10 Tempat Wisata di Pagudpud Filipina Terbaik Favorit Wisatawan

Tempat Wisata di Pagudpud—Pagudpud adalah daerah munisipalitas di negara Filipina, tepatnya terletak di utara provinsi Ilocos Norte. Meski terletak cukup jauh dari ibu kota Filipina yakni sekitar 561 km, namun Pagudpud yang terkenal dengan bentang alam pesisir alamnya banyak dikunjungi oleh wisatawan. Oleh karena itu selain backpacker ke Boracay, mengunjungi tempat wisata di Pagudpud adalah salah satu tujuan wisata yang harus Anda miliki ketika menghabiskan waktu berlibur di Filipina.

Meski terkenal karena pantainya yang indah, bentang alam kota Pagudpud cukup beragam. Ketika berkunjung, Anda juga akan melihat keindahan wilayah pegunungan, lembah, tebing, dan pasir karang. Tidak heran jika tempat wisata di Pagudpud pun cukup beragam sehingga memberikan Anda banyak alternatif. Ditunjang dengan fasilitas transportasi yang memadai, mengunjungi Pagudpud bukan ide yang buruk ketika Anda jalan-jalan ke Philipina. Berikut adalah beberapa tempat wisata yang bisa Anda pertimbangkan.

  1. Kabigan Falls

Kabigan FallsKabigan Falls adalah salah satu wisata air terjun yang terdapat di Pagudpud. Selayaknya tempat wisata di Bohol, akses dan fasilitas menuju Kabigan Falls masih terbatas.

Dari jalan nasional atau jalan utama, Anda harus menerobos hutan dan berjalan sejauh 1.8 km untuk tiba di air terjun ini. Jika Anda beruntung, Anda akan menemukan banyak wisatawan lokal maupun wisatawan asing dalam perjalanan. Tidak ada tiket masuk yang diperlukan, kendati demikian bijak-bijaklah dalam mengurus Anda sendiri di Kabigan Falls.

Mengunjungi Kabigan Falls tidak direkomendasikan jika Anda berwisata sendirian atau dengan orang yang sama-sama tidak tahu tentang kota Pagudpud. Karena bukan tempat wisata mainstream, Anda harus memiliki pemandu dari masyarakat lokal. Namun karena akses menuju lokasi belum diorganisir dengan profesional, pilihan terbaik adalah berkunjung bersama masyarakat lokal yang sudah Anda kenal dengan baik.

Kendati demikian, Kabidan Falls adalah air terjun yang sangat indah dengan ketinggian sekitar 87 kaki. Jangan lupa untuk membawa bekal karena Anda perlu melewati jalur trekking dan hal tersebut akan melelahkan. Sebab di sana, belum ada kedai atau pusat perbelanjaan yang memadai. Aktivitas yang normal dilakukan adalah berenang, bersantai, dan menikmati perjalanan naik turun gunung.

  1. Saud Beach

Saud BeachBerwisata ke Pagudpud selalu berarti mengunjungi salah satu pantai indah di Philipina. Sebab dari sekian banyak pantai yang cantik di negara kepulauan ini, Pagudpud menjadi rumah dari beberapa yang paling terfavorit.

Salah satu yang perlu Anda kunjungi adalah Saud Beach. Selain menjadi yang terindah di Filipina, Saud Beach juga kerap disebut sebagai salah satu pantai terindah di Asia. Lihat saja pasir pantainya yang putih, air lautnya yang biru dan bening serupa kristal, serta koral dan ikan yang berwarna warni.

Saud Beach memiliki beberapa rimbun pepohonan palem tempat Anda bisa berteduh dari sinar matahari yang menyengat. Bagian terbaik dari Saud Beach adalah keberadaan wisatawan yang tak terlalu banyak sehingga Anda bisa menikmati keindahan tersebut dengan nyaman. Ada sebuah hotel yang terletak sekitar 100 meter dari pantai yang bisa Anda gunakan sebagai tempat menginap.

Sebab belum dikomersialisasikan, tak banyak kegiatan air yang bisa Anda ikuti selayaknya di Boracay. Namun, Anda tetap bisa berenang, bermain pasir, ataupun berjemur. Selain itu, Saud Beach memiliki jenis ombak yang cocok untuk Anda jajal dengan berselancar. Setelah lelah beraktivitas, pulihkan energi Anda dengan mencicipi makanan dan minuman khas Filipina di Tartarugas Restaurant.

  1. Patapat Viaduct

Patapat ViaductBerwisata di Pagudpud tidak hanya bisa Anda habiskan dengan lelah-lelah berwisata. Banyak tempat wisata di Pagudpud yang bisa Anda nikmati saja sudah memberikan kepuasan yang besar. Salah satunya adalah Patapat Viaduct. Patapat Viaduct merupakan sebuah jembatan terbesar keempat di Filipina. Menariknya, jembatan yang memiliki panjang 1.3 kilometer ini terletak di tepi laut menghubungkan Maharlika Hiway menuju Cagayan Valley Region.

Kendati awalnya hanya sebuah jembatan penghubung, keindahan pemandangan yang tersaji di Patapat Viaduct membuatnya banyak dikunjungi wisatawan. Turunlah dari mobil di persinggahan dan rasakan sensasi pesisir pantai yang berbeda. Sinar matahari yang menyala berpadu dengan angin segar yang berembus. Pemandangan laut dan suara ombak akan membuat pengalaman ini semakin sulit untuk dilupakan.

Selayaknya ketika Anda mengunjungi tempat wisata di El Nido, jangan lupa untuk membeli beberapa produk suvenir dari toko suvenir di ujung jembatan sebagai oleh-oleh. Oleh-oleh lainnya bisa Anda ambil berupa potret perjalanan wisata dengan latar belakang laut China selatan yang memesona.

  1. Bangui Windmills

Bangui WindmillsTempat wisata di Pagudpud sekitar laut China selatan tidak hanya Patapat Viaduct. Tepatnya di daerah Bangui, Anda bisa menemukan sederetan kincir angin di pesisir sepanjang 9 kilometer. Deretan kincir angin tersebut merupakan upaya pemerintah untuk memenuhi kebutuhan tenaga listrik bagi masyarakat sekitar. Namun, kincir angin dan lepas pantai menjadi perpaduan yang menarik dan secara otomatis menjadikan Bangui Windmills sebagai tempat wisata.

tempat wisata yang sejenis dengan Bangui Windmills akan sulit Anda temukan di tempat wisata di Bacolod dan Filipina secara umum. Jadi jika Anda pergi ke Bangui Windmills, maka puas-puaskanlah melakukan berbagai aktivitas. Namun, Anda tidak disarankan untuk berenang karena kecepatan angin dan obat di sekitar tepi pantai cukup kencang. Itulah alasan kenapa ada kincir angin di sini.

Sebagai gantinya, Anda bisa mengambil beberapa gambar dengan latar belakang Bangui Windmills. Di beberapa kesempatan saat pagi dan sore, akan selalu ada nelayan lokal yang pergi atau pulang dari laut. Jangan lewatkan kesempatan untuk membeli produk laut segar dari mereka. Atau, cukup dengan kunjungi toko suvenir di sekitar jalan utama untuk membeli beberapa oleh-oleh.

  1. Pagudpud Blue Lagoon

Pagudpud Blue LagoonKarena terletak di pesisir, bukan hal yang aneh jika Pagudpud menjadi rumah dari beberapa laguna terbaik yang bisa Anda temukan di Filipina. Kunjungilah salah satunya di Pagudpud Blue Lagoon. Berbeda dengan pesisir pantai di sekitar Bangui Windmills, Blue Lagoon adalah laguna atau pantai yang lebih hidup dan menjadi rumah bagi berbagai aktivitas wisata air selayaknya pantai wisata lainnya di seluruh dunia.

Pantai ini terletak di Miara-Ira Point, sebelah utara dari kota pagudpud. Pasirnya berwarna putih kristal sementara lautnya berwarna biru indah. Tidak heran jika pantai ini diberi nama Blue Lagoon. Waktu terbaik untuk mengunjungi Blue Lagoon adalah ketika musim panas. Selain melakukan aktivitas air, Anda bisa mencicipi makanan lokal di kedai dan restoran terdekat. Namun jika Anda mencari makanan khas Filipina halal, Anda akan menemukan sedikit kesulitan.

Cara terbaik untuk mengonsumsi makanan halal selama di Filipina adalah dengan mengunjungi restoran halal di Manila. Sebagai alternatif makanan halal, tentu saja Anda diperkenankan untuk mencicipi produk olahan makanan laut yang segar. Jangan lupa membawa uang dalam bentuk tunai, sebab tak banyak mesin ATM di sekitar Blue Lagoon.

Sebagai wilayah pesisir, mengunjungi tempat wisata di Pagudpud adalah saatnya bagi Anda untuk menceburkan diri ke air laut dan basah-basahan. Tinggalkan sejenak keinginan Anda untuk mengunjungi bangunan terkenal di Filipina karena Anda bisa melakukannya di kota lain. Berikut adalah lima tempat wisata alam lainnya yang bisa Anda kunjungi di Pagudpud.

  • Timmantang Rock, sebuah Resort indah di Pagudpud dengan pemandangan yang memesona.
  • Hannah Zipline, merupakan sebuah ziplina di atas laut terpanjang di Hannahs Beach Resort.
  • Aqua Grande, adalah aliran sungai menyegarkan dari pegunungan menuju ke laut China selatan.
  • Bantay Abot Cave, salah satu tempat wisata populer di Pagudpud.
  • Dos Hermanos Island, adalah tempat terbaik untuk menyelam dan menikmati keindahan bawah laut kota Pagudpud.

Kendati memiliki banyak tempat wisata pantai dan pulau, mengunjungi Pagudpud tentu tidak akan membuat Anda merasa bosan. Setiap tempat wisata memiliki keunikan dan kelebihannya masing-masing. Jangan lupa untuk melumuri kulit Anda dengan sunblock agar tidak terbakar sinar matahari. Ada baiknya, Anda juga membawa peralatan khas pantai seperti topi dan kacamata agar merasa lebih nyaman.

 

, , , ,
Post Date: Saturday 16th, February 2019 / 03:44 Oleh :
Kategori : Filipina