15 Bangunan Terkenal Di Australia Berarsitektur Menawan Wajib Dikunjungi

Bangunan Terkenal di Australia – Meski terkenal dengan wisata pantai di Australia, hiruk pikuk kehidupan pesisir bukanlah satu-satunya tempat wisata yang bisa Anda nikmati. Dengan sejarah kolonialisme dan pembangunan modern yang panjang, Australia memiliki banyak bangunan penting dan bersejarah. Tidak heran jika bangun-bangunan tersebut kemudian terkenal secara global dan menjadi daya tarik sendiri.

Bangunan terkenal di Australia saat ini merupakan tujuan wisata yang tidak kalah ramai pengunjung. Bangunan-bangunan tersebut berasal dari peradaban dan fungsi yang berbeda. Berdiri dengan usia beratus-ratus tahun, umumnya bangunan-bangunan tersebut mendapatkan sentuhan renovasi namun masih menunjukkan identitas aslinya. Tidak jarang, bangunan tersebut terletak dekat tempat wisata lain semacam danau terkenal di Australia. Beberapa bangunan terkenal di Australia yang bisa Anda kunjungi sebagai destinasi wisata adalah sebagai berikut.

  1. The Sydney Opera House

The Sydney Opera HouseIkon dari Australia yang sudah mendunia adalah Sydney Opera House. Bangunan terkenal di Australia ini kerap menjadi tujuan utama wisatawan berlibur ke Australia. Bangunan ini terletak di Sydney, ibu kota dari negara bagian New South Wales.

Pada tahun 2007, berkat arsitekturnya yang unik serta fungsinya yang penting membuat Sydney Opera House masuk ke dalam daftar tempat bersejarah di Australia serta menjadi situs warisan dunia. Kendati, arsitektur dari bangunan ini adalah hasil sebuah kompetisi.

Selain bisa dinikmati dari segi arsitekturnya yang berasal dari abad ke 20, Anda juga bisa menonton berbagai pertunjukkan di dalam gedung. Ada banyak jenis pertunjukkan mulai dari teater hingga balet. Tentu saja jika Anda ingin menghibur diri dengan menonton pertunjukkan di tempat wisata di Sydney unggulan ini, Anda perlu mengeluarkan sejumlah uang.

Namun, mengunjungi Bennelong Point di Sydney Harbour untuk menikmati keindahan arsitektur Sydney Opera House saja sudah cukup. Di sekitar bangunan yang dikelola oleh Operas House Trust ini, Anda bisa melihat hiruk pikuk dan keindahan Sydney Harbour Bridge. Selain The Sydney Opera House, ada pula beberapa bangunan terkenal di Australia lainnya yang harus Anda kunjungi yakni sebagai berikut.

  • International Towers, Sydney
  • One Central Park
  1. The Queen Victoria Building

The Queen Victoria BuildingBangunan terkenal di Australia selanjutnya yang harus Anda kunjungi adalah Queen Victoria Building. Bangunan ini juga dikenal dengan nama QVB agar lebih ringkas dalam pengucapan. QVB dibangun pada abad ke 19 masehi.

Arsitek dari bangunan yang terletak di pusat kota Sydney ini adalah Gerorge McRae. Pada masa ini, Queen Victoria Building difungsikan sebagai tujuan wisata belanja utama para wisatawan.

Anda bisa menemukan banyak hal di Queen Victoria Building. Selain barang-barang mewah dan bermerek, jika Anda jeli Anda juga bisa menemukan berbagai makanan khas Australia di berbagai kafe dan resto. Meski hanya digunakan sebagai pusat perbelanjaan, arsitektur dari QVB tidak kalah indah dengan bangunan terkenal lainnya di Australia.


Jika Anda tidak mengalokasikan budget untuk berbelanja, windows shopping dan mengambil gambar di beberapa spot Queen Victoria Building adalah alternatif terbaik. Jangan lupa untuk mencicipi gaya hidup para sydneysider dan berbaur dengan masyarakat lokal. Selain Queen Victoria Building, Anda juga bisa mengunjungi bangunan terkenal di Australia lainnya yakni sebagai berikut.

  • Dr Chau Chak Wing Building
  • Sudney Tower
  1. Australia Square

Australia SquareDi pusat kota Sydney yang ramai, Anda akan salah satu bangunan terkenal di Australia. Bangunan tersebut bernama Australia Square. Bangunan ini berfungsi sebagai gedung perkantoran dan bisnis retail. Meski demikian, ketika Anda jalan-jalan ke Australia, tidak ada salahnya untuk mengunjungi gedung ini sekadar menikmati arsitekturnya yang bagus.

Australia Square terletak di 264 George Street dan dikelilingi oleh Bond Street di abgian utara, Pitt Street di bagian timur, serta Curtin Place di arah selatan.

Bisa dibilang, Australia Square berada di lokasi yang cukup strategis. Selain mudah dijangkau, bangunan yang didesain oleh Harry Seidler and Associates pada tahun 1964 ini bisa menunjukkan Anda ikon arsitektur Australia yang sesungguhnya.

Australia Square tidak begitu saja menjadi bangunan terkenal di Australia. Bangunan yang juga dibangun secara kolaborasi dengan Pier Luigi Nervi ini mendapatkan berbagai penghargaan. The Sydney Morning Herald menggagas Australia Square sebagai bangunan terindah di Australia. Selain Australia Square, beberapa bangunan indah dan terkenal di Australia yang harus Anda kunjungi adalah sebagai berikut.

  • MCA
  • Rose Seidler House
  1. Vaucluse House

Vaucluse HouseSalah satu bangunan terkenal di Australia yang berasal dari abad ke 19 masehi adalah Vaucluse House. Bangunan ini merupakan mansion yang berdiri dengan wooded grounds serta dikelilingi oleh taman yang indah.

Pada tahun 1915, Vaucluse House menjadi museum official pertama milik Australia dan terus menarik banyak pengunjung hingga saat ini. Pada tahun 2015, Vaucluse House merayakan usianya yang keseratus setelah dialihfungsikan menjadi museum.

Vaulcluse House terletak di Wentworth Road, Vaucluse, NSW 2030.  Ada pun tiket masuk yang harus Anda beli adalah sekitar 12 dollar Australia untuk pengunjung dewasa. Tiket masuk ke museum bisa jadi gratis untuk member dan anak di bawah 5 tahun. Jika Anda berkunjung bersama keluarga, tidak ada salahnya membeli paket keluarga seharga 30 dollar Australia.

Selain berada di New South Wales, banyak bangunan terkenal yang terletak di Perth. Bangunan-bangunan tersebut kini telah menjadi tempat wisata di Perth yang harus Anda kunjungi. Ada pun daftarnya yakni sebagai berikut.

  • 108 St. Georges Terrace
  • Old Mill
  1. Elizabeth Bay House

Elizabeth Bay HouseDi pinggiran Elizabeth Bay Sydney, ada sebuah bangunan terkenal di Australia bernama Elizabeth Bay House. Bangunan ini terhitung sebagai rumah bersejarah yang dibangun pada tahun 1835 hingga tahun 1839.

Rumah ini menjadi terkenal dan penting karena memiliki arsitektur kolonial Australia yang menawan yang didesain oleh John Verge.

Pada tahun 1829 sampai tahun 1845, Elizabeth Bay House sempat direnovasi menjadi lebih elegan. Dulunya di awal masa pembangunan, Elizahbet Bay House adalah rumah terbaik bergaya Regency. Di sekitarnya terdapat kebun seluas 22 hektar. Kini, Elizabeth Bay House merefleksikan kehidupan masyarakat lokal Sydney pada abad ke 19.


Dikelola oleh Historic Houses Trust of New South Wales, Anda bisa mengunjungi Elizabeth Bay House dengan harga yang terjangkau. Bangunan yang kini di tengah padatnya pembangunan kota Sydney beralih fungsi menjadi museum. Selain Elizabeth Bay House, Anda juga perlu menjelajahi bangunan terkenal di New Zealand. Ada banyak bangunan yang kini menjadi tempat wisata di Auckland New Zealand, yakni sebagai berikut.

  • Auckland War Memorial Museum
  • Beehive

Jalan-jalan di Australia untuk mengunjungi deretan bangunan terkenal di Australia tidak menuntut Anda untuk tetap berada di daratan Australia. Anda juga perlu menyeberang dan jalan-jalan ke New Zealand.

Ada banyak deretan bangunan terkenal dan tempat wisata yang bisa Anda jajal. Sebelum kembali ke daratan Australia untuk kepulangan, belilah beberapa oleh-oleh khas New Zealand untuk dinikmati bersama keluarga di tanah air. Dengan begitu, liburan Anda di Australia akan lebih menyenangkan dan tentu saja bermakna.

, , ,
Post Date: Monday 10th, December 2018 / 02:52 Oleh :
Kategori : Australia