3 Tips Jalan Jalan Ke Penang Yang Paling Berguna

Indonesia kaya akan lokasi wisatanya. Negara kita yang luas diberkahi dengan beragam pilihan wisata, dari wisata alam, wisata budaya, hingga wisata perkotaan. Tapi Indonesia hanya sebagian kecil dari dunia. Masih banyak destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi di luar negara kita. Salah satu tempat terdekat yang mudah kita jangkau adalah Malaysia. Saat berpergian, kamu juga  memerlukan tips liburan ke Malaysia.

Kalau kamu berlibur ke Malaysia, jalan jalan ke Penang adalah pilihan menarik, selain ke Kuala Lumpur atau Malaka. Tempat wisata di Malaysia ini tepatnya berada di sebalah timur laut Semenanjung Malaysia. Ibukota negara bagian ini adalah kota yang ditetapkan sebagai Situs Warisan Dunia oleh UNESCO pada tahun 2008, Georgetown. Jadi jangan membayangkan kota-kota besar yang ada di negara maju dengan bangunan-bangunannya yang modern. Penang justru terkenal dengan bangunan-bangunan dengan arsitektur tua yang bersejarah. Itulah daya tarik wisatanya.

Walaupun tidak berbeda jauh dengan Indonesia. Bukan berarti kamu tidak memerlukan persiapan untuk berlibur ke sana. Orang bilang hal yang dipersiapkan bisa berjalan dengan baik. Paling minimal nih, kamu bisa menyesuaikan waktu liburan dengan budget yang kamu miliki. Atau kamu tahu tempat-tempat paling terkenal yang bisa kamu prioriaskan untuk dikunjungi. Sebagai salah satu tempat wisata favorit di Malaysia, Alowisata akan membantu kamu membuat persiapan jalan jalan ke Penang.

TRANSPORTASI

  • Indonesia ke Penang

TransportasiKamu bisa langsung menuju Penang dengan menggunakan pesawat yang menyediakan perjalanan direct ke Penang, biasanya menggunakan AirAsia. Kalau tidak mendapatkan penerbangan yang direct, kamu harus melakukan penerbangan dengan transit terlebih dahulu. Transit pun tidak masalah. Maskapai penerbangan Jetstar memungkinkan kamu transit di Singapura. Lumayan, kamu bisa mengelilingi bandara Singapura yang sudah dilengkapi berbagai fasilitas.

Kamu yang menggunakan maskapai Garuda Indonesia, Lion Air, atau Malindo Air akan transit di bandara Kualanamu Medan. Hal yang perlu kamu perhatikan adalah pemesanan tiket penerbangannya. Berikan jeda yang cukup lama, untuk menghindari delay atau hal lain yang bisa membuat kamu tertinggal jadwal penerbangan selanjutnya. Jangan biarkan kecerobohan merusak mood liburanmu.

  • Kuala Lumpur ke Penang

Kalau kamu tidak mendapatkan tiket yang kamu cari langsung ke Penang, kamu bisa saja memilih tiket pesawat ke Kuala Lumpur. Dari situ, lanjutkan perjalananmu melalui transportasi darat. Ada dua pilihan transportasi darat dari Malaysia ke Penang, yaitu kereta api dan bus. Gunakan Keretaapi Tanah Melayu (KTM) ETS (Electric Train Service) dari stasiun KL Sentral ke Antar Bandar dengan waktu perjalanan 4 jam.

Untuk menggunakan bus, berangkatlah dari Terminal Bersepeda Selatan (TBS) ke terminal Sungei Nibong atau Butterworth yang waktu perjalanannya lebih lama satu jam dari transportasi menggunakan kereta api. Pilih salah satunya. Jika kamu ingin lebih dekat dengan pulau Penang, turunlah di terminal Sungei Nibong. Kalau Georgetown tujuan utamamu, lebih baik kamu turun di terminal Butterworth. Dari Butterworth ke Georgetown ini kamu bisa menggunakan kapal ferry dari pelabuhan terdekatnya. Perjalanannya tidak lama, hanya 15 menit.


  • Di dalam Penang

Sama seperti liburanmu di Indonesia, kamu bisa mengelilingi negara bagian Penang dengan berbagai pilihan transportasi. Bisa menggunakan taxi, berwisata dengan fasilitas bus umum atau bus rapid, atau menyewa mobil. Di tempat-tempat tertentu kamu juga bisa menyewa sepeda ataupun motor. Jalan jalan ke Penang dengan transportasi apa saja bisa terasa menyenangkan, asalkan kamu tidak lupa menyesuaikannya dengan budget ya.

LOKASI PENGINAPAN

Lokasi PenginapanLokasi penginapan ini sangat penting kamu pertimbangkan. Apalagi jika waktu berliburmu sempit atau kamu berlibur ala-ala backpacker. Kalau kamu berencana untuk berbelanja saat liburan, carilah penginapan di dekat Komtar Penang Mall. Memang kalau mencari tempat belanja murah di Malaysia, akan lebih tepat kamu pergi ke Kuala Lumpur.

Selain karena lokasinya yang menyediakan transportasi berbagai bus rapid di Penang, kamu bisa lebih mudah mengelilingi Georgetown. Di Georgetown sendiri penginapan dengan rate yang terjangkau akan banyak ditemukan di jalan Gat Lebuh Chulia. Asyiknya, mencari makan di daerah sini juga sangat mudah loh.

Tapi masih ada pilihan lokasi penginapan lain untuk kamu yang ingin menikmati liburan jalan jalan ke Penang, misalnya area Tanjung Bungah atau Batu Ferringhi. Kelebihannya hotek-hotel di daerah sini umumnya menghadap pantai jadi kamu yang ingin bersantai di malam hari menjelang tidur, mungkin akan terasa lebih nyaman di sini. Akses ke sini dari pusat kota pun cukup mudah, lagi-lagi kamu bisa menggunakan bus rapid kalau tidak menyewa mobil atau tidak mau menggunakan taxi.

WISATA PENANG

Heritage, Art Street, dan Kuliner

Wisata PenangArt street sepertinya sudah menjadi ikon negara bagian Penang. Dengan kepiawaian seniman Tang Yeok Khang, Loise Low, Louis Gan, Ernest Zacharevic, dan Natthapon Muangkliang, tembok-tembok bangunan dijadikan karya seni yang bernilai. Tidak ada satu tempat khusus yang mengumpulkan art street di penang. Kamu hanya perlu mengitari jalan-jalan kecil di Geogetown dengan santai. Misalnya di Lebuh Mantri, lebih Ah Quee, Lebuh Armendian, gat Lebuh Chulia, dan Love Lane.

Hunting art street bisa kamu lakukan dengan berjalan kaki atau menyewa sepeda saja. Disarankan mengambil waktu di sore hari saat cuacanya cukup sudah lebih enak. Maklum, Malaysia itu negara tropis. Sama seperti Indonesia, Penang di siang hari juga bisa terasa sangat panas. Art Street atau mural ini menjadi background foto paling favorit bagi wisatawan di sana. Banyak mural yang menggambarkan kebahagian anak kecil. Jadi pergi ke Penang juga cukup tepat menjadi tempat wisata anak di Malaysia.

Lalu dimana letak heritage Penang yang mendunia? Lokasinya tepat di Georgetown. Kamu bisa menikmati berbagai bangunan klasik di sini. Misalnya di Lebuh Pantai. Atau kamu bisa mendatangi Pinang Peranakan Mansion, museum yang menyimpan peninggalan sejarah kaum Peranakan Tionghoa elit di Penang, dengan koleksi sekitar seribu barang antik. Bangunan museum ini sudah berdiri sejak abad ke-19, jadi sangat cocok bagi kamu yang sedang berlibur untuk memahami suatu sejarah dan budaya di dunia.

Tapi masih banyak tempat lain yang unik loh. Di Georgetown yang menampilkan arsitektur khas Melayu, Arab, India, dan Kolonial pada bangunan-bangunannya. Ada yang diperuntukan sebagai kantor pemerintahan, kantor swasta, dan fungsi-fungsi lain. Walaupun bukan difungsikan sebagai tempat wisata, tampilan luar bangunan di Georgetown sangat indah untuk dipandang.


Tidak hanya Georgetown, Penang menawarkan banyak destinasi wisata. Dan ada hal lain yang wajib kamu lakukan di Penang, berburu wisata kuliner! Kamu bisa mencicipi berbagai jenis makanan di sini. Beberapa rekomendasi makanan yang wajib kamu coba adalah Laksa assam khas Melayu, mie beras tebal yang dilengkapi dengan kuah kaldu ikan pedas. Nasi Kandar, makanan budaya India-Muslim berupa nasi dengan kari dan sayuran pelengkap lainnya.

Dan es kacang. Mungkin tidak berbeda jauh dengan es kacang asal Indonesia. Tapi akan sangat enak dinikmati di Penang yang panas di siang hari. Sebenarnya masih banyak makanan ringan khas Malaysia lainnya yang bisa kamu coba. Tapi tiga menu ini yang harus kamu rasakan sebelum pulang kembali ke Indonesia.

, , ,
Post Date: Tuesday 03rd, July 2018 / 04:05 Oleh :
Kategori : Malaysia