6 Tempat Wisata Di Xian China Terindah Dan Terpopuler Wisatawan

China merupakan salah satu destinasi wisata populer di benua Asia. China terkenal dengan berbagai tempat bersejarahnya dan pusat perbelanjaan, dan kulinernya yang khas. Banyak tempat wisata di China yang bisa kamu kunjungi. Mulai dari tempat wisata di Beijing, tempat wisata di Guilin, tempat wisata di Wuhan, tempat wisata di Guangzhou, dan masih banyak lagi.

Salah satu kota di China yang juga populer sebgai tujuan wisata adalah kota Xian. Banyak tempat wisata di Xian bersejarah yang bisa kamu kunjungi untuk menambah wawasan. Beberapa situs sejarah bahkan masuk dalam warisan dunia UNESCO. Kota Xian memiliki suasana kota yang terkesan kuno dan klasik ala kehidupan China kuno jaman kekaisaran. Xian juga lebih bersih dan lebih tenang jika di bandingkan dengan kota-kota besar lainnya yang ramai dan hiruk pikuk.

Agar liburanmu di Xian bisa berlangsung maksimal, simak rekomendasi tempat wisata di Xian sebagai berikut.

1. Museum Teracotta Army

xian.1Salah satu tempat bersejarah di China yang wajib kamu kunjungi adalah Museum Teracotta Army. Terracota Army adalah ribuan patung tentara yang terbuat dari tananh liat yang terpendam di dalam kompleks pemakaman kaisar kuno di China. Terracota Army pertama kali di temukan oleh seorang petani ketika hendak menggali sumru pada tanggal 29 Maret 1974.

Semenjak itu, banyak arkeolog mendatangi tempat tersebut dan melakuakn penggalian massal untuk membongkar seluruh bagian dari Terracotta Army. Seni patung ini dibuat untuk membuat pasukan yang menjaga jenazah kaisar Qin Shi Huang. Kaisar menyiapkan makamnya sendiri selama 11 tahun sebelum meninggal. Dipercaya para tentara ini merupakan simbol dari para tentara yang akan melindungi kaisar di alam baka.

Area makam kaisar ini mencapai luas hingga 16.300 meter persegi. Dan dibagi menjadi tiga bagian dengan petunjuk runtutan bagian yang ditemukan saat proses penggalian.

Situs ini merupakan tempat wisata di Xian yang bersejarah dan tercatat dalam warisan dunia UNESCO.

Jam Buka

  • Setiap Hari: 08.30 – 05.00

HTM

  • 150 Yuan (sekitar Rp 318.000)

2. Muslim Quarter

xian.2Xian merupakan kota di China dengan komuniats muslim terbesar. Ada kurang lebih 50.000 lebih umat muslim yang menetap di kota ini dan membuat sebuah komunitas dengan berbagai jenis usaha yang dapat mendatangkan para wisata muslim ke China.

Berkunjung ke berbagai restoran di China, biasanya umat muslim sering was-was dengan makananya yang tidak halal. Namun, berkunjung ke tempat wisata di Xian satu ini, anda tak perlu khawatir. Semua pedangan dan pemiliki restoran sebagian besar adalah umat muslim yang juga paham tentang standar makanan halal.

Anda bisa mencicipi berbagai kuliner khas China sepuasnya. Salah satu kuliner yang populer di kalangan wisatawan Indonesia di area ini adalah sate kambing dengan proses besar dan bumbunya yang pedas.


3. Xian City Wall

xian.3Tidak hanya Tembok Besar Cina saja yang menakjubkan di negara tirai bambu satu ini, Xian City Wall juga merupakan salah satu bangunan bersejarah di China yang bisa anda kunjungi. Banyaknya benteng megah di China merupakan bukti sejarah tentang kekaisaran kuno China yang memiliki kerajaan yang kuat pertahanannya karena memiliki banyak benteng yang besar dan kokoh.

Benteng Xian tidak hanya kokoh dan indah, tetapi juga cukup megah untuk dicatat sebagai warisan dunia UNESCO untuk situs sejarah militer di sebuah negara. Benteng ini memiliki luas sepanjang 14 km persegi.

Anda bisa menyewah sepeda untuk berkeliling di area benteng satu ini sambil melihat pemandangan kota Xian yang indah. Anda akan melihat dua sisi kota Xian yang memiliki corak budaya berbeda. Pada satu sisi, anda akan melihat area kota xian yang masih dipenuhi dengan bangunan kuno yang masih dijaga ke asriannya.

Sementara sisi lainya merupakan bagian dari kota Xian yang telah mengalami modernisasi.

Jam Buka

  • Gerbang Selatan: 08.00 – 24.00

HTM

  • Dewasa: 54 Yuan (sekitar Rp 114.000)
  • Anak-anak: 27 Yuan (sekitar Rp 57.000)

4. Huashan Mountain

xian.4Bagi anda yang suka tempat wisata ekstrem dan memacu adrenalin anda, maka anda cukup memnuhi syarat untuk mengunjung Gunug Huashan. Gunung ini berlokasi 120 km dai kota Xian pusat. Situs wisata alam ini terkenal dengan pemandangan alamnya yang indah.

Namun bagian mengerikannya adalah gunung ini memiliki jalur perjalanan yang curam, sempit, dan tebing yang terjal. Dan hanya jalur tersebut yang bisa digunakan oleh para wisatawan, tidak ada pilihan jaluran lainnya.

Namun anda tak perlu khawatir, setiap melakuakn perjalanan di tebing yang curam dan sangat tinggi, anda akan dilengkapi dengan tali pengaman. Tali pengaman yang digunakan juga sudah sesuai dengan standar keamanan yang biasanya dipakai oleh orang profesional.

Jika anda takut ketinggian, disarankan untuk tidak coba-coba. Anda masih bisa menikmati pemandangan indah di pintu gerbang dan halaman yang cukup luas di dekat area mendaki tebing yang lebh aman dengan pagar.

Jam Buka

  • Maret – November: 07.00 – 19.00
  • Desember – Februari: 08.00 – 18.00

HTM

  • Maret – November: 160 Yuan (sekitar Rp 340.000)
  • Desember – Februari: 100 Yuan (sekitar Rp 212.000)

*tiket berlaku selama dua hari

5. Drum And Bell Tower

xian.5Situs bersejarah di kota Xian yang populer satu lagi adalah Drum And Bell Tower. Gedung bersejarah ini terletak di barat laut kota Xian. Di ouncak bangunan ini memang terdapat drum yang pada jaman dahulu digunakan sebagai sinyal penunjuk jam dan sebagai peringatan bahwa sedang terjadi bahaya, seperti kebakaran atau serangan dari luar benteng.

Letaknya pun sangat strategis yaitu di pusat kota Xian. Menara ini berdiri masih kokoh dikelilingi tanaman yang masih senantiasa di rawat keindahannya. Keindahan menara ini semakin menakjubkan pada malam hai karena memiliki pencahayaan yan spektakuler.

Anda bisa masuk ke menara ini melalui jalur pintu masuk subway atau pintu gerbang yang dekat dengan area Muslim Quarter. Anda juga masih bisa menikmati pertunjukan drum pada jam-jam tertentu.

Jam Buka

  • 26 Maret – 25 Oktober: 08.30 – 21.00
  • 26 Oktober – 25 Maret: 08.30 – 18.00

HTM

  • Menara Drum: 35 Yuan (sekitar Rp 74.000)
  • Menara Bell: 35 Yuan (sekitar Rp 74.000)
  • Paket Akses Penuh: 50 Yuan (sekitar Rp 106.000)

6. Big Wild Goode Pagoda

xian.6Big Wild Goode Pagoda merupakan bangunan simbol dari kota Xian. Gedung ini masih terawat dan merupakan peninggaln Buddha yang sangat dijaga oleh para penduduk di Xian. Bangunan ini berada di area pusat kota dan merupakan salah satu landmark di kota Xian yang wajib anda kunjungi.

Tempat wisata di Xian satu ini tidak hanya terdiri dari Pagoda saja. Ada berbagai area yang bisa anda kunjungi di sekitar Pagoda. Mulai dari patung Monk Xuanzang di lapangan selatan dan Great Tang All Day Mall. Anda juga bisa mengunjungi taman Tang Ci’en dan Shaanxi Opera di bagian timur. Dan bagian barat terdapat Shaanxi Folk Customs Garden.

Sambil menikmati keindahan area wisata, anda juga bisa mencicipi berbagai jajanan khas China yang lezat.

, , , ,
Post Date: Monday 23rd, July 2018 / 04:36 Oleh :
Kategori : Tiongkok