5 Tips Penting Wisata Murah Ke Australia Paling Berguna

Siapa yang tidak senang berlibur ke Australia? Salah satu negara terluas di dunia ini memiliki banyak deretan tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi. Apalagi dengan jarak yang tidak begitu jauh dari Indonesia, berwisata ke Australia tentu tidak akan memakan waktu perjalanan yang cukup lama. Sehingga dengan begitu, Anda bisa menghemat waktu dan mengalokasikannya untuk kegiatan lain.

Akan tetapi, jalan-jalan di Australia ternyata tidak sekadar menikmati berbagai tempat wisata di Australia. Anda perlu mempersiapkan banyak hal terkait alokasi budget, transportasi, serta akomodasi. Jika salah perhitungan, berwisata ke negeri kangguru tersebut bisa memakan banyak biaya. Lantas, bagaimana caranya wisata murah ke Australia dengan budget yang terbatas? Berikut adalah beberapa tips jalan-jalan murah di Australia yang bisa Anda pertimbangkan.

  1. Membuat Rencana Perjalanan Berdasarkan Budget

Membuat Rencana Perjalanan Berdasarkan BudgetUmumnya, wisatawan akan membuat itinerary berdasarkan tempat wisata yang mereka tuju ketika jalan-jalan di Australia. Masalah budget bisa menyesuaikan tetapi tentu saja akan memberatkan jika tidak mencukupi.

Ketika berniat wisata murah ke Australia, mengapa tidak membuat rencana perjalanan berdasarkan dengan standar budget yang sudah dibuat sebelumnya? Dengan begitu, kekurangan biaya tidak akan muncul di kamus perjalanan Anda karena segala hal sudah diperhitungkan.

Membuat rencana perjalanan yang didasarkan pada budget tidak lekas membuat wisata Anda terbatas. Justru dengan memperhitungkan terlebih dahulu besaran biaya yang Anda miliki, Anda bisa lebih menimbang-nimbangkan banyak hal yang perlu dan tidak perlu diprioritaskan. Semisal, pada masalah lama berlibur di Australia yang akan Anda jalani.

Dalam situs Budget Tips, disebutkan bahwa jika Anda memiliki budget sektiar 498 dollar Australia, maka sebaiknya Anda melakukan perjalanan untuk kurang dari 1 minggu. Sebab, mayoritas budget yang perlu Anda keluarkan untuk satu hari tinggal di Australia sekitar 71 dollar Australia per orang. Waktu satu minggu cukup untuk menjelajahi berbagai tempat wisata di Sydney. Jika Anda ingin berlibur sekitar satu bulan untuk menjelajahi lebih banyak negara bagian, Anda perlu menyiapkan setidaknya 4.270 dollar Australia.

  1. Tujuan Wisata Prioritas

Tujuan Wisata PrioritasSetelah menentukan budget dan lama waktu berlibur yang akan Anda jalani, buatlah daftar tujuan wisata prioritas ketika Anda menjalani wisata murah ke Australia. Fokuslah pada tempat wisata yang berada di dalam satu negara bagian jika Anda hanya memiliki waktu satu minggu untuk berlibur.

Kendati demikian, Anda juga perlu memperketat pemilihan tempat wisata agar kualitas liburan Anda tetap terjaga namun dengan pengeluaran yang terjangkau.

Sebagai salah satu negara dengan garis pantai yang panjang, wisata pantai di Australia cukup ramai dan diminati banyak wisatawan dunia. Australia memiliki sederet pantai yang cantik dengan tipikal pasir berwarna putih serta garis horizon yang terang. Apalagi, berwisata di pantai tidak menuntut Anda untuk membeli tiket masuk seperti berlibur di wahana wisata tertentu.

Selain pantai, tempat wisata gratis banyak tersedia di pusat kota. Kota-kota besar biasanya memiliki cukup banyak taman kota tanpa tiket masuk yang indah. Di Sydney misalnya, Anda bisa menemukan Royal Botanic Garden, Hyde Park, serta The Domain. Di Perth, Kings Park adalah tempat wisata unggulan. Di Melbourne, Anda bisa pergi ke Carlton Gardens dan Fitzoy Garden. Bukan taman biasa, tempat wisata tersebut biasanya memiliki fasilitas hiburan lain seperti monumen, bangunan bersejarah, air mancur, hingga pertunjukan live.


  1. Makanan yang Cukup dan Murah

Makanan yang Cukup dan MurahBagi seorang backpacker atau wisatawan yang ingin menekan budget hingga semurah mungkin, mengurangi budget untuk makanan barangkali lebih mudah. Salah satu trik paling umum adalah membawa bekal makanan yang cukup dari tanah air tanpa melebihi batas bagasi pesawat dan ketentuan imigrasi tertentu.

Kemudian, Anda bisa mengalokasikan budget yang tersisa untuk belanja murah di Perth dan kota wisata lainnya.

Jika Anda datang untuk mencicipi makanan khas Australia, ada beberapa hal yang patut Anda perhatikan agar tetap bisa berhemat. Memaksimalkan sarapan dan makan siang adalah pilihan yang tepat, sebab biaya untuk makan malam ketika wisata murah ke Australia biasanya lebih mahal.

Sarapan atau makan siang bisa Anda lakukan di food court pusat perbelanjaan dengan harga yang lebih murah. Ketika Anda tidak punya pilihan selain restoran, lakukanlah riset terlebih dahulu atau bertanya pada masyarakat lokal.

Ketika jalan-jalan ke Australia, Anda akan mendapati banyak tempat makan berjenis takeaway. Jenis ini banyak terdapat di berbagai kota besar. Ada banyak pilihan jenis makanan seperti makanan Asia, Italia, Yunani, dan lainnya. Biasanya harga makanan dari tempat seperti ini lebih murah. Akan lebih murah jika Anda memasaknya sendiri di dapur penginapan.

  1. Akomodasi Nyaman dengan Harga Terjangkau

Akomodasi Nyaman dengan Harga TerjangkauFasilitas dapur di tempat Anda menginap selama backpacker ke Sydney dan Melbourne serta kota lainnya tentu sangat bermanfaat. Anda bisa mengolah makanan sendiri dengan memperhitungkan biaya bahan baku sendiri.

Mengolah makanan sendiri juga bisa Anda lakukan jika ragu dengan label halal dari restoran di sekitar Anda. Akan tetapi, tentu saja fasilitas dapur di tempat Anda menginap akan menuntut biaya berlebih.

Satu trik menyenangkan yang bisa Anda lakukan untuk menekan biaya akomodasi atau penginapan adalah dengan camping. Banyaknya taman nasional yang terdapat di Australia kerap dilengkapi dengan fasilitas camping.

Harga bermalam di tenda umumnya cukup murah bahkan gratis. Ditambah dengan fasilitas toilet, ketersediaan air dan daya listrik tentu opsi ini patut untuk dipertimbangkan. Beberapa tempat camping terbaik ada di Gregory Downs Outback Queensland serta Cockatoo Island Sydney.

Pilihan lain untuk Anda yang enggan bermalam di tenda adalah dengan menyewa hostels atau tempa menginap khusus backpacker. Mencari teman perjalanan dan berbagi ruangan lebih baik untuk menekan biaya penginapan. Sementara itu, lupakan sejenak untuk menginap di hotel yang menyandang status sebagai bangunan terindah di dunia, sebab standar biaya minimal untuk menginap semalam cukup untuk biaya hidup selama beberapa hari.

  1. Transportasi Ramah di Kantong

Transportasi MurahWisata murah ke Australia akan memberikan Anda kemudahan menggunakan transportasi dan menjangkau berbagai tempat wisata. seba, moda transportasi di Australia sudah cukup modern dan ramah lingkungan.

Jika Anda melakukan perjalanan lintas negara bagian, menggunakan mode pesawat adalah pilihan terbaik. Jangan khawatir soal ongkos, jika jeli Anda akan mudah menemukan tiket penerbangan dengan harga yang terjangkau.

Untuk menjangkau tempat di dalam kota semisal antar tempat wisata di Brisbane, Anda sesungguhnya bisa mengendarai mobil pribadi atau sewaan. Hanya saja, harga bahan bakar akan sangat memekik.


Maka, menggunakan moda transportasi umum seperti bus dan kereta adalah pilihan terbaik.  Menggunakan Bus dalam kota seperti Inner City Trams tidak hanya murah, namun bisa jadi gratis. Seperti halnya Inner City Trams yang tersedia di Sydney dan menuju Adelaide.

Bagi yang Anda yang tertarik untuk melakukan perjalanan menggunakan kereta, pada hari Minggu biasanya ada event khusus yang ditandai penurunan harga tiket perjalanan bernama Family Funday. Anda hanya perlu mengeluarkan budget 2.5 dollar Australia untuk menumpangi kereta. Penggunaan kereta juga cocok untuk perjalanan darat jarak jauh, Anda bisa membeli tiket khusus sepanjang jaringan kereta Australia dengan harga yang lebih murah.

Jalan-jalan di Austalia dengan budget yang lebih murah bukan angan-angan. Jika Anda cermat dalam membuat rencana perjalanan berdasar pada besaran budget yang Anda punya, Anda bisa menikmati waktu berlibur yang bekualitas. Apalagi, Australia memiliki banyak tempat wisata paling bagus di dunia.

, , ,
Post Date: Tuesday 04th, December 2018 / 05:14 Oleh :
Kategori : Australia