah semenanjung Feluriue. Selain beberapa tempat wisata tersebut, ada masih banyak tempat wisata di Australia yang terdapat di semenanjung Flueriue dan atau bisa dijangkau dengan mudah karena jaraknya dekat. Tempat wisata tersebut adalah sebagai berikut.

  • Lake Alexandrina
  • Hindmars Island
  • Port Elliot
  • Eyre Peninsula
  1. Mount Gambier

Mount GambierPuas dengan wisata pulau dan laut, lanjutkanlah perjalanan Anda menuju Mount Gambier. Mount Gambier adalah gunung volcano yang terletak tidak jauh dari Limestone Coast. Letusan Mount Gambier pada masa dahulu memicu munculnya kawan yang cantik yang tampak seperti kombinasi sinkhole dan taman rimbun.

Di Mount Gambier, Anda bisa mengunjungi salah satu danau terkenal di Australia bernama Blue Lake. Danau ini menjadi sangat menarik karena warnamya yang berubah biru setiap bulan November.

Mengunjungi salah satu tempat wisata di Australia selatan ini idelanya bisa dicapai menggunakan mobil. Selama perjalanan, Anda akan disuguhi pemandangan yang cantik disekitar gunung dan kawah. Setelah sampai di area Mount Gambier, berjalanlah lebih jauh ke arah selatan. Anda akan menemukan satu-satunya situs warisan dunia UNESCO bernama Naracoorter Caves atau Gua Naracoorter. Di gua ini terdapat banyak fosil yang memanjakan mata.

Jangan bergegas pulang dari Mount Gambier, setelah puas berwisata lekaslah mengunjungi tempat wisata lainnya di sekitar gunung ini. Anda bisa mengunjungi beberapa tempat yang direkomendasikan seperti berikut.

  • Lake Alexandria
  • Coonawarra
  • Mount Crawford Forest
  • Adelaide Hills
  1. Clare Valley

Clare ValleyMengunjungi Australia tidak lengkap rasanya jika Anda tidak mencicipi anggur khas Australia. Maka pergilah berwisata ke Clare Valley. Clare Valley adalah lembah yang merupakan wilayah perkebunan anggur yang paling diunggulkan di Australia.

Lembah ini terletak sekitar 136 km arah utara dari kota Adelaide. Mengunjungi Clare Vallery paling disarankan saat akhir pekan karena lembah ini memiliki pemandangan yang romantis.

Di sisi lain, banyaknya imigran dari negara Eropa seperti Polandia, Inggris, dan Irish membuat lembah ini cukup unik dari segi budaya. Perpaduan tersebut bisa dilihat dari berbagai situs yang dibangun dan latar belakang seajarahnya.

Misalnya di pusat kota Valley, Anda bisa mengeksplorasi museum kota yang dibangun pada pertengahan abad ke 19 atau mengunjungi Sevenhill. Dua area tersebut erat kaitannya dengan budaya masyarakat Eropa dan menjadi salah satu tempat bersejarah di Australia.

Sebelum usai mencicipi anggur di Clare Vallery dan melanjutkan jalan-jalan ke New Zealand, di sekitar lembah terdapat beberapa tempat wisata lainnya yang harus Anda jajal. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut.

  • Pilish Hills River Vallery
  • Polish Church Museum
  • Clare Vallery Gourmnet Weekend
  • Heritage Town of Mintaro
  1. Flinders Ranges

Flinders RangesSebelum melanjutkan perjalanan untuk mengunjungi tempat wisata di Perth, tempat wisata di Australia Selatan yang direkomendasikan untuk Anda adalah Flinders Ranges.

Flinders Ranges adalah pegunungan yang berdiri megah dari arah utara menuju selatan membelah bagian timur dari wilayah Australia selatan. Wilayah ini membentang sejauh 400 km menuju Outback. Flinders Ranges memiliki bentang alam khas pegunungan yang cantik.

Di area ini, Anda bisa melihat wilayah yang dipenuhi dengan berbagai vegetasi khas lembah, varian bunga liar yang berjajar membentuk karpet dan mekar saat musim semi.


Atraksi paling populer dari tempat wisata ini adalah amphiteater alam dari Pund Wilpena dengan puncak St Mary di titik paling tinggi pegunungan Flinders. Beberapa yang juga banyak dinikmati adalah seni Aboriginal pada batu Arkaroo, berbagai jenis fosil, dan bagian dari Heysen Trail.

Setelah berlibur di Flinders Ranges, segeral untuk merencanakan perjalanan di tempa wisata di Australia selanjutnya yakni sebagai berikut.

  • Adelaide
  • Murray River
  • Coorong National Park
  • Kapunda

Australia memang salah satu benua dan negara terluas yang memiliki banyak tempat wisata yang menarik. Jika Anda bosan ketika mengunjungi kota-kota modern semacam Melbourne, Sydney, dan Perth di Australia maka cobalah untuk berwisata di Australia Selatan. Banyak tempat wisata di Australia Selatan yang patut Anda jajal. Tentu saja setelah puas mengeksplorasi Australia Selatan, lanjutkan perjalanan Anda ke berbagai tempat wisata di Auckland New Zealand. Jangan lupa untuk membeli beberapa oleh-oleh khas New Zealand sebelum pulang ke tanah air.

, , , ,
Post Date: Monday 10th, December 2018 / 02:55 Oleh :
Kategori : Australia