22 Tips Backpaker ke Tokyo Yang Murah Dan Wajib Diketahui

Tips Backpaker ke Tokyo – Mungkin pernah terlintas di benak anda, bahwa jalan-jalan di Tokyo membutuhkan biaya yang mahal. Ya, Ibu kota Jepang tersebut memang memiliki berbagai fasilitas yang siap memanjakan anda sebagai seorang wisatawan. Pasalnya, di kota ini, banyak tempat-tampat wisata modern dengan berbagai teknologi terkini. Namun, bagi anda yang memiliki budget yang pas-pasan, anda tidak perlu kecewa. Karena ada beberapa tips jalan-jalan ke Tokyo murah dengan cara backpakeran.

Banyak hal yang perlu dipersiapkan untuk berlibur ke Tokyo dengan cara backpakeran. Meskipun anda belibur dengan cara backpacker, namun anda juga harus menyiapkan dana untuk makan, transportasi dan lain sebagainya. Dan juga dengan budget yang minimal, tentunya anda juga harus merenanakan pengeluaran dan biaya apa saja yang mungkin keluar di Tokyo nanti. Untuk itu, simak yuk tips backpacker ke Tokyo berikut ini:

1. Tips Persiapan sebelum keberangkatan

visaTips Persiapan sebelum keberangakatan ke Tokyo hampir sama dengan beberapa persiapan untuk berlibur ke negara-negara lainya seperti ke tips backpacker ke china maupun tips backpacker ke Korea. Dan berikut adalah beberapa hal yang perlu dipersiapkan untuk liburan hemat ala backpacker anda.

  • Pasport, syarat wajib bagi anda yang pergi keluar negeri, pastikan passport anda masih memiliki masa berlaku yang masih panjang.Minimal 6 bulan saat keberangakaran. Hal yang terkadanag sepele, namun passport merupakan hal terpenting dalam setiap liburan keluar negeri anda.
  • Tiket Pesawat Murah, Untuk mendapatkan tiket pesawat yang murah, anda bisa berwisata ketika saat low-season, dimana banyak promo dari maskapai penerbangan. Anda bisa selalu update untuk mengecek website resmi dari setiap masing-masing maskapai penerbangan, atau menggunakan aplikasi di smartphone anda.
  • Visa, Jepang menerapkan bebas visa bagi pemegang e-passport, dimana untuk apply bebas visa terdapat prosedur tersendiri. Bebas visa untuk berlibur ke Jepang hanya bisa diperoleh bagi pemegang e-passport dengan logo chip sesuai dengan standar ICAO (International Civil Aviation Organization) yang berada pada sampul passport. Setelah itu, anda pergi ke kantor Perwakilan Negara jepang untuk Indonesia dan baca syarat-syarat untuk pengajuan visa di situs kedutaan besar Jepang di Indonesia.
  • Siapkan Ittenary, jadwal kunjungan juga sangat penting untuk anda rancang sebelumnya, mulai dari jam berangkat, hingga tempat wisata di Tokyo mana saja yang nanti akan dikunjungi. Termasuk juga musim ketika anda berlibur, karena di Jepang sendiri memiliki 4 musim yang masing-masing memiliki keunggulan tersendiri.

2. SIM Card

Meskipun nantinya ada banyak layanan wifi gratis di Tokyo, membeli sim card jepang juga sangatlah penting. Hal ini untuk menanggulangi jika anda tersesat dan ingin mengandalkan GPS anda. Jalanan di Tokyo memang rapi dan tertata, namun karena terlalu banyak nya jalan, jangan sampai anda tersesat. Serta hal ini dibutuhkan ketika anda ingin menanyakan sesuatu kepada penduduk setempat karena banyak orang jepang kurang familiar dengan bahasa inggris.


3. Penginapan Murah di Tokyo

hotelDi Tokyo ada berbagai macam tempat penginapan, dimana Tokyo memang terkenal dengan hotel – hotelnya yang mahal dan juga memiliki fasilitas yang bagus, namun harganya sangat fantastis bisa mencapai 10000 hingga 50000 yen untuk permalamnya. Untuk anda yang berlibur ke Tokyo dengan backpakeran, tentunya bukan pilihan utama untuk memilih hotel yang mewah, karena memang kebanyakan waktu anda akan anda habiskan diluar ruangan. Anda bisa mencoba menginap di hotel kapsul, dimana kamarnya memang didesain menyerupa seperti kapsul dengan fasiltas cukup lengkap seperti TV, colokan listrik, dan juga tempat koper dengan harga antara 5500 hingga 10000 yen. Dan juga yang terakhir adalah tipe penginapan yang disukai oleh backpacker , yaitu di Youth Hostel yang bisa anda temukan di Shibuya dan Ikebukuro. Youth hostel biasanya dihargai 2000 hingga 5000 yen permalamnya.

4. Tips Makan Murah di Tokyo

Jepang terkenal dengan makananya yang sangat beragam dan juga sangat meperhatikan detailnya. Untuk makan di restoran ataupun kafe di Jepang, terbilang cukup mahal, apalagi jika anda berwisata di Tokyo. Anda bisa menghabiskan hingga 3000 yen sekali makan di restoran. Untuk menghemat pengeluaran anda bisa menuju restoran kaiten sushi dimana anda hanya akan menghabiskan uang sekitar 100 yen sekali makan. Disini anda bisa memakan gyudon lengkap dengan nasi, salad, dan juga daging, serta nasi tempura yang merupakan salah satu makanan halal di Jepang yang bisa anda cicipi. Selain itu, ada juga ramen yang halal dan murah di Asakusa, tepatnya di daerah dekat dengan gerbang Kaminarimon.

Satu lagi tips untuk bisa makan murah di Jepang adalah dengan membeli bento di supermarket ketika menjelang tutup. Biasanya supermarket di jepang memberikan diskon khusus ketika malam hari, biasanya diatas jam 8 malam. Kadang-kadang juga minimarket di hotel atau stasiun juga memberikan diskon khusus saat menjelang malam hari. Anda juga bisa mencoba di toko-toko lain seperti Lawson, Family Market maupun di Seven Eleven.

5. Tempat Belanja Murah di Tokyo

Meskipun berlibur dengan cara backpakeran, sangat disayangkan jika anda tidak mengunjungi tempat belanja di Tokyo dan membeli beberpa oleh-oleh khas Jepang untuk kenang-kenangan ataupun untuk keluarga anda dirumah. Apalagi Tokyo merupakan salah satu surga belanja di Jepang. Salah satu tempat belanja oleh-oleh yang murah adalah di sekitar kuil sensoji di Asakusa, yaitu di nakamise dori, dimana merupakan sebuah pusat perbelanjaan yang diisi lebih dari 80 kios yang menjual berbagai oleh-oleh seperti gantungan kunji, tulisan kanji, ukiran huruf jepang, kaos dan lain-lain.

Anda bisa membeli di deretan kios bagian depan, dimana harganya lebih murah. Harga di Nakamise dori berkisar antara 100 hingga 300 yen. Selain itu , jika anda juga mengunjungi tempat belanja murah di Tokyo lainya, seperti toko itoya di distrik Ginza, toko 100 yen cando di sekitar stasiun Shibuya, dan di tko daiso di distrik harajuku.

6. Wisata gratis di Tokyo

HachikoTempat wisata di Tokyo kebanyakan memang dikenakan biaya ketika anda ingin mengunjunginya. Namun, anda juga tetap bisa menikmati keindahan kota Tokyo dengan mengunjungi tempat-tempat wisata gratis di Tokyo yang sangat cocok untuk backpakeran. Diantaranya yaitu:

  • Gedung metropolitan, Tokyo terkenal dengan gedung-gedung tingginya, dimana anda bisa mengunjungi ruang observasi dan menikmati pemadangan kota Tokyo yang gemerlapan dan gunung fuji yang indah dari atas ketinggian 202 meter.
  • Kuil Sensoji atau Kuil Meiji di Asakusa, Disini anda bisa melihat masyarakat jepang yang sedang berdoa, dan juga mengaggumi arsitektur khas jepang yang cukup unik dan mengaggumkan.
  • Taman Ueno, dimana anda bisa bersantai dengan menikmati sejuknya udara. Taman ini hnaya berjarak sekitar 10 menit dari stasiun Ueno.
  • Taman Yogoyi, Taman ini sangat cocok dikunjungi ketika musim semi atau musim gugur, dimana anda bisa menikmati indahnya ribuan pohon sakura secara gratis.
  • Monumen Hachiko, Jangan lupa mampir ke salah satu monument dimana seekor anjing yang menunggu majikanya di stasiun hingga meninggal. Monumen ini terletak di Shibuya.
  • Pusat Manga, Bagi para pecinta manga anda bisa mengunjungi pusat manga yang berada di Harajuku.
  • Anda juga bisa menggunakan JR yamanote line, dimana anda bisa berkeliling menikmati keanekaragamana dan keindahan kota Tokyo dengan menggunakan kereta. Anda hanya akan disuruh membayar 200 hingga 400 yen saja.

7. Etika

Jepang terutama di Kota Tokyo memang terkenal dengan orang-orangnya yang ramah dan sopan, untuk itu ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan ketika mengunjungi negara ini. Dan berikut adalah hal-hal yang perlu diperhatikan saat berlibur ke Tokyo.


  • Ketika bertanya kepada penduduk sekitar awali dengan ucapan sumimasen (permisi) dan akhiri dengan arigatou gozaimasu (terimakasih banyak)
  • Jangan membuang sampah sembarangan
  • Setting smartphone anda dalam mode “diam” saat berada di transportasi umum
  • Jangan makan sambil jalan
  • Jangan membawa makanan maupun minuman sendiri ketika di restoran
  • Jangan duduk di “priority seat” jika anda orang normal ketika anda sedang berada di angkutan umum, dan prioritaskan orang-orang yang berkebutuhan khusus
  • Budayakan antri
  • Taksi di jepang memiliki pintu otomatis
  • Dilarang memberikan uang tips kepada pelayang saat di restoran
  • Berpakaian sopan saat mengunjungi kuil
  • Jangan memotret sembarangan
  • Bawa colokan flat two pins dengan voltase 100 V-240 V

Dan itu dia beberapa tips backpakeran ke Tokyo, selalu awasi barang-barang pribadi anda dan selamat berlibur

, , , ,
Post Date: Tuesday 05th, June 2018 / 16:30 Oleh :
Kategori : Jepang