6 Tips Jalan-Jalan Ke Jiuzhaigou Yang Perlu Diperhatikan

China merupakan negara wisata yang terkenal di Asia. Banyak tempat wisata di China yang bisa anda kunjungi, dengan berbagai variasi. Mulai dari tempat wisata bersejarah di China, hingga tempat wisata alam yang menyuguhkan pemandangan menakjubkan. Beberapa sistus bersejarah di China yang terkenal diantaranya

  1. Tembok Besar Cina,
  2. Lapangan Tiananmen,
  3. Museum Terracota Army di tempat wisata di Xian,
  4. Summer Palace,
  5. tempat wisata di Wuhan,
  6. tempat wisata di Guilin, dan masih banyak lagi.

China juga terkenal dengan berbagai lokasi wisata alamanya seperti Gunung Huasan di Xian dan taman konservasi Panda di Chengdu. China memiliki keindahan perbukitan, gunung, dan kawasan hutan yang patut untuk di telusuri bagi anda yang hobi melakukan berbagai kegiatan outdoor, seperti camping, mendaki gunung, hingga memancing di danau.

Namun, ada pula berbagai wisata alam di China yang wajib anda kunjungi. Salah satunya adalah Jiuzhaigou di Kota Chengdu.

Informasi Umum Jiuzhaigou

tipsjiuzhaigou.1Jiuzhaigou merupakan taman nasional suaka alam yang berlokasi di Suchian, berjarak 450 km di sebelah utara Kota Chengdu. Area taman nasional memiliki membentang seluas 72.000 hektar dan berada di 4.800 meter di atas laut. Alam Jiuzhaigou adalah ekositem hutan yang ditinggali oleh berbagai macam burung, berbagai tumbuhan langkah, hingga hewan khas negeri tirai bambu, Panda.

Bagi suku Tibet, Jiuzhaigou merupakan tempat sumber air suci yang membantu mereka sehari-hari. Taman nasional ini masuk dalam daftar warisan dunia UNESCO serta tempat wisata populer bagi para turis mancanegara. Area di sekitar taman nasional ini juga masih ditinggali oleh suku Tibet dengan kebudayaannya. Kebudayaan Tibet juga bisa anda lihat pada beberapa tempat penginapan yang dijalankan oleh penduduk lokal.

Banyak wisatawan yang menyukai kegiatan outdoor dan fotografi menyukai lokasi ini. Jalan-jalan ke Jiuzhaigou bisa menjadi kegiatan yang menyenakan karena ada berbagai area di dalam taman nasional yang bisa anda kunjungi.

Berkunjung ke taman nasional ini bisa anda lakukan selama beberapa hari dengan menginap di rumah penginapan atau hotel.Namun, jika anda tidak mempunyai banyak waktu, jalan-jalan seharian ditemani dengan tour guide juga bisa menjadi pilihan agar anda bisa mengunjungi spot-spot populer tertentu.

Jam Buka

  • 1 Mei – 15 November: 07.00 – 19.00
  • 16 November – 30 April: 08.00 – 18.00

HTM

  • Tiket Masuk: 80 Yuan
  • Tiket Bus Seharian: 80 Yuan

*harga bisa naik saat High Season


Tips Selama Jalan-Jalan Ke Jiuzhaigou

1. Barang-barang yang harus dibawa.

tipsjiuzhaigou.5Karena berada di daerah yang tinggi dari permukaan laut, area Jiuzhaigou adalah daerah yang memiliki iklim dingin. Untuk melindungi tubuh anda dari udara dingin, jangan lupa membawa jacket, sarung tangan, topi hangat, dan pakaian-pakaian hangat. Ada baiknya anda mengenakan sepatu atau bot dengan sol tebal saat sedang menelusuri area taman nasional Jiuzhaigou.

Air juga akan susah diperoleh saat anda sedang berada di alam terbuka. Mungkin ada baiknya anda membawa botol minum yang telah diisi dari penginapan. Anda juga bisa menganbil air dari sumber mata air, namun ada baiknya dimaska terlebih dahulu sebelum di minum.

Akses toilet juga akan susah saat sedang menjelajahi hutan. Bawalah tisu basah untuk berjaga-jaga.

2. Cek kesehatan sebelum perjalanan.

  • Karena merupakan dataran tinggi, beberapa orang dengan kondisi fisik yang kurang tangguh biasanya akan terserang beberada gejalah yang membuat tubuh merasa tidak sehat. Biasanya akan terasa mual, pusing, dan serasa seperti kehabisan udara.
  • Ada baiknya anda mengecek dulu kondisi kesehatan anda sebelum jalan-jalan ke Jiuzhaigou. Lakukan pula olahraga penarpasan seperti jogging atau berlari dalam persiapan sebelum berlibur ke lokasi ini.
  • Menurunnya kondisi kesahatan yang bisa muncul saat sedang berada di dataran tinggi di karena kadar oksigen di lokasi yang menipis. Ditambah dengan kondisi tumubuh yang mulai menurun karena pendakian.
  • Jika serangan dataran ketinggian terjadi pada anda, anda coba duduk sejenak dengan kaki diluruskan. Tarik nafas pelan-pelan dan bersadarlah di pohon. Lalu minum air agar terasa segar kembali. Jika masih merasa tidak baik, ada baiknya anda kembali ke penginaan di temani oleh seseorang.

3. Penginapan sesuai dengan kebutuhan.

tipsjiuzhaigou.3Di luar area taman nasional, terdapat berbagai penginapan yang bisa anda pilih untuk menginap. Mulai dari penginapan kecil hingga hotel bintang lima seperti Sheraton, InterContinental, dan lain-lain.

Beberapa penginapan kecil yang dijalankan oleh orang-orang lokal biasanya memiliki interior Tibet yang khas. Di dalam penginapan anda bisa mendapatkan berbagai fasilitas seperti tempat makan, supermarket, hingga toko obat untuk kebutuhan medis anda.

Saat musim panas, bahkan di area Jiuzhaigou juga bisa terasa panas. Menginap di penginapan kecil basanya anda tidak akan mendapatkan fasilitas kamar ber-AC. Atau penghangat ruangan pribadi saat musim dingin. Memilih penginapan bisa anda sesuaikan dengan budget serta kebutuhan anda akan fasilitas tertentu.

4. Menghormati budaya orang lokal.

tipsjiuzhaigou.4Dalam penjelajahan anda saat sedang jalan-jalan ke Jiuzhaigou, anda mungkin saja berpas-pasan dengan penduduk suku Tibet dengan tampilan mereka yang unik. Penduduk suku Tibet disebut dengan Yak. Orang Yak tinggal di sekitar taman nasional dan memiliki kebudayaan mereka yang telah ada sejak lama di sana. Mereka juga berburu, beternak, dan memiliki kebun di lokasi tempat tinggal mereka.

Jika anda ingin berfoto dengan orang Yak, anda bisa meminta bantuan tour guide. Karena biasanya ada orang Yak yang minta bayaran untuk berfoto. Namun ada pula yang mau berfoto tanpa biaya.

Hargai budaya-budaya sekitar dan bertingkah laku dengan sopan selama kegiatan. Jika berpas-pasan dengan orang Yak, sebisa memungkin tersenyum pada mereka.


5. Makanan di Jiuzhaigou

Makanan di restoran di hotel amupun restoran di luar hotel bisa menjadi pilihan ang tepat. Ada beberapa makanan khas China yang bisa anda santap untuk mengisi energi anada sebelum berpetualang  jalan-jalan ke Jiuzhaigou. Namun, memang standar makanan disini tidak seenak yang berada di kota. Tempat ini jelas bukan lokasi yang tepat untuk wisata kuliner.

Saat jalan-jalan di area taman nasional, anda juga akan melihat beberapa makanan pinggir jalan yang bisa anda santap untuk makan siang. Namun, disarankan untuk membawa makan siang anda sendiri. Anda bisa membeli roti yang dibeli dari supermarket. Karena kebanyakan makanan pinggir jalan di lokasi ini tidak enak.

6. Tak perlu takut serangan hewan liar.

Anda Tidak akan menemukan hewan liar berbahaya dan agresif seperti beruang atau serigala di area taman nasional. Taman nasional Jiuzhaigou merupaka habitat dari berbagai spesies burung indah dan panda.

Anda mungkin akan melihat beberapa hewan peliharaan penduduk lokal seperti kuda, kambing, dan lembu. Anda mungkin juga akan bertemu dengan tupai hutan ynag tinggal di pepohonan di taman nasional.

itu tadi beberapa tips jalan-jalan ke Jiuzhaigou yang bisa perlu anda perhatikan. Semoga bermanfaat dan selamat berlibur!

, , , ,
Post Date: Friday 03rd, August 2018 / 07:48 Oleh :
Kategori : Tiongkok