5 Tips Ampuh Belanja Murah Di Bangkok Bagi Wisatawan

Salah satu destinasi wisata yang kerap dikunjungi oleh masyarakat Indonesia adalah Thailand. Selain karena memiliki kesamaan kultur, Thailand terletak tidak jauh dari Indonesia sehingga bisa dijangkau dengan budget yang minim. Thailand juga memiliki banyak kota menarik yang patut dikunjungi. Pada urutan teratas tentu saja Bangkok sebagai kota metropolitannya. Anda bisa memilih untuk melakukan perjalanan backpacker ke Bangkok atau dengan tour.

Selain menikmati suasana kota Bangkok, berwisata di sana tidak lengkap rasanya jika tidak disertai dengan belanja-belanja. Bangkok meski sudah menjadi destinasi wisata internasional, namun masih memberikan tempat bagi para wisatawan yang ingin berwisata belanja murah di Bangkok, lho. Meski begitu, ada beberapa tips yang perlu Anda cermati untuk bisa menekan biaya seminim mungkin, yakni sebagai berikut.

  1. Tawar Menawar

Tawar MenawarDengan kultur yang tidak jauh berbeda, proses jual beli di Bangkok sama halnya dengan di Indonesia. Berbeda dengan pasar-pasar dan toko di Eropa yang kaku, pasar-pasar dan toko di Bangkok cenderung membenarkan adanya transaksi tawar menawar—kecuali untuk produk-produk yang sudah memiliki banderol tertentu. Oleh karena itu, cara mudah untuk belanja murah di Bangkok adalah dengan pandai melakukan tawar menawar.

Dalam sebuah laman perjalanan, Anda disarankan untuk melakukan tawaran hingga 30-40% di bawah harga yang diberikan oleh para pedagang. Karena pada dasarnya, banyak pedagang di Bangkok yang mengambil untung cukup tinggi apalagi untuk wisatawan. Menawar harga hingga 40% akan mendekati harga dasar sebuah barang namun tidak menutup kemungkinan para pedagang mendapatkan untung yang sesuai.

Mendapatkan barang impian Anda dengan harga yang murah dari kebanyakan tentu memiliki banyak keuntungan. Anda bisa mengalokasikan dana yang tersisa untuk membeli barang lain. Dengan budget yang tersisa pula, Anda memiliki kesempatan untuk mengunjungi cafe instagramable di Bangkok dan berbaur dengan kehidupan anak muda di sana.

  1. Bersikap Seperti Penduduk Lokal

Bersikap Seperti Penduduk LokalSalah satu alasan kenapa produk yang Anda beli memiliki banderol harga yang mahal karena pedagang tahu bahwa Anda adalah wisatawan. Kenyataan bahwa pedagang selalu memberikan harga yang berbeda untuk penduduk lokal dan wisatawan asing sudah menjadi rahasia umum. Oleh karena itu, Anda bisa bersikap seperti penduduk lokal ketika berbelanja.

Penduduk Asia Tenggara barangkali memiliki keuntungan lebih karena secara fisik tidak jauh berbeda. Tidak cukup di sana, optimalkan juga dengan mempelajari bahasa setempat agar selain komunikasi bisa dijalankan dengan lancar Anda juga bisa terhindar dari kecurangan pedagang.

Meski pun umumnya, beberapa pedagang di pusat perbelanjaaan di Bangkok tidak sedikit yang sudah menguasai bahasa Indonesia dasar karena banyaknya pengunjung dari Indonesia. Jika begitu, cobalah untuk memenangkan hatinya dengan memberikan pujian. Tidak ada salahnya menyenangkan pedagang untuk mendapatkan harga lebih murah.


  1. Jangan Tergesa-gesa Menentukan Pilihan

Bersikap Seperti Penduduk LokalBerbelanja bukan hanya proses jual beli atau transaksi tertentu. Saat ini, belanja juga merupakan bagian dari wisata dan kerap kali masuk ke dalam itinerary atau rencana perjalanan. Maka, nikmatilah kegiatan belanja Anda sebagaimana Anda menikmati berjalan-jalan di tempat nongkrong di Bangkok.

Jangan terburu-buru membeli produk yang Anda inginkan dari satu toko atau pedagang, apalagi jika harganya cukup tinggi. Ada banyak pasar, pusar perbelanjaan, dan pedagang yang menjual produk yang sama.

Jika ada kesempatan, cobalah untuk berkeliling terlebih dahulu untuk melakukan perbandingan harga. Setelah itu, Anda bisa membeli produk yang diinginkan dari pedagang dengan harga yang paling sesuai.

Jika sudah mentok, Anda bisa menggunakan permainan psikologis. Cobalah untuk merasa keberatan dengan harga yang dipatok oleh pedagang. Anda bisa pura-pura tidak tertarik dan hendak meninggalkan toko sesegera mungkin. Biasanya, pedagang akan memanggil Anda dan menurunkan harga sesuai dengan yang Anda tawar. Sebab, mendapat pembeli bagi mereka lebih baik dari pada sepi sama sekali.

  1. Mencari Diskon

Mencari DiskonJika Anda tidak menguasai bahasa Thailand dan tidak mampu melakukan tawar menawar, Anda tetap bisa belanja murah di Bangkok. Caranya adalah dengan mencari diskon atau potongan harga. Di beberapa pusat perbelanjaan dan toko, mereka kerap mengadakan promo atau diskon saat momen-momen tertentu.

Tempat wisata murah ke Bangkok juga biasanya memiliki toko souvenir dengan harga diskon dan terjangkau. Jika Anda tidak sedang berwisata saat masa diskon, maka pilihlah produk-produk yang dijual dengan diskon. Namun, tetap Anda harus menyesuaikannya dengan kebutuhan Anda. Agar budget yang Anda keluarkan tidak sia-sia.

Harga diskon juga kerap diberikan jika Anda membeli sebuah produk dalam jumlah besar. Kesempatan ini tentu jangan Anda sia-siakan, apalagi jika Anda memang sedang mencari oleh-oleh dalam jumlah yang banyak untuk teman-teman Anda di tanah air. Jangan lupa perhitungkan berat barang agar sesuai dengan bagasi dan peraturan pesawat serta bea cukai, ya.

  1. Belanja di Tempat Murah

Belanja di Tempat MurahBisa belanja murah di Bangkok tetapi yang Anda kunjungi adalah pusat perbelanjaan dengan etalase brand-brand ternama tentu adalah sebuah kesalahan. Untuk beberapa produk eksklusif apalagi di toko-toko besar, produk yang ditawarkan biasanya tidak bisa ditawar sehingga memiliki harga yang tinggi. Kecuali, Anda tiba saat ada promo atau flash sale.

Sebelum Anda meninggalkan Bangkok dan liburan ke Phuket, cobalah untuk berbelanja di tempat-tempat yang terkenal dengan harga produk di bawah rata-rata. Jika Anda jeli, pusat perbelanjaan seperti itu banyak tersebar di Bangkok dan bisa Anda riset sendiri di internet atau tanyakan pada masyarakat lokal. Memiliki guide atau teman asli Bangkok tentu memberikan keuntungan sendiri.

Jika Anda sedang mencari produk pakaian impor asal Korea, Jepang, Hongkong, Tiongkok dan lainnya namun dengan kisaran harga yang terjangkau maka sebaiknya Anda  berbelanja di The Platinum Fashion Mall. Harga di tempat ini terkenal lebih murah di kanton. Untuk produk lain, Anda juga bisa mengunjungi Pantip Plaza, Pratunam Market, Central World Bangkok, MBK Center, Amarin Plaza, Chatuchak Weekend Market, hingga Khao San Road.


Berwisata ke Bangkok tanpa belanja memang tidak lengkap. Sebagai bukti bahwa Anda sudah mengunjungi Bangkok dan bentuk optimalisasi dari wisata Anda di sana, maka sepatutnya Anda berbelanja. Selain produk-produk kebutuhan yang memang menjadi prioritas, tidak ada salahnya bagi Anda untuk membeli produk-produk souvenir khas Thailand sebagai oleh-oleh.

Namun jangan habiskan waktu Anda hanya untuk belanja murah di Bangkok, cobalah untuk menikmati dinamika kota besar Bangkok dengan mengunjungi berbagai tempat seperti cafe unik di Bangkok dan tempat wisata antimainstream lainnya. Jika Anda seorang muslim, Anda bisa memilih restoran yang menyediakan makanan halal di Bangkok.

Jika anda butuh rekomendasi tempat belanja murah di Bangkok untuk makanan halal, cobalah untuk mengunjungi Himali Cha-Cha and Son, Sinthorn Steak House, Sophia Restaurant, Yusuf Pochana, Sara Halal Restaurant, Farida Fatornee, dan Spice and Rice Thai Cuisine. Selain halal dan nikmat di lidah, makanan-makanan dari resotran halal tersebut juga enak di kantong.

, , , ,
Post Date: Monday 15th, October 2018 / 08:34 Oleh :
Kategori : Thailand