10 Tempat Wisata Di Kota Vigan Yang Wajib Dikunjungi

Tempat wisata di kota Vigan bisa dijadikan salah satu destinasi saat Anda jalan-jalan ke Philipina. Vigan terletak di Pulau Luzon sebelah utara. Pulau Luzon adalah pulau dimana Manila ibu kota Filipina berada. Pulau ini tidak terlalu luas, namun menyimpan keindahan pariwisata yang cukup beragam.

Banyak bangunan terkenal di Filipina yang di bangun di pulau ini. Bangunan-bangunan tersebut berasal dari peninggalan bangsa Spanyol, yang tentunya mempunyai arsitektur khas zaman kolonial. Vigan juga merupakan kota dagang pada zaman pertengahan itulah yang membuat Vigan cepat berkembang hingga datangnya bangsa Spanyol yang turut mengambil andil dalam menyebarkan agama katolik dan meninggalkan banyak bangunan kuno di Filipina

10 Tempat wisata di Vigan yang menarik dikunjungi

1. Calle Crisologo

Calle-Crisologo

Salah satu Tempat wisata di kota Vigan adalah bangunan bersejarah di Filipina terdapat di Calle Crisologo. Di sepanjang Jalan Crisogolo ini terdapat bangunan kuno peninggalan kolonial. Memang terlihat seperti tak terawat karena dibiarkan begitu saja tanpa dicat. Namun ternyata itulah yang menjadi daya tarik dari Calle Crisologo.

Anda bisa mengitari area ini dengan berjalan kaki atau naik delman yang sudah tersedia. Suasana yang tanpa asap kendaraan ini akan membawa Anda seperti menuju masa lampau dengan nuansa kota tua seperti yang ada di film. Begitu juga dengan pintu dan daun jendela yang dibiarkan apa adanya semakin menambah kesan vintage dari kota tersebut.

Vigan juga telah ditetapkan sebagai warisan budaya dunia oleh UNESCO karena banyaknya bangunan peninggalan dari abad ke enam belas. Sempatkan juga untuk mencicipi makanan lezat di restoran, minum kopi di kedai kopi dan membeli beberapa souvenir yang dijajakan penjual di sepanjang jalan Crisologo. 

2. St Paul Metropolitan Cathedral

St-Paul-metropolitan-cathedral

Di pusat kota Vigan terdapat gereja tua yang berdiri begitu megah. Letaknya persis berhadapan dengan Plaza Salcedo. Bangunan ini dari jauh sudah tampak mencolok mata sebab ukurannya yang lumayan besar. Dinding depan telah mengalami restorasi dan dicat ulang.

Meski begitu interior bagian dalam tidak mengalami perubahan yang begitu banyak. Lantai ubin masih memakai ubin pertama sejak dibangunnya gereja ini. Lampu-lampu kristal dan hiasan-hiasan dinding menggambarkan dengan jelas pengaruh bangsa Spanyol dengan memakai hiasan kaca patri dan warna-warni cerah.

Pada hari Minggu gereja ini akan dipakai untuk misa yang lumayan banyak jemaat yang terdiri dari penduduk lokal dan wisatawan yang kebetulan berlibur. Jadi waktu terbaik untuk mengunjungi gereja tua ini adalah selain hari Minggu dan sebelum toko-toko buka. Sebab tidak terlalu ramai dan Anda bisa mendapatkan lanskap keseluruhan dari arsitektur gereja, tanpa terganggu oleh pedagang dan orang yang berlalu lalang. 

3. Plaza Salcedo

Plaza-Salcedo

Tempat wisata di kota Vigan ini terkenal dengan air mancur menarinya yang mulai dipadati wisatawan setiap sore hingga malam. Bersamaan dengan pertunjukan air mancur menari tersebut diperdengarkan pula musik dan permainan lampu laser kurang lebih selama lima belas menit.

Air mancur yang terletak di jantung kota ini memiliki jalan setapak berbatu yang terhubung dengan lorong-lorong di area sekitar. Kesan kota tua dan vintage memang sengaja dipelihara untuk menarik minat wisatawan. Terbukti tempat ini tidak pernah sepi dari pengunjung.

Jika Anda berniat untuk menjelajahi tempat ini mulailah sedari pagi untuk menghindari keramaian dan juga terik matahari. Atau datanglah ketika sore saat matahari sudah terbenam untuk mendapatkan sensasi eksotis kota tua. Dan jangan lupa untuk menjelajahi area sekitar taman yang tak kalah menariknya.

4. Syquia Mansion

Syquia-mansion

Syquia Mansion bukan sebuah museum, namun merupakan mansion bekas kediaman Presiden Quirino dulu yang dialih fungsikan sebagai rumah yang menyimpan banyak benda yang menyimpan banyak catatan perjalanan tentang kehidupan berkelas tempo dulu.

Bangunan mansion ini merupakan peninggalan jaman kolonial, saat Spanyol menginvasi Filipina sekitar tahun 1830. Dan masih terawat dengan baik hingga saat ini, benda-benda perabotan yang terdapat di mansion ini masih asli seperti saat dulu rumah ini masih berfungsi. Itulah sebabnya dijadikan salah satu tempat wisata di kota Vigan pilihan wisatawan mancanegara. 

Syquia Mansion sendiri dinamai setelah rumah tersebut diberikan oleh presiden Quirino kepada istrinya Doña Alicia Syquia-Quirino sebagai hadiah pernikahan mereka. Ada tiket berbayar yang dikenakan ketika Anda mengunjungi mansion ini. Pastikan Anda tak melewatkan kunjungan sarat ilmu saat melawat ke rumah ini.


5. St Agustine Church

St-Agustine-church

Ada satu lagi bangunan tua bersejarah yang unik dan tak boleh Anda lewatkan saat berlibur ke tempat wisata di Vigan. Banyak bangunan terkenal di Filipina yang arsitektur-nya bergaya eropa. Seperti  bangunan St Agustine Church yang berada dekat area Calle Crisologo.

Bangunan megah yang didominasi warna merah marun ini sangat kental dengan nuansa Eropa. Tak jarang banyak wisatawan yang menjadikan bangunan ini spot poto, dan memasukkannya dalam daftar tempat-tempat yang harus dikunjungi saat melakukan wisata Asia Tenggara.

Gereja tua ini masih berfungsi hingga sekarang, jadi bagi Anda yang ingin mengikuti misa bisa datang pada jam-jam yang memang telah dijadwalkan. Banyak wisatawan yang menyenangi arsitektur gereja serta suasana damai yang didapat ketika duduk-duduk di sekitar area gereja.

6. Banaoang Bridge

Banaoang-bridge

Banaoang Bridge terbentang sepanjang sungai Abra yang menghubungkan kota Bantay dan Santa. Jembatan ini dikenal juga dengan nama Quirino Bridge. Banaoang Bridge merupakan jembatan indah yang dibangun sebagai landmark Ilocandia.

Pada tahun 2001 lalu Taifun Fenia pernah menghantam dan menghancurkan jembatan ini. Namun dengan cepat dibangun kembali untuk menghubungkan kedua daerah sekaligus untuk menarik kunjungan wisata. Sebab pemandangan sekitar sungai dan jembatan ini memang indah jadi sayang bila tidak dibangun sebuah landmark di tempat ini.

Sempatkan untuk mengambil foto saat sunset sebelum menuju ke Vigan atau ketika kembali pulang ke Manila. Pemandangan kala matahari terbenam di jembatan Banaoang akan menjadi salah satu foto cantik dalam album foto liburan Anda.

7. Pagburnayan

Pagburnayan

Berlibur tidak hanya menikmati pemandangan alamnya saja. Di Pagburnayan Anda bisa mencoba secara langsung bagaimana membuat keramik dari tanah liat. Disini Anda akan diajari dari nol bagaimana cara membuat keramik 

Workshop pembuatan keramik yang sudah turun temurun dilakukan sebagai usaha milik penduduk lokal ini sering dijadikan destinasi wisata edukasi. Khususnya bila Anda membawa anak berlibur ke kota Vigan. 

Memang tidak mungkin untuk membawa hasil karya yang sudah Anda buat selama workshop. Karena butuh sekitar dua minggu untuk keramik tersebut mengering dan setelah mengering butuh proses pembakaran sekitar 17 jam lagi. Jadi untuk kenang-kenangan Anda bisa membeli keramik yang sudah jadi yang dijual di workshop tersebut.

8. Baluarte

Baluarte

Baluarte merupakan objek kebun binatang mini yang menjadikannya tempat wisata di kota Vigan yang menarik. Binatang yang ada di tempat ini merupakan koleksi pribadi dari Chavit Singson, seorang pecinta binatang yang mencintai dan perduli akan nasib hewan endemik Filipina.

Terdapat beragam hewan, seperti merak, singa, harimau Bengal, hewan reptil dan mamalia, jenis unggas dan burung serta hewan endemik nocturnal khas Filipina yaitu tikus pengerat yang keberadaannya hampir punah oleh perburuan manusia dan predator alam.

Tempat ini lumayan luas dengan area padang rumput yang bisa dijadikan arena jalur kuda yang bisa Anda naiki. Dan ada taman kupu-kupu yang harus Anda singgahi untuk melihat cantiknya kupu-kupu endemik dari Philipina. 

9. Cristy’s Loomweaving souvenir shop

Christys-loomweaving-souvenircraft-

Yup, oleh-oleh khas Manila yang wajib anda bawa pulang, bisa dibeli disini. Cristy’s Loomweaving souvenir shop menjual aneka souvenir khas Manila yang cantik dan menarik untuk dijadikan buah tangan buat keluarga di tanah air.

Toko souvenir ini sendiri banyak menjual aneka kerajinan berbahan benang, seperti taplak meja, kain, selimut atau aneka benda lain yang berbahan tenunan.

Tenunan yang dibuat sebagian menggunakan mesin dan sebagian lainnya lagi ditenun dengan cara tradisionil dengan kualitas bahan dan hasil yang memuaskan. Anda bahkan bisa mencoba menenun sendiri dengan dipandu oleh pemilik workshop.


10 Cafe Uno

Cafe-Uno

Anda harus mencoba makanan khas Filipina yang tersaji di Cafe Uno. Cafe yang terletak di Bonifico street, Vigan ini ramai dikunjungi wisatawan pada jam-jam makan 

Makanan dan minuman khas Filipina bisa Anda pesan dengan harga terjangkau. Dan tak lupa memesan dessert-dessert manis dan cantik sebagai hidangan penutup. Tempat wisata di kota Vigan tidak terlepas dari tempat makan enak. Kafe ini adalah pilihan pas bagi Anda yang menyenangi suasana makan yang santai.

Staf ramah dan makanan lezat adalah servis yang mereka berikan. Dan pastikan untuk memesan hidangan secukupnya saja, sebab satu hidangan menu biasanya disajikan dengan porsi yang cukup besar. 

Itulah beberapa rekomendasi tempat wisata di Kota Vigan yang harus Anda coba. Wisata Kota Vigan memang tidak menawarkan pantai indah di Filipina, seperti pulau lainnya. Tapi wisata kota dan bangunan bersejarah yang ada di Kota Vigan akan membawa nuansa liburan eksotis yang tak kan terlupakan.

, , ,
Post Date: Tuesday 19th, February 2019 / 09:21 Oleh :
Kategori : Filipina