15 Tempat Wisata Di Shah Alam Terbaik Yang Wajib Dikunjungi

Shah Alam merupakan salah satu kota yang memiliki banyak tempat wisata di Malaysia seperti yang telah kami bahas sebelumnya untuk anda. Kota tersebut memang terkenal merupakan sebuah kota yang bukan hanya memiliki tempat wisata bernuansa pemandangan alam, melainkan juga ada bebrapa destinasi wisata bersejarah di sana.

Hal inilah yang menjadi salah satu alasan mengapa banyak wisatawan setiap harinya memadati Shah Alam, terkhususnya ketika sudah memasuki musim liburan, maka tentu anda akan melihat banyaknya antusias para wisatawan yang datang ke sini.

Namun sebelum anda berkunjung ke Shah Alam, kami ingin menyarankan agar anda mempelajari tentang apa saja tips jalan-jalan ke kota tersebut, terutama bagi anda yang datang dengan membawa budget yang tidak terlau banyak. Hal ini juga sama ketika anda mempelajari mengenai tips jalan-jalan ke Kuala Lumpur budget murah.

1. Dataran Bunga Raya

Dataran Bunga Raya

Tempat wisata di Shah Alam yang harus anda kunjungi pertama kali adalah sebuah wisata yang diberi nama Dataran Bunga Raya. Sebenarnya tempat wisata tersebut juga memiliki nama lain, yaitu Hibiscus Square, cuma memang wisatawan lokal maupun yang menggunakan bahasa Melayu lebih sering menyebutnya dengan Dataran Bunga Raya.

Di sini anda akan menemukan berbagai macam koleksi tanaman terbaik dan yang langka yang tidak anda temukan di tempat lain. Salah satu koleksi tanaman yang menjadi daya tarik bagi para wisatawan yang datang ke Dataran Bunga Raya adalah Bunga Raya atau yang disebut juga dengan Hibiscus Rosa Sinensis.

Perlu anda ketahui bahwasanya Bunga Raya sudah dinobatkan sebagai salah satu bunga khas yang berasal dari Negeri Jiran pada tanggal 28 Juli 1960.

Dengan adanya Dataran Bunga Raya, maka para wisatawan sudah tidak perlu datang ke tempat wisata di Kuala Lumpur yang mana di sana pun juga ada sebuah tempat wisata yang memiliki banyak koleksi tanaman mengagumkan.

Jangan lupa untuk mengabadikan koleksi tanaman di sini dengan kamera anda karena merupakan kesempatan langka bisa melihat tanaman-tanaman langka tersebut.

2. Galeri Shah Alam

Galeri Shah Alam

Tempat wisata selanjutnya yang juga harus anda kunjungi ketika anda datang ke Shah Alam yaitu Galeri Shah Alam.

Tempat wisata yang satu ini merupakan destinasi wisata favorit bagi anda yang menyukai kesenian karena memang di sini setiap saat selalu diselenggarakan pameran seni agar membuat masyarakat dan wisatawan lebih dekat dengan dunia seni.

Galeri Shah Alam mulai dibuka pada tanggal 26 Januari 1991 yang mana pada waktu itu langsung mendapatkan banyak respon positif bagi para penyuka dunia seni sehingga mereka ada tempat untuk mengekspresikan seninya yang selama ini terpendam.


Galeri Shah Alam terbuka bagi siapa saja yang memiliki bakat seni untuk menunjukkan kemampuannya sehingga nanti hasil lukisannya akan langsung dipajang dan diperlihatkan kepada para wisatawan yang datang ke sini. 

Hal inilah yang menjadi salah satu alasan mengapa setiap saat banyak sekali koleksi baru yang ditampilkan di Galeri Shah Alam karena memang selalu diadakan pameran untuk melihat bakat-bakat para seninam yang berasal dari Malaysia. Bagi anda yang suka dengan dunia seni, tentu saja akan disayangkan jika anda tidak sampai datang ke Galeri Shah Alam.

3. High 5 Bread Town

High 5 Bread Town

Seperti yang telah kami jelaskan di awal bahwasanya Shah Alam bukan hanya merupakan tempat wisata yang memiliki pemandangan alam mengagumkan, namun kota ini juga terkenal memiliki tempat wisata bersejarah, salah satunya adalah High 5 Bread Town.

High 5 Bread Town merupakan sebuah museum yang berlokasi di Seksyen 21 dan berada di kawasan sekitar Jubir Perak. Hal yang memberikan keunikan untuk musium ini adalah ia telah dinobatkan sebagai museum roti pertama yang ada di Malaysia dimana ia mendapatkan sertifikat tersebut pada Mei 2005.

Bagi anda yang datang ke High 5 Bread Town, anda akan memiliki kesempatan untuk mengetahui seperti apa sejarah dari roti yang biasanya pertama kali wisatawan akan ditampilkan sebuah video yang menjelaskan mengenai bagaimana permulaan pembuatan roti pada waktu itu.

Kemudian, pemandu wisata mulai mengajak para wisatawan untuk berkeliling dan melihat seperti apa pembuatan roti dengan menggunakan mesin modern.

Selain itu, di akhir kunjungan, para wisatawan akan diberikan kesempatan untuk membeli produk roti yang telah disiapkan yang tentu saja dengan diskon dan harga yang terjangkau.

Sekedar informasi bahwasanya tidak jauh dari High 5 Bread Town, anda akan menemukan beberapa toko yang di dalamnya banyak menjual oleh-oleh khas Malaysia yang bisa anda bawa pulang untuk anda jadikan sebagai cinderamata bagi teman atau keluarga anda di rumah.

4. I-City

I-City

Bagi anda yang ingin berkunjung ke sebuah taman di Shah Alam, maka kami sarankan agar anda datang ke I-City. Tempat ini memang telah dijadikan sebagai salah satu tempat wisata favorit di Malaysia karena memang taman ini pemandangan yang mengagumkan yang akan membuat anda betah berlama-lama di sini.

Adapun waktu terbaik untuk datang ke I-City adalah mulai sore sampai dengan malam hari. Khusus malam hari, anda akan disuguhkan dengan pemandangan gemerlapnya lampu LED yang bercahaya yang tentu saja akan memberikan keindahan tersendiri yang secara tidak langsung bisa menjadi salah satu tempat wisata romantis bersama istri anda.

Selain itu, di dalam I-City, anda juga bisa mengunjungi sebuah museum unik yang menawarkan berbagai keindahan yang sayang untuk anda lewatkan begitu saja.

Bagi anda yang ingin datang ke I-City, kira-kira waktu yang anda butuhkan kurang lebi satu jam, jika anda berangkat dari Kuala Lumpur. Anda bisa datang ke I-City dengan memanfaatkan alat transportasi umum seperti bus, taksi, maupun kereta api.

Bagi anda yang lokasinya tidak jauh dari I-City, tentu anda hanya perlu berjalan kaki sambil menikmati pemandangan kota Shah Alam. Sementara itu, untuk wisatawan yang datang ke I-City pada siang hari, anda bisa menikmati wahana “Tornado” yang tentu akan memacu adrenalin anda karena memang permainan ini hanya dimainkan oleh mereka yang berani.

5. Kompleks Taman Seni Islam

Kompleks Taman Seni Islam

Tempat wisata di Shah Alam yang juga tidak boleh anda lewatkan yakni dengan datang ke Kompleks Taman Seni Islam yang berlokasi di Mesjid Biru dan juga Taman Tasik Shah Alam.

Adapun luas dari taman ini yakni kurang lebih mencapai 14 hektar yang dibangun memang untuk digunakan sebagai tempat peribadatan umat muslim yang ada di Malaysia.

Di Kompleks Taman Seni Islam, anda akan melihat beberapa bangunan yang memiliki desain interior mengagumkan, ditambah lagi dengan adanya kaligrafi islam yang semakin mempercantik tampilan dari bangunan yang ada di sini. 


Bagi anda yang ingin datang ke Kompleks Taman Seni Islam, anda bisa mengunjunginya mulai pukul 10.30 sampai dengan pukul 05.30. Namun anda harus ingat bahwa pada hari Senin, tempat wisata ini tutup. Anda tidak akan dikenakan biaya apapun ketika datang ke Kompleks Taman Seni Islam, alias gratis.

Demikian informasi dari kami mengenai apa saja tempat wisata di Shah Alam terfavorit. Di bawah ini masih ada beberapa lokasi wisata yang juga bisa anda kunjungi:

  • Laman Seni 7
  • Lintasan Go-Kart
  • Laman Budaya
  • Masjid Sultan Salahudin Abdul Aziz Shah
  • Museum Sultan Alam Shah
  • Perpustakaan Raja Tun Uda
  • Taman Botani
  • Taman Tasik Shah Alam
  • Taman Bermain Air
  • Uptown

, , ,
Post Date: Friday 28th, December 2018 / 10:50 Oleh :
Kategori : Malaysia