15 Souvenir Khas Jepang Yang Wajib Dibeli Wisatawan

Jepang adalah salah satu negara tujuan wisata yang banyak diminati oleh wisatawan dunia. Tidak hanya karena kekayaan budayanya, Jepang merupakan negara dengan kemajuan di bidang teknologi yang tidak terbantahkan. Menariknya, Jepang mampu meramu kemajuan-kemajuan tersebut tanpa menghapus akar budaya mereka yang kental.

Oleh sebab itu, kota wisata di Jepang umumnya tidak hanya menyuguhkan kekayaan budayanya yang elegan namun juga kemajuan teknologinya yang mendunia. Cara mudah untuk menikmati budaya dan kemajuan teknologi mereka adalah dengan membeli souvenir atau oleh-oleh khas Jepang untuk dibawa pulang setelah puas menjelajah. Jika Anda berniat membeli souvenir khas Jepang, berikut adalah barang-barang yang paling direkomendasikan.

1. Kendama

KendamaJika Anda penggemar budaya Jepang, Anda tentu sudah tidak asing lagi dengan mainan tradisional yang terbuat dari kayu ini. Bernama Kendama, mainan ini adalah mainan khas jepang yang populer sejak tahun 1700 di kalangan anak-anak. Meski begitu, kini namanya sudah mendunia berkat mengglobalnya budaya Jepang lewat manga, anime, drama, dan film.

Ketika Anda jalan-jalan ke Hokkaido, Anda bisa dengan mudah mendapatkan Kendama dari penjual mainan tradisional atau anak-anak. Menariknya arena sudah mendunia, mainan ini juga bisa Anda temukan dengan mudah di California, Amerika Serikat. Kendama diketahui telah menjadi permainan populer di kalangan B-boys California bahkan sudah dipertandingkan dengan level internasional.

Kedati demikian, ada perbedaan yang cukup signifikan dari desain Kendama sebagai souverni khas Jepang dan Kendama yang banyak beredar di pasaran dunia. Oleh karena itu, membeli Kendama langsung ketika Anda berwisata di Jepang tentu akan terasa lebih otentik dari pada Anda membelinya di belahan dunia yang lain. Selain kendama, Anda juga bisa menjajal souvenir berupa mainan dari Jepang lainnya seperti berikut.

  • Cat Goods
  • Train GFoods

2. Yukata Sets

Yukata Sets Tidak lengkap rasanya jika mengunjungi Jepang tapi tidak mencoba sekali dua kali menjadi penduduk lokal. Beberapa tempat wisata di Jepang biasanya mengadakan penyewaan set pakaian tradisional Jepang untuk digunakan dalam beberapa jam seperti Yukata dan Kimono.

Berbeda dengan Kimono yang bisa digunakan sehari-hari, Yukata sesuai adalah sejenis pakaian musim panas. Oleh karena itu, pakaian yang dijuluki summer kimono ini kurang cocok digunakan saat jalan-jalan untuk wisata musim dingin di Jepang.

Membeli satu set Yukata sebagai souverni khas Jepang untuk dibawa pulang cukup berguna. Sebab selain sebagai summer kimono, Yukata bisa Anda pakai setelah mandi atau berendam sebab pada dasarnya Yukata adalah jubah mandi. Satu set Yukata yang bisa Anda beli biasanya terdiri dari yukata, obi (sabuk yukata), himo (tali yukata), serta geta (bakiak yukata). Satu set Yukata biasanya sudah tersedia dalam satu tas cantik.


Ada banyak tempat atau toko di mana Yukata dan pakaian tradisional Jepang lainnya dijual. Beberapa di antaranya adalah Ito Yokado, Chikusen, Kimoto Yamato dan lainnya. Ketika Anda berunjung, jangan lupa untuk membeli aksesoris tubuh lainnya seperti berikut.

  • Tenugui (Handuk Tangan)
  • Hair Accessories/Jewelry

3. Omamori

OmamoriAda banyak jenis omamori yang dimiliki oleh masyarakat Jepang, namun semua jenis tersebut memiliki fungsi yang sama yakni sebagai pengantar kebaikan kepada pemiliknya. Omomari adalah sejenis jimat yang kerap digantungkan baik di jendela, di depan rumah, dijadikan gantungan tas, atau pun di tempat-tempat yang dipandang membutuhkan jimat untuk terhindar dari berbagai bala.

Meski berakar dari kepercayaan Budha dan Shinto, omamori kini sudah menjadi souvenir khas Jepang yang banyak dibawa pulang sebagai oleh-oleh. Banyak yang percaya omamori memang bisa dijadikan sebagai jimat, namun Anda bisa mempergunakannya sebagai dekorasi jika tidak ingin masuk ke dalam sistem kepercayaan tersebut.

Ada banyak alasan kenapa omamori bisa dijadikan sebagai hiasan atau dekorasi. Berbeda dengan jenis jimat lainnya, omamori memiliki bentuk yang tradisional yang cantik dengan warna yang elegan. Benda ini juga dilengkapi dengan tali sebagai pengait. Anda bisa menemukannya dengan mudah di toko oleh-oleh khas Hokkaido dan prefektur lainnya, seperti semudah Anda menemukan souvenir berikut ini.

  • Japanese-themed Keychains
  • Stationery

4. Sensu (Folding Fans)

Sensu (Folding Fans)Souvenir khas Jepang lainnya yang cocok Anda bawa pulang sekaligus memiliki nilai guna adalah sensu. Sensu adalah kipas yang menjadi salah satu kerajinan unggulan Jepang. Tidak heran sejak pertama kali diciptakan, Sensu tidak hanya menjadi favorit di dalam negeri. Pada abad ke 17, produk ini sudah menjadi produk impor yang populer di benua Eropa.

Jika Anda berniat membeli Sensu sebagai oleh-oleh, pintarlah memiliki Sensu dengan kualitas terbaik. Sensu asli dan berkualitas baik terbuat dari bahan bambu maupun plastik asli Jepang. Anda bisa menemukan produk ini dengan mudah di tempat wisata gratis di Jepang. Selain Sensu, produk karya jepang yang bisa Anda bawa pulang sebagai souvernir adalah sebagai berikut.

  • Electronics
  • Ceramics

5. Candy & Snacks

Candy & SnacksJalan-jalan ke Jepang sudah pasti akan menuntut Anda untuk terbiasa dengan makanan khas Jepang. Beberapa menu makanan asli Jepang barangkali tidak sesuai dengan lidah Anda karena alasan rasa atau kehalalan. Di sisi lain, masih banyak makanan khas Jepang yang bisa Anda konsumsi dengan leluasa baik sebagai makanan berat atau camilan.

Agar orang-orang terkasih Anda di tanah air bisa ikut menikmati rasa Jepang, tidak ada salahnya membeli makanan ringan dan permen khas Jepang sebagai souvenir. Ada banyak jenis makanan ringan dan permen khas Jepang yang bisa Anda temukan di supemarket berbagai kota termasuk tempat wisata di Sapporo.

Salah satu keunikan makanan ringan dan permen khas Jepang adalah varian rasanya yang banyak. Bahkan, Anda akan menemukan varian rasa yang tidak umum dan aneh. Akan tetapi, hal tersebut bisa menjadi daya tarik dan barangkali menjadi selera Anda setelah dicoba. Beberapa merek dagang makanan ringan yang bisa Anda beli sebagai souvenir khas Jepang adalah Senbei, Crepes, Pocky, Melon Pan, Dango, Manju, dan banyak lagi. Tak berhenti di sana, jangan lewatkan untuk membeli oleh-oleh berikut ini.


  • Chopsticks
  • Fake plastic food

Souvenir khas Jakarta tidak hanya sekadar oleh-oleh untuk dibagikan belaka. Lebih dari itu, souvenir-souvenir tersebut biasanya adalah hasil karya dari akar budaya agung dan inovasi teknologi di Jepang. Tidak heran jika souvenir dari Jepang secara kualitas lebih baik dari produk serupa dari Tiongkok, dalam beberapa hal. Oleh karena itu jangan lupa untuk membawa pulang satu dua souvenir selama berwisata di Jepang.

Jika Anda masih ingin lama-lama berwisata di Jepang, jangan lupa untuk mengunjungi berbagai tempat wisata di Kobe. Kobe merupakan salah satu daerah metropolitan di Jepang dan menjadi ibu kota bagi Prefektur Hyogo. Sebagai pusat sebuah Prefektur, Kobe tentu memiliki banyak tempat wisata yang menarik sebagai identitas maupun tempat besenang-senang bagi masyarakat dan pengunjung yang tiba.

, , ,
Post Date: Saturday 20th, October 2018 / 02:07 Oleh :
Kategori : Jepang