7 Tips Jalan-Jalan ke Hokkaido Paling Bermanfaat Untuk Wisatawan

Jalan-jalan ke Hokkaido – Sebagai tuan rumah olimpiade tahun 2020 kelak, Jepang adalah negara tujuan wisata yang patut Anda kunjungi sekali dalam seumur hidup. Selain masih memegang tradisi dan adat budayanya dengan kuat, laju modernitas di Jepang tidak kalah pesat dengan negara lainnya di berbagai belahan dunia. Malah, Jepang adalah salah satu negara paling maju di dunia. Uniknya, kemajuan yang terjadi di Jepang mampu berjalan seiring dengan tradisi dan adat istiadat mereka.

Salah satu prefektur yang harus Anda kunjungi di Jepang adalah prefektur Hokkaido. Hokkaido yang beribu kota di Sapporo ini memiliki banyak tempat wisata menarik. Jika Anda jalan-jalan ke Jepang sendiri dan memutuskan untuk mengunjungi dan jalan-jalan ke Hokkaido, sudah sepatutnya Anda memerhatikan beberapa tips berguna berikut ini.

  1. Rencanakan Perjalanan dengan Matang

Rencanakan Perjalanan dengan MatangKe mana pun Anda berlibur, membuat rencana perjalanan dengan matang tentu saja harus dilakukan, begitu juga ketika Anda berniat untuk berlibut ke Hokkaido. Apalagi, Hokkaido adalah prefektur dengan wilayah yang cukup luas. Anda perlu menghabiskan hingga satu minggu lamanya untuk menjelajahi Hokkaido dengan menyisakan satu hingga dua hari di ibu kota Sapporo.

Jangan lupa juga untuk memperhitungkan waktu yang tepat untuk mengunjungi Hokkaido. Hokkaido seperti bagian lainnya dari negara Jepang tentu saja memiliki empat musim. Di empat musim tersebut, terdapat banyak tempat wisata dan festival berbeda. Jika Anda ingin melihat salju dan tempat wisata di Jepang musim dingin yang terletak di Hokkaido maka datanglah pada sekitar bulan Januari hingga Maret atau April hingga Mei untuk menikmati sakura.

  1. Rekomendasi Transportasi

Rekomendasi TransportasiMeski Jepang tampak seperti negara yang sempit jika dibandingkan dengan Indonesia, tetap saja Anda perlu memperhitungkan penggunaan transportasi. Merencanakan penggunaan transportasi akan berimbas pada lamanya Anda berlibur dan sejumlah budget yang Anda keluarkan. Jika Anda pergi dari Tokyo, maka jalan-jalan ke Hokkaido yang lebih cepat dan pintas adalah dengan perjalanan udara alih-alih dengan kereta kapsul.

Selain lebih praktis, menggunakan transportasi udara untuk tiba di Hokkaido juga terbilang cukup murah jika dibandingkan dengan menumpangi kereta antar prefektur. Apalagi jika Anda melakukan reservasi tiket jauh dari waktu keberangkatan. Baru setelah tiba di Sapporo, maka alat transportasi yang direkomendasikan untuk menjangkau berbagai tempat wisata di Hokkaido adalah Hokkaido Rail Pass.


  1. Tinggal di Hostels atau Ryokan

Tinggal di Hostels atau RyokanAda banyak hostel yang terdapat di Hokkaido. Hostel atau dalam bahasa setempat disebut ryokan adalah pilihan tempat tinggal yang paling tepat. Selain memiliki arsitektur khas Jepang yang instagramable, harga meningap di ryokan terhitung cukup terjangkau dari pada di hotel. Mayoritas ryokan atau hostels terletak di kota Sapporo sebagai pusat dari prefektur Hokkaido.

Untuk mengakali masalah budget, pilihlah hostels atau ryokan yang terletak di pinggir kota atau berjarak cukup dekat dengan tempat wisata di Hokkaido yang akan Anda kunjungi. Hostels khusus untuk backpacker biasanya bisa ditebus dengan harga 1500 hingga 3000 yen sementara ryokan mulai dari 3000 hingga 10000 yen.

  1. Mengunjungi Michi-No-Ekis

SMengunjungi Michi-No-Ekisebagai pemilik banyak dari kota terkenal di Jepang dan senantiasi dikunjungi banyak wisatawan, jalanan antara bagian daerah di Hokkaido sudah dilengkapi dengan Michi-No-Ekis atau MNEs. MNEs pada dasarnya adalah rest area atau tempat istirahat bagi para pengendara yang sedang berada di dalam perjalanan.

Ada sekitar 119 MNEs yang terletak di Hokkaido. Menariknya, tempat persinggahan tersebut bukanlah tempat persinggahan biasa. MNEs adalah surga makanan dengan berbagai fasilitas pelengkap yang mumpuni. Selain bisa menemukan berbagai jenis toko dan restoran, di MNEs yang bisa Anda kunjungi di tepi jalan ini terdapat kafe, area parkir, ATM, serta ruangan berwifi gratis.

  1. Menggunakan MapQR dan VoiceTra

Menggunakan MapQR dan VoiceTraTersesat ketika jalan-jalan ke Hokkaido adalah hal yang mustahil. Selain banyaknya informasi yang bisa didapatkan oleh wisatawan, Jepang juga menerapkan liburan yang cerdas bagi pada wisatawan yang datang. Salah satu dari sekian banyaknya inovasi teknologi dalam bidang pariwisata di Jepang yang patut kamu coba adalah keberadaan MapQR dan VoiceTra. Dua aplikasi tersebut bisa kamu andalkan selama berlibur di Hokkaido.

Untuk bisa menikmati kemudahan yang ditawarkan oleh MapQR, Anda perlu menginstal aplikasi Navibridge terlebih dahulu. Aplikasi tersebut digunakan untuk melakukan scanning terhadap MapQR. MapQR adalah kode QR yang mengelilingi peta sebuah daerah tertentu yang terletak di Hokkaido. Dengan melakukan scanning pada MapQR, Anda bisa mengetahui berbagai jenis informasi mengenai daerah yang dimaksud.

Sementara itu, VoiceTra adalah aplikasi penerjemah yang canggih. Aplikasi tersebut mampu mengatasi ketidakmampuan Anda dalam menggunakan bahasa Jepang. Dengan demikian, Anda bisa melakukan berbagai jenis komunikasi verbal dengan penduduk lokal Jepang ketika backpaker ke Hokkaido. VoiceTra bisa diinput oleh 29 jenis bahasa yang disuarakan lalu diterjemahkan ke dalam bentuk tulisan.

  1. Mengunjungi Tempat Wisata Alam

Mengunjungi Tempat Wisata AlamHokkaido adalah prefektur dengan bentang alam pegunungan dan lahan hijau yang subur serta luas. Tidak heran jika mayoritas tempat wisata yang tersedia adalah tempat wisata alam. Ada pegunungnan yang bisa Anda kunjungi, serta berbagai jenis taman dan sumber air panas. Salah satu taman yang terkenal adalah Taman Nasional Shikotsu-Tōya dan taman Maruyama-koen. Prefektur Hokkaido adalah sebenar-benarnya tempat wisata alam di Jepang.

Selain dua taman tersebut, Hokkaido secara total memiliki enam taman nasional yang tidak boleh dilewatkan. Menariknya, beberapa taman nasional di Hokkaido tidak memungut bayaran apapun untuk Anda kunjungi. Dengan demikian, Anda bisa menyisihkan budget tiket masuk yang tidak terpakai untuk transportasi atau mengujungi street market.

  1. Jangan Lupa Wisata Kuliner

Jangan Lupa Wisata KulinerSalah satu tempat untuk wisata kuliner di Jepang adalah Hokkaido sebab prefektur terbesar di Jepang ini terkenal dengan julukan Kingdom of Food. Ada banyak produk makanan yang bisa Anda dapatkan di Hokkaido mulai dari makanan laut yang segar, produk susu hingga olahan-olahan khas Jepang lainnya.

Sebagai ibu kota, Sapporo tentu saja menjadi pusat dari Kingdom of Food ini. Di Sapporo dan beberapa kota besar lainnya di Hokkaido kerap kali diadakan wholesale market. Di pasar ini, para wisatawan bisa langsung membeli berbagai jenis makanan laut segar dan produk lainnya dari pedagang utama.


Salah satu pasar makanan yang bisa Anda kunjungi untuk membeli oleh-oleh makanan khas Jepang adalah Central Wholesale Market yang terletak di Sapporo. Tempat yang juga disebut Curb Market ini memiliki sekitar 60 penjaja makanan dan restoran. Produk makanan yang ditawarkan pun terbilang cukup terjangkau.

Berlibur ke Jepang memang tidak ada habisnya, begitu juga jika Anda menginjakkan kaki di prefektur Hokkaido. Sebagai tempat yang damai dengan banyaknya tempat wisata alam, Hokkaido adalah destinasi yang tepat untuk liburan ke Jepang dengan anak. Meski begitu, Hokkaido juga tidak lepas dari modernitas. Jalan-jalan ke Hokkaido juga memberikan Anda fasilitas tempat belanja di Jepang untuk berbagai jenis produk makanan maupun aksesoris dan lainnya.

, , , ,
Post Date: Tuesday 14th, August 2018 / 02:56 Oleh :
Kategori : Jepang