10 Tempat Wisata Di Kuranda Australia Paling Diminati Wisatawan Dunia

Tempat Wisata di Kuranda – Mengambil waktu berlibur ke luar negeri adalah salah satu kegiatan yang harus Anda lakukan di tengah kesibukan aktivitas pekerjaan. Jalan-jalan ke Australia kerap menjadi pilihan wisata bagi masyarakat Indonesia. Kendati jaraknya cukup dekat, atmosfer berlibur yang bisa Anda dapatkan jauh sampai ke benua Eropa.

Ada banyak pilihan tempat wisata di Australia. Anda bisa menghabiskan banyak waktu di daratan Australia atau menyeberang dan jalan-jalan ke New Zealand. Akan tetapi, jangan terburu-buru menentukan tujuan wisata Anda apalagi ketika high season. Jika Anda menyukai wisata yang tenang dan mendamaikan, cobalah untuk masuk ke negara bagian Queensland dan jejakkan kaki di Kuranda. Kuranda adalah salah satu kota di negara bagian Queensland yang memiliki bentang alam yang indah. Tidak heran jika mayoritas tempat wisata di Kuranda merupakan keindahan alamnya, yakni sebagai berikut.

  1. Skyrail Rainforest Cableway

Skyrail Rainforest CablewayTerletak di Corner of Captain Cook Highway and Cairns Western Arterial Road, Skyrail Rainforest Cableway adalah pilihan utama Anda untuk menikmati keindahan alam kota Kuranda. Skyrail ini merupakan tempat wisata di Kuranda yang membelah Taman Nasional Barron Gorge. Menikmati liburan di atas ketinggian Skyrail adalah salah satu pengalaman berwisata yang tentu saja akan menarik.

Hutan hujan tropis tempat Skyrail ini berada merupakan salah satu hutan hujan yang masuk ke dalam warisan dunia. tidak heran jika tempat ini juga merupakan tempat bersejarah di Australia. Selain hutan hujan tropis, Anda juga akan menemukan keindahan air terjun yang memikat, jurang-jurang yang dalam, serta pemandangan koral pantai dari kejauhan yang tampak berkilau. Berlibur di Skyrail akan mengajak Anda terbang di atas kanopi hutan lalu masuk ke dalamnya.

Selain berwisata, Anda juga bisa mengunjungi Rainforest Interpretaion Centre untuk memahami ekosistem tropis dari hutan yang Anda tengah jelajahi. Perjalanan Skyrail ini memakan waktu 1.5 jam dengan rute kota Cairns menuju Kuranda. Untuk kembali ke tempat keberangkatan, Anda bisa menggunakan jasa Kuranda Scenic Railway.

  1. Australian Butterfly Sanctuary

Australian Butterfly SanctuaryLuasnya hutan hujan tropis yang terdapat di Kuranda menjadi rumah bagi berbagai jenis flora dan fauna. Salah satu fauna yang menarik perhatian adalah kupu-kupu. Jika Anda penggemar kupu-kupu, sudah seharusnya Anda berkunjung ke tempat penangkaran kupu-kupu di Kuranda. Tempat wisata di Kuranda tersebut bernama Australian Butterfly Sanctuary. Tempat wisata ini tidak kalah dengan tempat wisata di Sydney.

Australian Butterfly Sanctuary berada di alamat Kuranda Heritage Markets, 8 Rob Veivers Drive, Kuranda. Tempat penangkaran ini menjadi yang terbesar di Australia. Ketika Anda berkunjung, Anda akan menemukan lebih dari 1500 spesies kupu-kupu tropis yang terdapat di taman penangkaran. Selain bisa menikmati keindahan hewan tersebut ketika mengepak sayap, Anda juga bisa melihat daur hidupnya yang menarik.


Berlibur ke tempat wisata di Kuranda ini tentu akan menjadi pilihan yang tepat jika dilakukan bersama keluarga. Anda bisa mengambil banyak foto sekaligus pengalaman menikmati miniatur hutan hujan tropis Australia yang lebat dan luas. Jika Anda berkunjung disarankan untuk menyewa jasa tour guide. Puas berinteraksi dengan kupu-kupu, jangan lewatkan museum yang memamerkan barang-barang terkait kupu-kupu dan upaya penangkarannya.

  1. Kuranda Scenic Railway

Selain Skytrail Rainforest Cableway, alternatif pilihan untuk menikmati keindahan Taman Nasional Barron Gorge adalah dengan menumpangi kuranda Scenic Railway. Tempat wisata di Kuranda yang diunggulkan ini terletak di Bunda Street, Cairns. Anda akan diajak untuk menjelajahi hutan hujan tropis yang sudah dipugar sejak abad ke 19 masehi.

Berbeda dengan Skytrail, perjalanan menggunakan Kuranda Scenic Railway memakan waktu sekitar 2.5 jam dari Cairns menuju Kuranda. Selama perjalanan, Anda bisa menikmati keindahan Taman Nasional Barron Gorge. Ada air terjun yang cantik serta hutan hujan tropis yang sudah masuk ke dalam daftar warisan dunia karena pemandangannya yang memikat.

Kuranda Scenic Railway tentu saja tidak kalah bagus dengan tempat wisata di Perth yang serupa. Menariknya, stasiun Kuranda Scenic Railway berintegrasi dengan stasiun Skyrail Rainforest Cableway. Dengan begitu, Anda bisa memilih moda transportasi yang paling sesuai dengan Anda untuk melihat secara dekat hutan hujan tropis Barron Gorge dari dekat.

  1. Rainforestation Nature Park

Rainforestation Nature ParkDi wilayah Kennedy Higway, Anda akan menemukan sisi lain dari hutan hujan tropis negara bagian Queensland. Daerah ini bernama Rainforestation Nature Park dan bisa Anda jangkau selama 5 menit dari pusat kota Kuranda.

Di tempat wisata ini, Anda bisa melihat dengan jelas kehidupan penduduk Australia asli termasuk di dalamnya adalah budaya aborigin dan tentu saja penjelajahan hutan hujan baik di sisi darat maupun laut.

Ketika Anda mengikuti tur di Rainforestation Nature Park, Anda akan diangkut oleh kendaran amfibi WWII Army Duck. Selama dalam perjalanan ke dalam hutan hujan, Anda akan disuguhkan panduan kecil mengenai flora dan fauna yang berada di dalamnya. Selain itu dalam upaya mengapresiasi budaya penduduk lokal, Anda bisa menikmati pertunjukkan tari aborigin dan belajar melempar bumerang.

Di tempat wisata di Kuranda ini, Anda bisa menemukan beberapa jenis fauna liar seperti koala, kanguru, dingo, buaya, dan burung kasuari. Untuk mendapatkan pengalaman yang lebih menarik, tidak ada salahnya mengeluarkan lebih banyak budget untuk berinteraksi langsung sekaligus mengambil gambar bersama binatang-binatang tersebut. Setelah berwisata alam di lokasi ini, jangan lewatkan wisata alam lainnya seperti mengunjungi danau terkenal di Australia.

  1. Kuranda Markets

Kuranda MarketsPilihan paling tepat setelah seharian berlibur adalah berbelanja. Ada sebuah tempat jual beli di Kuranda yang bisa Anda kunjungi yakni Kuranda Markets. Tempat wisata yang banyak dikunjungi oleh wisatawan dunia ini terletak di 2/4 Rob Veivers Drive, Kuranda.

Kurang Markets atau Kuranda Village Markets memilki dua bagian yang bisa Anda pilih yakni Original Markets dan Heritage Markets.

Kedua bagian pasar Kuranda tersebut buka setiap hari sehingga waktu kunjungan Anda bisa lebih fleksibel. Di Kuranda Market, Anda bisa membeli banyak hal seperti makanan khas Australia, berbagai produk seni dan kerajinan masyarakat lokal, produk berbahan dasar kulit binatang, pahatan kayu, souvenir, hingga batu berharga.


Selain berbelanja, Anda juga akan disuguhi suasana Kuranda yang hangat, penampilan seni jalanan dan pelatihan khusus dan gratis untuk mengoperasikan Skyrail dan Kuranda Scenic Railway Station.  Tempat wisata ini cukup strategis karena dekat dari beberapa tempat wisata di Kuranda serta stasiun moda transportasi.

Berwisata alam di Kuranda adalah alternatif lain dari wisata pantai di Australia. Terutama pada masa high season dan musim panas, wisatawan dunia umumnya akan pergi ke deretan pantai cantik di Australia. Untuk menghindari keramaian yang akan menghambat kualitas libur Anda, tidak ada salahnya masuk ke pedalaman Queensland dan menemukan pengalaman berlibur Anda di Kuranda. Beberapa pilihan tempat wisata di Kuranda lainnya adalah sebagai berikut.

  • Birdworld Kuranda
  • Kuranda Koala Gardens
  • Barron Gorge National Park
  • Kuranda Riverboat Cruise
  • Ultimate Kuranda Tour

Alternatif lain yang bisa Anda jajal adalah mengunjungi tempat wisata di Auckland New Zealand. Jangan lupa untuk membeli oleh-oleh khas New Zealand untuk dibawa pulang ke tanah air.

, , ,
Post Date: Friday 07th, December 2018 / 02:59 Oleh :
Kategori : Australia