15 Tempat Wisata Di Dunedin New Zealand Yang Wajib Dikunjungi

Tempat Wisata di Dunedin—kota terbesar kedua di pulau Selatan setelah Chistrchurch adalah Dunedin. Kota yang juga bernama Otepoti untuk masyarakat lokal Maori ini terletak di arah tenggara pulau Selatan New Zealand. Kota Dunedin merupakan kota urban. Penduduknya yang menginjak angka 122.000 jiwa pernah menjadikan kota Dunedin sebagai kota tertinggi populasinya pada sekitar tahun 1900an.

Kini, Dunedin adalah salah satu kota yang menyajikan tempat wisata di New Zealand yang menarik untuk dikunjungi. Tentu, tempat wisata di Dunedin akan memberikan Anda pengalaman yang berbeda dari tempat wisata di kota lainnya.

Selain wisata alam seperti pantai, Anda juga bisa mengunjungi jenis tempat wisata lainnya seperti museum dan bangunan kuno. Sebagai rekomendasi, berikut adalah 15 tempat wisata di Dunedin terfavorit yang harus Anda kunjungi.

  1. Larnach Castle

Larnach CastleBangunan terkenal di Australia dan New Zealand ini adalah tempat wisata paling populer di kota Dunedin. Tidak heran, Larnach Castle adalah satu-satunya kastil yang tersisa di New Zealand.

Kastil ini terletak sekitar 13 kilometer dari pusat kota Dunedin, tepatnya berada di Camp Road. Berasal dari abad ke-19, kastil ini dibangun oleh seorang banker kaya raya bernama William Larnach.

Kekayaan William Larnach tersisipkan dalam tiap arsitektur Larnach Castle. Dari aspek konstruksinya, kastil ini dibuat dengan marmer khas Itali, batu tulis dari Welsh, serta gelas-gelas mewah yang dikirim langsung dari Venesia.

Karenanya, kastil ini hampir serupa dengan kastil-kastil Skotlandia. Sayangnya, kemegahan kastil ini tidak benar-benar menunjukkan pribadi Larnarch karena dia memiliki kehidupan yang tragis.

Selepas kepergian Larnach karena bunuh diri, Larnach Castle dibuka sebagai tempat wisata. Keluarga Barker pada tahun 1967 membelinya dan melakukan restorasi. Restorasi dilakukan untuk mengembalikan kemegahan dan keanggunan kastil yang sudah lama tidak terurus.

Hingga kini, Anda bisa mengunjungi bangunan ini sebagai tempat wisata yang menarik untuk dieksplorasi. Selain Larnach Castle, berikut adalah tempat wisata lain yang harus Anda kunjungi di Dunedin.

  • Toitu Otago Settlers Museum
  • Taiaroa Head
  • Royal Albatross Observatory
  1. Otago Museum

Otago MuseumOtago museum terletak di 419 King Streat dan merupakan salah satu tempat wisata di Dunedin yang harus Anda kunjungi ketika jalan-jalan ke New Zealand. Museum ini terdapat pada sebuah bangunan bersejarah yang didirikan pas tahun 1876.

Anda akan menemukan banyak informasi mengenai budaya dan alam New Zealand di Otago Museum—yang mana menjadi hal paling menarik wisatawan asing.

Sebagai direksi, Anda bisa mengunjungi seksi galeri Tangata Whnua untuk mengetahui kehidupan suku Maori di pulau selatan dan koleksi-koleksi peninggalannya. Di seksi Discovery World, Anda bisa melihat pameran kupu-kupu hutan hujan.


Tempat ini cocok untuk wisatawan di bawah umur. Ada pula seksi People of The World Exhibit yang memperuntukan berbagai jenis artifak dari seluruh dunia termasuk mumi Mesir.

Selain tiga seksi pameran tersebut, masih banyak galeri dan ruang pameran yang berfokus pada hal berbeda, seperti aspek geologi, alam liar, dan masyarakat lokal oceania atau Pasifik.

Mengetahui sejarah masyarakat lokal tentu akan membuat perjalanan wisata Anda lebih bermakna dari pada sekedar bersenang-senang semata. Bagi Anda yang berkunjung, jangan lupa untuk membeli beberapa jenis oleh-oleh khas New Zealand lantas melanjutkan perjalanan ke tempat selanjutnya seperti berikut.

  • Dunedin Public Art Gallery
  • Dunedin Railway Station
  1. Dunedin Botanic Garden

Dunedin Botanic GardenTaman botani adalah tempat wisata yang selalu ada di tiap kota wisata di seluruh dunia, begitu juga dengan kota Dunedin. Taman botani Dunedin terletak di Moray Place.

Taman ini cukup berumur, yakni dibuka sekitar tahun 1863 dan menjadi taman botani pertama di New Zealand. Ketika backpacker ke New Zealand dan mengunjungi taman ini, Anda akan disuguhi pemandangan lebih dari 6.800 jenis tanaman baik lokal maupun dari Eropa.

Tanaman-tanaman tersebut memenuhi area taman botani seluas 20 hektar. Jadi, Anda memiliki banyak sisi taman yang harus dieksplorasi. Ada beberapa seksi yang bisa Anda kunjungi secara terpisah.

Di The Rheododendron Dell misalnya, ada lebih dari empat hektar taman dengan 3000 jenis bunga yang tumbuh. Waktu terbaik untuk mengunjungi taman botani ini adalah sekitar bulan Agustus hingga Oktober karena dalam masa mekar.

Jika Anda berkunjung selagi jalan-jalan ke New Zealand musim dingin, jangan lupa untuk mengunjungi seksi Winter Garden Glasshouse dengan gaya taman Edwardian. Di lokasi ini, Anda akan menemukan berbagai jenis tanaman tropis dan gurun serta kebun herbal. Setelah puas berlibur di Dunedin Botanical Garden, lanjutkanlah wisata Anda ke tempat berikut ini.

  • Port Chalmers
  • Olveston Historic Home
  • Cadbury Wolrd
  1. Moeraki Boulders

Moeraki BouldersTempat wisata di Dunedin terbaik lainnya yang harus Anda kunjungi terletak di Moeraki, sekitar 75 kilometer arah utara dari pusat kota Dunedin.

Tempat wisata ini merupakan tempat wisata yang memilik aura magis karena sebaran formasi bongkahan batu berbentuk bulat. Setidaknya ada lebih dari 50 bongkahan batu yang bisa Anda lihat.

Bongkahan-bongkahan batu tersebut tersebar di sekitar area pantai yang cantik. Kesan magis yang Anda nikmati berasal dari bentuknya yang hampir serupa satu sama lain menyerupai bola.

Bongkahan paling besar di Moeraki Boulders terhitung lebih dari 50 ton dengan lebar lebih dari 3 meter. Selain menikmati pemandangan magis dari bongkahan-bongkahan tersebut, Anda bisa menikmati kecantikan alam pantai dan laut dari kota Dunedin.

Ambillah beberapa potret berlatar belakang bongkahan batu atau pantainya yang cantik ketika berkunjung. perhatikan untuk tidak meninggalkan sampah atau melakukan vandalisme. Tempat wisata yang serupa dengan Moeraki Boulders tidak akan mudah Anda temukan di tempat wisata di Australia Selatan dan daerah lainnya.

Jadi ketika Anda tengah mengunjungi pulau selatan New Zealand, tepatnya ke Moeraki Boulders, pastikan Anda juga mengunjungi Moeraki Boulders dan beberapa tempat wisata lainnya seperti berikut ini.


  • Tunnel Beach
  • Signal Hill
  • Taieri Gorge Railway

Berlibur ke kota Dunedin bisa sangat berkesan dan sulit dilupakan ketika Anda tahu tempat wisata di Dunedin mana yang cocok untuk dikunjungi pada musim dan dengan budget tertentu.

Selain mencari tempat wisata rekomendasi, Anda juga harus pandai mencari tempat menginap seperti halnya ketika Anda mengunjungi tempat wisata di Auckland New Zealand. Jangan biarkan waktu berlibur Anda rusak karena menginap di hotel atau guesthouse yang tidak berkualitas.

Selain kota Dunedin di New Zealand, destinasi wisata yang bisa Anda kunjungi di wilayah selatan adalah Australia. Saat ini, terdapat paket perjalanan wisata murah ke Australia yang bisa Anda ikuti.

Berwisata dengan budget yang murah tentu akan menyenangkan, akan tetapi Anda harus memerhatikan kualitas perjalanan dan fasilitas yang diberikan oleh penyedia jasa tur. Sebagai rekomendasi tempat terbaik untuk dikunjungi di Australia, cobalah untuk menjajal tempat wisata di Sydney dan kota-kota sekitarnya.

, , , ,
Post Date: Thursday 04th, April 2019 / 08:41 Oleh :
Kategori : New Zealand