15 Tempat Wisata Di Klang Yang Wajib Dikunjungi

Apakah anda tahu tentang tempat wisata di Klang? Bahkan mungkin banyak dari anda yang belum tahu lokasi dari tempat tersebut padahal sebenarnya ia tidak jauh dari Indonesia, yakni berlokasi di Malaysia.

Klang merupakan sebuah kota yang dahulunya sempat dijadikan sebagai ibu kota dari Selangor sebelum kemudian ibu kota Selangur dipindahkan ke Kuala Lumpur dan juga Shah Alam.

Banyak tempat wisata di Klang yang beberapa diantaranya termasuk ke dalam salah satu tempat wisata di Malaysia terbaik dan menjadi kunjungan favorit para wisatawan yang berasal dari berbagai belahan dunia.

Klang sendiri memang bukan hanya terkenal karena memiliki tempat wisata dengan pemandangan alam mengagumkan, melainkan kota tersebut juga memiliki beberapa destinasi wisata yang mengandung nilai sejarah dan menjadi salah satu tempat wisata favorit di Malaysia, khususnya ketika liburan telah tiba.

Bagi anda yang ingin tahu lebih lengkap mengenai apa saja tempat wisata di Klang yang bisa anda kunjungi, maka silahkan anda simak penjelasan yang akan kami berikan di bawah ini.

Akan tetapi, sebelum itu kami menyarankan agar anda mempelajari tentang tips liburan ke Malaysia agar supaya liburan anda selama di sana aman dan nyaman tanpa mengalami permasalahan atau kendala apapun.

1. Gedung Raja Abdullah

Gedung Raja Abdullah

Salah satu tempat wisata menarik yang ada di Klang adalah sebuah gedung yang diberi nama Gedung Raja Abdullah.

Pertama kali dibangun pada sekitar tahun 1854 yang pada waktu itu digunakan sebagai gudang atau tempat peletakan barang-barang yang dimiliki Raja Abdullah dan kemudian fungsinya berubah menjadi museum bijih timah.

Sejak pertama kali dijadikan sebagai museum, Gedung Raja Abdullah menjadi salah satu lokasi yang banyak dikunjungi para wisatawan dari berbagai dunia karena mereka ingin melihat sendiri sejarah yang berhubungan dengan Raja Abdullah karena memang ada banyak sekali barang peninggalan beliau yang di simpan di sini.

Sekedar informasi bahwa Raja Abdullah pernah diberikan gelar sebagai Chief of Klang atau Orang Besar Klang yang mana gelar tersebut diberikan oleh Sultan Muhammad yang berasal dari Selangor. Sultan memberikan gelar ini karena takjub dengan prestasi yang ditorehkan oleh Raja Abdullah kaerna berhasil mengontrol timah yang berlokasi di ulu sungai Klang.

Keuntungan yang diperoleh dari timah tersebut kemudian diberikan atau dikembalikan kepada negara sebanyak 20% dimana hal ini dilakukan juga sebagai salah satu usaha untuk mempertahankan kekuasaan, kekuatan, serta menjaga kemakmuran rakyatnya agar hidup sejahtera.

2. Kota Raja Mahadi

Kota Raja Mahadi

Klang juga memiliki tempat wisata yang juga tidak kalah menarik dibandingkan dengan tempat wisata gratis di Singapura dan termasuk ke dalam salah satu yang terbaik di Malaysia. Tempat wisata tersebut bernama Kota Raja Mahadi yang didirikan pada tahun 1866 oleh Raja Mahadi Sulaiman sendiri.

Seperti yang telah kami jelaskan di awal bahwasanya Klang bukan hanya merupakan kota yang terkenal memiliki tempat wisata dengan pemandangan yang mengagumkan, namun kota ini juga terkenal karena ada beberapa bangunan bersejarah yang harus anda kunjungi dan salah satunya yaitu gedung Kota Raja Mahadi.

Meskipun gedung ini sudah berusia ratusan tahun, namun struktur dan bentuk bangunannya masih terjaga sampai sekarang dan tetep asli seperti pada zaman dahulu.

Hal yang membuat tempat wisata yang satu ini unik adalah ia menghadap langsung ke Sungai Klang sehingga ketika anda masuk ke Kota Raja Mahadi dan berada di bagian atas, anda bisa melihat dengan jelas pemandangan yang begitu indah dari Sungai Klang karena masih terjaga kebersihannya sampai sekarang ini.

Bagi anda yang datang ke Kota Raja Mahadi, kami sarankan agar anda tidak sampai lupa untuk mengabadikan momen anda yakni dengan berfoto maupun juga bisa dengan membuat video pendek.

3. Laguna Park

Laguna Park

Untuk anda yang sekarang ingin berlibur bersama anak-anak anda, maka kami sarankan untuk mengunjungi Laguna Park. Laguna Park merupakan sebuah tempat wisata di Klang yang bukan hanya diperuntukkan untuk orang dewasa, melainkan juga anak-anaka akan menikmati berlibur di sini.

Beberapa aktivitas yang biasa dilakukan para wisatawan ketika datang ke Laguna Park adalah memancing, berjemur, bermain air, dan lain sebagainya. Tentu saja bagi anda yang hobi memancing akan sangat nyaman dan ingin berlama-lama di tempat wisata yang menjadi salah satu yang terbaik di Asia tersebut.

Tidak jauh dari Laguna Park, anda akan disuguhkan dengan beberapa tempat makan yang menjual makanan ringan khas Malaysia yang bisa anda cicipi sambil besantai menikmati pemandangan yang ada di sini.

Dan bagi anda yang datang dengan budget yang cukup besar, kami sarankan agar anda menyewa kapal dan mulailah untuk menyusuri semua spot atau area yang ada di Laguna Park karena harga sewa kapal yang harus anda keluarkan cukup mahal sehingga bagi anda yang membawa budget pas-pasan, kami sarankan untuk tidak menaiki atau menyewa kapal tersebut.

4. Little India Klang

Little India Klang

Little India Klang jug merupa merupakan salah satu tempat wisata yang kami sarankan untuk anda kunjungi, baik bersama pasangan anda maupun teman-teman anda.

Khusus untuk wanita, tentu Little India Klang merupakan surga karena anda bisa berbelanja berbagai barang khas Malaysia yang bisa anda bawa pulang untuk kemudian anda jadikan sebagai oleh-oleh dan anda berikan kepada teman atau saudara anda di rumah.

Beberapa barang yang dijual di Little India Klang bukan hanya khas Malaysia, melainkan juga ada yang khas India karena seperti nama dari tempat belanja ini, yang mana ia kebanyakan menjual barang-barang yang bernuansa atau berasal dari India.

Setelah anda selesai mendapatkan barang yang anda inginkan, kami sarankan agar anda mencoba berkunjung ke restoran India yang menyediakan berbagai menu makanan lezat yang akan memanjakan lidah anda. Jangan khawtir, karena restoran yang terdapat di Little India Klang merupakan restoran muslim sehingga seluruh makanan yang dijual di sini dijamin kehalalannya.

Akses jalan menuju Little India Klang juga tidak sulit, dimana anda bisa menjangkaunya dengan menaiki mobil maupun juga bisa menaiki busa, sesuai dengan selera yang anda inginkan.

5. Masjid Diraja Sulaiman

Masjid Diraja Sulaiman

Tempat wisata di Klang yang kelima adalah Masjid Diraja Sulaiman yang menjadi salah satu masjid terbesar yang ada di Klang. Sebenarnya awal mual pembangunan masjid ini adalah sebagai hadiah yang diberikan kepada Sultan Tuan Paduka Alaudiin Sulaiman atas jasa-jasa yang telah diberikan kepada Klang.

Jika anda masuk ke Masjid Diraja Sulaiman, anda akan takjub dengan desainnya yang begitu unik dan mengagumkan yang akan membuat anda tidak ingin melewatkan momen liburan anda dengan berfoto karena memang konsep pembangunan Masjid Diraja Sulaiman berbeda dengan masjid pada umumnya.

Masjid Diraja Sulaiman dibangun dengan perpaduan antara desain Eropa dan juga Islam sehinga dari keduanya melahirkan sebuah konsep pembangunan masjid yang begitu mengagumkan dimana di dalam masjid ini terdapat menara kecil berjumlah 8 dan menara yang paling tinggi dan besar sebanyak 1 yang di bagian atasnya dilengkapi kubah berwarna kuning.

Demikian penjelasan yang bisa kami sampaikan kepada anda mengenai tempat wisata di Klang. Di bawah ini masih ada beberapa tempat wisata lainnya yang juga harus anda kunjungi:

  • Padang Sultan Sulaiman
  • Pantai Acheh
  • Pasar Jawa Klang
  • Pulau Ketam
  • Taman Rakyat
  • Taman Bandar Diraja
  • Taman Tugu Keris
  • Taman Pengkalan Batu
  •  Tanjung Harapan
  • Wisma GM Klang Wholesale City

, , , ,
Post Date: Thursday 10th, January 2019 / 08:05 Oleh :
Kategori : Malaysia