8 Tips Jalan Jalan Ke Manila Yang Paling Berguna

Manila merupakan ibukota negara Filipina yang cukup terkenal sebagai destinasi wisata tour mancanegara. Banyak tempat wisata di Filipina yang bisa anda kunjungi di kota satu ini. Mulai dari pulau Boracay yang tidak jauh dari Manila, Manila Ocean Park, Rizal Park, dan masih banyak lagi. Selain itu, wisata kuliner di Manila juga patut anda coba, terdapat banyak makanan khas Filipina yang bisa and temui di restoran-restoran di Manila. Jangan lupa juga berbelanja di pasar-pasar tradisional untuk membeli oleh-oleh khas Filipina sebagi buah tangan bagi keluarga maupun teman-teman anda.

Namun, ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan ketika sedang jalan jalan ke Manila. Selain isu kesehatan di tempat-tempat umumnya, tingkat keamanan kota ini juga tidak bisa dibilang sepenuhnya aman. Sebagai wisatawan, anda bisa menjadi sasaran empuk penipuan hingga copet. Manila memang rawan dengan copet seperti tempat wisata di Mesiko dan tempat wisata di India.

Simak beberapa tips jalan jalan ke Manila berikut agar liburan anda aman dan lancar.

1. Jangan menggunakan keran air di tempat umum.

tipsmanila.1Keran air untuk minum memang populer di beberapa negara, termasuk di Manila, Filipina. Namun berbeda dengan tempat wisata di Eropa seperti tempat wisata di Inggris, Finlandia, dan negara Eropa lainnya, di Manila, keran air umum bisa menjadi petak untuk anda. Air keran tempat umum di Manila mengandung air yang tidak bersih dan bisa menyebabkan anda memiliki maslah perut selama berlibur di Manila.

Sistem perairan Filipina tidak sebersih negara-negara Eropa, oleh karena itu hindari penggunaan air dari keran umum terutama untuk minum. Ada baiknya anda selalu sediah air mineral botol yang dibeli di supermarket. Hindari pula pedagang minuman es di pinggiran kota Manila, karena tak sedikit dari mereka yang mungkin menggunakan keran air umum.

2. Jangan melakukan penukaran mata uang di money changer abal-abal.

tipsmanila.2Melakukan penukaran mata uang adalah satu hal esensial bagi setiap wisatawan seperti anda. Beberapa negara memiliki tempat money changer yang aman, termasuk money changer yang biasa dioperasikan oleh warga sekitanya. Namun, jangan lakukan penukarang uang di money changer abal-abal yang ada di Manila. Anda bisa berakhir rugi dan di tipu karena bisanya mereka akan mengurangi jatah penukaran yang harusnya anda terima. Hal ini pastinya akan sangat mengesalkan bagi anda.

Lakukan penukaran uang di money changer yang ada di bandara atau bank setempat yang berdekatan dengan anda. Hal ini juga berlaku jika anda ingin melakukan penarikan uang di ATM. Gunakan ATM resi yang berada di area bank untuk keamanan data kartu anda. Atau anda bisa mengandalkan kartu debet selama jalan jalan ke Manila.

3. Gunakan fasilitas mobil Uber daripada Taxi.

tipsmanila.3Salah satu kemajuan teknoligi yang bisa anda manfaatkan untuk keamanan berliburan sekarang adalah aplikasi mobil online, Uber. Sebisa mungkin, gunakan Uber untuk pergi ke tempat wisata tujuan anda di Manila. Karena aplikasi Uber jelas arahnya dan tarifnya sesuai dengan yang telah terterah pada aplikasi anda. Anda bisa menggunakan Uber atau Grab, sesuai dengan aplikasi apa yang tersedia di kota tersebut.

Kebanyakan supir taxi lokal di Manila suka mempermainkan rute dan membuat tarif menjadi sangat tinggi. Selain itu, mereka tidak keabiasaan menyalakan argo mereka. Apalagi jika mengetahui anda hanya seorang turis, anda bisa kena tipu dengan tarif taxi yang dinaikan dan tidak masuka akal. Jika terpaksa menggunakan taxi umum, anda harus berani komplain ketika supir tidak menyala agro atau sepakati dulu tarif sebelum perjalanan di mulai.


4. Waspada dengan barang anda di tempat umum.

tipsmanila.4Copet cukup marak di Manila dan wisatawan asing seperti anda bisa menjadi sasaran yang empuk. Pastikan anda mengamankan setiap barang bawaan anda ketika sedang jalan jalan ke Manila. Misalnya anda sedang berekreasi di pantai setempat. Jangan tinggalkan barang anda di tepi pantai lalu bermain air di tempat yang jauh dari jangkauan barang-barang anda. Dijamin dalam waktu sekejap, barang anda tidak akan ada pada tempatnya.

Perhatikan pula saat sedang berada di warung-warung di Manila. Jangan ceroboh meletak handphone atau dompet anda di atas meja, paling aman masukan semua barang berharga ke dalam tas. Dan jangan letakan tas sembarangan pula. Para copet di Manila tak kalah lihai dengan copet yang berada di Indonesia, bahkan lebih mahir dan tangkas. Oleh karena itu, kewaspadaan anda harus tetap terjaga. Jika anda punya budget lebih, mungkin makanan di restoran yang besar dan aman bisa menjadi pilihan tepat.

5. Jangan muda terpancing berbicara dengan orang asing dipinggir jalan.

Salah satu metode pencopetan marak di Manila adalah pengalihan perhatian. Terutama bagi turis seperti anda. Anda akan didatangi oleh seorang atau beberapa orang dan mereka akan mengajak anda berbicara dan membuat anda binggung. Dan tanpa anda sadari, barang-barang berharga akan hilang. Bahkan kamera besar juga bisa hilang, pastikan anda menggunakan straps kamera yang dikalungkan agar tetap aman dan tidak mudah diambil oleh para pecopet.

Hindari pula penggunaan perhiasan mencolok seperti kalung, anting-anting, dan gelang emas jang mencolok. Kenakan jacket atau kain penutup jika anda menggunakan pakaian yang sedikit terbuka karena udaranya yang panas, hal ini juga bisa melindungi anda dari perh=hatian para pencopet.

6. Barang-barang yang harus di bawah saat jalan-jalan.

tipsmanila.6Adapun beberapa barang bawaan yang perlu anda siapkan untuk membuat liburan anda nyaman di Manila. Untuk melindungi diri dari cuacanya yang terik, jangan lupa membawa kaca mata atau topi untuk melindungi anda dari silau. Jacket dan kain penutup juga bisa melindungi kulit anda dari sinar matahari yang berpotensi membuat kulit anda kusam dengan polusi di kota Manila.

Jangan lupa selalu membawa earbuds, hal ini untuk menghindari ketidaknyaman ketika anda sedang makan di warung-warung di pinggir kota. Warga lokal Manila sangat suka melakukan karaoke dan tidak sedikit dari mereka memiliki suara yang cukup mengganggu. Bawah juga kantong plastik untuk sampah-sampah anda agar tidak semakin mengotori tempat-tempat wisata di Manila. Jangan lupa pula dokumen penting anda seperti pasport dan visa berlibur anda.

7. Perencanaan mengunjungi tempat wisata yang jelas.

tipsmanila.7Pastikan anda melakuakn perancanaan selama liburan di Manila. Lakukan survey melalui berbagai sumber online, baca berbagai tips, dan rekomendasi serta akomodasi di tempat-tenpat wisatanya. Hal ini akan membantu anda dalam menekan budget karena bisa dibilang liburan di Manila merupakan salah satu pilihan untuk liburan luar negri yang murah jika anda melakukan perencanaan dan antisipasi terhadap berbagai penipuan dan tindak kriminal di Manila.

Lihat juga jam buka dan tutup setiap lokasi wisata dan perkirakan perjalanan anda dalam sehari. Jangan sampai anda tidak memiliki cukup waktu dan berakhir di tempat wisata yang jauh dari keramaian di waktu yang tidak pas. Jalan sepi di Manila pada saat petang bisa menjadi tempat yang sangat berbahaya.


8. Bergabung dengan forum travelling Filipina.

Karena Manila merupakan tempat wisata paling populer di Filipina, terdapat berbagai forum travelling lokal yang siap membantu anda. Cari informasinya melalui internet atau tempat anda menginap. Dari pada bertanya dengan orang asing dipinggir jalan, bertanya berbagai hal yang terkait dengan wisata dan fasilitas umum Manila anda, lebih aman jika anda menanyakannya pada sumber yang pasti dan terpecaya.

Keadaan Filipina bisa berubah setiap saat, oleh karena itu, tips yang bersifat dadakan juga akan sangat berguna. Anda tidak bisa hanya mengandalkan tips-tips yang tersebar di media internet, sumber tips langsung dari lokasi bisa sangat membantu dan berguna untuk kelancaran liburan anda.

Itu tadi beberapa tips jalan jalan ke Manila yang perlu anda perhatikan. Semoga bermanfaat dan selamat berlibur!

, , , ,
Post Date: Friday 06th, July 2018 / 07:47 Oleh :
Kategori : Filipina